Posyandu Kenanga Mei dan Juni

Setelah bulan Februari lalu peserta posyandu bisa mendapatkan satu bungkus biakuit MP-ASI secara gratis, kini di bulan Juni kami mendapatkan lagi biskuit tersebut. Jadi ada jeda 4 bulan, ya. Kenapa nggak tiap bulan aja dibagikannya? Supaya gizi anak-anak tetap terjaga.

Lihat deh wajah kegirangan dua bocah duo K yang antusias berangkat Posyandu!

Biskuitnya dibungkus kemasan berwarna metalik dan bertulisan sederhana. Berat isinya 120 gram dan berisi 12 keping biskuit. Karena anak saya dua, saya dapat dua bungkus nih, satu buat Kalki dan satu buat Kavin. Berat per keping biskuit berarti 10 gram, ya. Di setiap kepingnya ada cetakan gambar bunga dan tulisan “MP-ASI Biskuit”.

Lucu ya gambar bunga-bunga di keping biskuitnya?

Di bulan Mei sedang nggak dibuatin bubur kacang hijau jadi anak-anak cuma dapat snack sosis dan susu fermentasi, kalau tidak salah ingat. Dan di bulan Juni, anak-anak dapat bubur kacang hijau plus bonus biskuit MP-ASI gratis.

Lihat betapa maruknya Kakak Kalki padahal ini jatah biskuit adek Kavin!

Perhatikan mulut Kakak Kalki saking ingin meraup sebanyak-banyaknya biskuit. Ck.. ck.. ck..!

Rasa biskuitnya gimana? Enak dan nikmat. Kalki dan Kavin doyan. Dipegang dan digigit sendiri oleh Kavin dengan mudahnya. Tekstur biskuitnya tidak berpasir yang mudah larut macam biskuit bayi pada umumnya, juga tidak terlalu keras. Pokoknya pas aja menurut saya. Kalki sama Kavin sampai rebutan padahal udah dikasi jatah masing-masing. Nah berarti mereka suka banget kan sama biskuitnya? Emak babenya aja juga doyan! Sampai ikut nimbrung nyemilin… Ooops! Kalau ketahuan ibu ketua Posyandu bisa dimarahin, nih!

Adik Kavin nunjuk ke orang yang ngabisin jatah biskuit MP-ASInya. Eh?! Maksudnya nunjuk ke saklar lampu hehehe… minta supaya pada hemat listrik meskipun kita foya-foya biskuit. Itu yang tidak hemat listrik tenggelamkan!

Posyandu selalu jadi ajang kumpul bocah


Berat Badan Kalki dan Kavin saat penimbangan di Posyandu:
Mei

Di bulan Mei adalah Posyandu pertama Kakak Kalki setelah pulang dari Surabaya. Jadi beratnya naik berapa nih, setelah 1 bulan dijamin gizinya oleh oma dan opa? Hahaha.

Kalki: 17,2 (naik 600 gr dari bulan Maret Posyandu karena bulan April dia udah keburu berangkat ke Surabaya duluan dan nggak ikut timbang)

Kavin menangis dan tidak mau timbang.

Juni

Kalki: 17,2 kg (tetap)

Kavin: 12,2 kg (naik 600 gr dari bulan April)

Tingkatkan terus kenaikan berat badanmu setiap bulan ya anak-anak… dan semoga sehat selalu.

Gimana mau naikkin berat badan kalo tinggal bungkus biskuitnya aja?! Yang ada manyun

♡ Intan Rastini

Happy 2nd Birthday Kavindra! ♥

It’s like yesterday you were a baby!

And then on Thursday 13th of April 2017 you became 2 years old..
We wish you a very blessed birthday, happines, health and good growth. Be smart, baby kavin. Grow strong and tough. Please try to talk more :-* mwuah!

We celebrated Kavin birthday without Kakak Kalki. Because he went to Surabaya on 12th of April. It is the first time for Kalki to go to Surabaya with his parents stay at home not accompanying him. For Kavin too, celebrating birthday without his brother. I guess he knows that there is no Kalki around as usual. Something has changed and he feels the difference. He miss his brother.

So… Instead, we went to Bajera market or.”pasar senggol” Bajera. We wanted to make it special for Kavin the birthday boy. We took him to go out in the evening. We bought roasted bread, an avocado juice and a pot of ice cream. He drank the avocado juice until his stomach was full so he refused his birthday cake and his dinner.

Kavin realy enjoyed blowing his number 2 candle on the cheese and nut roasted bread. With his own style of blowing a wind through his teeth. 😀 Mama helped to blow the candle. So after making a wish for Adik Kavin we blew the candle together and pfffuuuuuhh… The light was put off… 

HAPPY BIRTHDaaaay Yeaaaaay dearly beloved Adik Kavin!!!

You are turning into a 2 years old toddler rigth now. 

On the days before his birthday (April 11th) he had already got a BiG Box of pizza, garlic bread, chicken rice, pasta and nuggets. And he ate the chicken rice by him self at the night the Big Box had just arrived. He liked the nuggets too, chicken stick and fish fingers garlic but he didn’t eat the pizza.


Yummmy piZza! Come and get a slice!

Oh right, Kavin also already opened his birthday gifts from Oma and Makciek and he loved them. He unwrapped the paper and found out his presents were many clothes. He smiled a lot and put the clothes one-by-one in a good order on the floor so he could see them all and kept smiling :).

Hugs and kisses amd so much love from mama, papa, kakak Kalki, opa, oma, pekak, nini, om Ryandi, makciek, Iqbal, mikwah, Khanza, Dendra, Shan, tante Yanty, om Niko, all aunties and uncles of mama and papa’s friends.

So many photos of Kavin’s birthday are already on Instagram 😉

Love, mama Kalki & Kavin.

Posyandu Kenanga March ’17

Posyandu was held on Friday, the 10th of March 2017 at 8.30 in the morning. Normally is always on date the 11th every month.

    Kalki

    Weight: 16.6 kg (+ 0.5 kg)

    Height: 101.5 cm (+ 2 cm)

    Head Circumference: 51 cm 

    Kavin

    Weight: 11,6 kg (+ 0.1 kg)

    Height: 86 cm (+ 3 cm)

    Head Circumference: 50 cm (+ 0.5 cm)


    This month was my turn to cook the mung bean.

    Kavin was crying when I tried to scale his weight. It was unusual that Kavin cried. So it was difficult to get the scale balanced.

    Not much I can tell about the Posyandu activity this March accept my childrens’ data and I think this is already a routine report for me as their mother personally.

    So, I’ll see you later.

    ♡ Intan Rastini

    Posyandu Kenanga Baru di Februari

    Ada yang baru di Posyandu Kenanga bulan Februari ini…
    Udah tau kan bulan Februari ini bulan pemberian vitamin A kepada bayi dan balita?

    Nah, kalo udah tau segera bawa bayi dan balita ibu-ibu ke posyandu atau puskesmas terdekat. Karena hari ini Kalki dan Kavin baru aja datang ke posyandu dan pulang bawa 2 bungkus biskuit MPASI untuk balita. Gratis!

    Rasanya enak, lho… mamanya aja ikut nyemilin. Awalnya langsung dibuka di Posyandu buat adik Kavin trus sisa dikit papa yang nyobain bilang ke mama kalo rasanya enak. Eh, ternyata memang bener enak. Nyam… nyam… nyam…

    Berat badan Kalki dan Kavin setelah ditimbang cuma naik 1 ons aja mereka. Huuh.

    Kalki
    BB:16,1 kg
    TB: 99,5 cm
    LK: 51 cm

    Kavin
    BB:11,5 kg
    TB: 83 cm
    LK: 49,5 cm

    Sudah dapat vitamin A masing-masing 1 butir kapsul merah.

    Dan bulan ini mama mulai jadi kader posyandu jadi nggak bisa langsung pulang bareng papa dan anak-anak melainkan masih harus catat-mencatat buku register posyandu bersama ibu-ibu kader lainnya. Lumayan.. pas mau pulang bubur kacang hijau masih ada dan mama ditawari untuk bawa pulang :).
    ♡ Intan Rastini

    Rekap Posyandu Oktober-Januari

    Oktober 2016

    • Kalki

    BB: 15,1 kg

    TB: 97,5 cm

    • Kavin (18 bulan)

    BB: 10,9 kg

    LK: 49 cm

    TB: 79,5 cm
    November 2016

    • Kalki

    BB: 15,3 kg

    • Kavin

    BB: 11 kg
    Desember 2016

    • Kalki (3,5 tahun)

    BB: 15,5 kg

    • Kavin

    BB: 11,2 kg
    Januari 2016

    • Kalki

    BB: 16 kg

    LK: 51 cm

    TB: 99,5 cm

    • Kavin (21 bulan)

    BB: 11,4 kg

    LK: 49,5 cm

    TB: 83 cm

    Bulan ini Kalki dan Kavin batuk disusul sedikit pilek selama 1 mingguan.
    Ini buat catatan pribadi pertumbuhan anak. Maunya mulai tahun ini nyatet beginian setiap 3 bulan atau 6 bulan sekali gitu biar terangkum jadi satu. Ditambah catatan sakit.

    Untuk pembanding, nih ada daftar berat badan (BB), lingkar kepala (LK), dan tinggi badan (TB) dari Pokojang. Simak yuk… gambar diambil dari FB Mamy Poko.​

    Anak-anak kita sudah ideal belum? Jangan sampai kekurangan gizi maupun kelebihan gizi, ya!
    ♡ Intan Rastini

    Posyandu Kenanga September 2016

    Kalki

    BB: 15,5 kg (naik 500 gram)

    Kavin

    BB: 10,7 kg (naik 500 gram)

    Uploading…

    Ya…. duo kakak-beradik ini.naik berat badannya kompakan pada setengah kilogram yippie…!
    Pas posyandu ga ada konsumsi apa-apa nih tumben banget. Biasanya ada giliran yang buatin minuman kacang hijau hangat. Ya mungkin pada sibuk semua dengan rangkaian hari raya Galungan dan Kuningan dari awal bulan September ini sampai hari Kuningan pada tanggal 17 September nanti.

    Hari ini Kavin ulang bulan yang ke-17, nih! Happy 17 months old Kavindra Ambara ♥♡♥♥♥♥♡♥

    Selain udah bisa jalan, adik juga bisa panggil mama, papa. Bisa angkat satu kakinya juga lho tanpa berpegangan untuk dipakaikan celana. Bisa pakai topi sendiri. Emang Kavin ga banyak celotehnya tapi dia paham instruksi sederhana. Dia pemerhati dan suka waspada jika ada kakaknya, Kalki. Hihi sering berantem sih dalam hal mainan. Kakak Kalki itu kadang kala merebut mainan adik Kavin lalu sang adik marah dan bisa gigit tangan kakaknya atau jedotin kepalanya ke kepala kakaknya gitu. Mama bilang adik kayak badak hehe.

    Sebelumnya, saat usia 11 bulan gigi Kavin itu udah nongol maksimal alias fiks 8 gigi susu yaitu 4 gigi seri atas dan 4 gigi seri bawah. Tapi setelah itu lama banget ga ada lagi gigi susu yang nongol dari gusinya. Nah, baru deh awal September ini muncul 2 gigi taring atas dan 2 first molar atau gigi geraham pertama yang letaknya masih sama di bagian atas. Bayangkan, butuh rentang 6 bulan untuk nongolin bakal gigi susunya lagi!

    Kavin seneng banget main di luar. Kalo tau pintu kebuka dia bakalan langsung keluar dan biasanya cari sepatu sendalnya buat dia pakai. Dia emang belum bisa pakai sepatu sendal sendiri tapi dia udah berusaha memakaikan ke kakinya hihihi…

    Sekian dulu update perkembangan Kakak Kalki dan Kavin. Oh ya, selamat Hari Raya Galungan dan Kuningan untuk umat Hindu sedharma. Semoga dharma selalu menang dalam diri kita masing-masing sehingga mampu menaklukan adharma 🙂

    ♡ Intan Rastini.

    Posyandu Kenanga Agustus 2016

    Di bulan kemerdekaan Republik Indonesia ini dimana juga disebut sebagai bulan merah putih dan tahun ini diperingati sebagai “Dirgahayu RI ke-71…”

    Dua minggu setelah hari Rabu, 17 Agustus nanti di bumi Indonesia kami ini pun juga ada seorang ayah yang hendak merayakan hari lahirnya ke-45 tahun pada 31 Agustus 2016 ini. Ya siapa lagi kalo tidak lain dan tidak bukan, sosok pria yang namanya saja diambil dari nama bulan lahirnya serta merupakan bapak dari anak-anak saya, suami terkasih…, yaitu Papa Agus Ambara dari si duo K, Kalki dan Kavin!

    Ini dia penimbangan BB dan pengukuran LK serta TB anak-anak balita mama di posyandu Kenanga:

    Kalki di bulan Agustus (39 bulan)

    Berat: 15 kg (naik 2 ons)

    Tinggi: 96 cm

    Lingkar Kepala: 51 cm

    Kavin di bulan Agustus (16 bulan)

    Berat: 10,2 kg (turun 1 ons)

    Tinggi: 77 cm

    Lingkar Kepala: 49 cm

    Setelah ditimbang dan diukur-ukur, Kalki dan Kavin sama-sama mendapatkan vitamin A kapsul merah. Lalu bu bidan juga memberikan tablet obat cacing rasa jeruk yang bisa dihisap-hisap atau dikunyah oleh Kalki n’ Vin :D. Hehehe mereka si bocah-bocah, sih seneng-seneng aja. Nggak ada yang pada nolak atau nangis, kok. Sungguh kooperatif semua sama bu bidannya :). Hmmm enak… baru, deh, anak-anak minum air putih.

    Memang di Posyandu selalu disediakan bubur kacang hijau atau snack anak-anak kalau pas nggak prepare bubur kacang hijau sebelumnya. Nah, kali ini setiap anak balita maupun yang masih bayi di Posyandu Kenanga mendapatkan snack Biskuit Marie Regal 1 sachet, dan 1 butir Sosis So Nice (yang langsung bisa dimakan itu, lho) plus diberi 1 gelas air mineral kemasan. Meskipun demikian, mama Kalvin selalu bawakan botol minum anak-anak sebagai cadangan kalau pas ga dapat air putih. Jadi saat mereka main lari-larian di kegiatan Posyandu tetep ga sampai kehausan.

    Mau lihat foto-fotonya? Lihat di Instagram aja ya: @jessmite

    Or simply click my Facebook button! 

    On my blog sidebar here (above) ->

    Ga tau kenapa aplikasi WordPress yang baru saya download lagi ini lama banget buat ngeload foto yang diupload, huh. Sampai abis batere nih gadget buat loading doank!

    Sebelumnya waktu posting rekap BB anak-anak bulan April-Juli bisa memuat 1 foto tapi sekarang kok lamaaa banget uploadingnya :(. Dunno why?

    Sampai nanti!

    ♡ Intan Rastini