Lagu Anak-anak, Yuk Nyanyikan Bersama

Selain untuk hiburan, lagu anak-anak tentu saja sebagai sarana pembelajaran. Mau nggak mau kita perlu mengoleksi beberapa lagu anak-anak kalau sudah punya anak, ya… 😀 Koleksi dalam bentuk apa aja? Baik secara ingatan di dalam benak, secara tertulis dalam bentuk lirik dan secara audio dalam bentuk file lagu.

Ini ada beberapa lirik lagu yang udah mama catat buat dinyanyikan ke Kalki dan Kavin. Untuk mendapatkan liriknya mama putar berulang-ulang lagu anak-anak yang ada di HP lalu tulis dengan cepat :). Supaya nggak lupa kalau mau nyanyi lagi, jadi mama posting juga di blog.

Lagu anak-anak untuk Kalki dan Kavin Tersayang…  

Photo9102

 

 

“Ulang Tahun”

Selamat ulang tahun

Kami ucapkan

Selamat panjang umur

Kita kan doakan

 

Selamat sejahtera

Sehat sentosa

Selamat panjang umur

Dan bahagia…

Selamat panjang umur

Dan bahagia…

 

20170513_133632

“Heli”

Aku punya anjing kecil

Kuberi nama Heli

Dia senang bermain-main

Sambil berlari-lari

 

Heli! Guk guk guk

Kemari! Guk guk guk

Ayo lari-lari….

 

Heli! Guk guk guk

Kemari! Guk guk guk

Ayo lari-lari….

 

Heli! Guk guk guk

Kemari! Guk guk guk

Ayo lari-lari….

 

 

“4 Sehat 5 Sempurna”

Sepiring nasi sehari tiga kali

Itu baru cukup kalori

Lauk-pauknya yang sederhana

Cukup gizi dapatlah terberi

 

Buah-buahan paling banyak disini

Nusantara tak tertandingi

Sayuran segar semangat mekar

Berseri cerah setiap hari

 

Empat sehat lima sempurna

‘Tuk masa depan kita

Nasi lauk sayur dan buah

Kalau dapat ditambah susu

 

IMG04889-20151208-1549

“Jual Buah-buahan”

Aku menjual buah-buahan

Bengkoang, jambu, nanas, durian

Rasa lezat, harganya murah

Marilah teman, belilah-belilah

 

Buah murah, kujual buahku

Pepaya, belimbing, manggis dan duku

Mari teman beli semua

Rasanya lezat, murah harganya

 

“Kapal Api”

Lihatlah sebuah titik

Jauh di tengah laut

Makin lama makin jelas

Bentuk rupanya

 

Itulah kapal api

Yang sedang berlayar

Asapnya yang putih

Mengepul di udara

 

IMG04903-20151210-1424

“Nama-nama Rasa”

Siapa tahu apa rasa gula?

Manis manis manis itu rasanya

Siapa tahu apa rasa cabe?

Pedas pedas pedas aku tak suka

 

Cobalah katakan apa rasa garam?

Asin asin asin…

Itu semua nama-nama rasa

Kita harus tahu janganlah lupa

 

Siapa tahu apa rasa kopi?

Pahit pahit pahit itu rasanya

Siapa tahu apa rasa lada?

Pedas pedas pedas aku tak suka

 

Cobalah katakan apa rasa cuka?

Asem asem asem…

Itu semua nama-nama rasa

Kita harus tahu janganlah lupa

Kita harus tahu janganlah lupa….

 

 

“1, 2, 3, 4”

Satu dua.. tiga empat..

Lima enam.. tujuh delapan..

Siapa rajin ke sekolah

Cari ilmu sampai dapat

 

Sungguh senang amat senang

Bangun pagi-pagi sungguh senang

 

IMG04348-20150716-1131

“Anak-anak Indonesia”

Kita anak-anak Indonesia

Harus sehat jiwa kuat tunas bangsa

Dengan wajah yang ceria

Penuh semangat bekerja

Selalu bergotong royong dan

Menggalang persatuan

Hey hey!

 

Maju pantang mundur

Cita-cita…

Berangkat ayo bangun

Sejahtera…

Satu nusa satu bangsa

Dan satu bahasa kita

Penuh semangat membangun

Nusantara…

 

Bersatu… kita teguh

Bercerai… kita runtuh

Merah putih, pemersatu nusa bangsa

 

Bersatu… kita teguh

Bercerai… kita runtuh

Merah putih, pemersatu nusa bangsa

Gotong-royong… Indonesia makin jaya

 

 

“Teka-teki”

Ada sebuah benda, selalu menunjuk saja

Tidak berkaki, tidak bertangan

Tetapi dapat berjalan

Kikuk… kikuk…

Kikuk… kikuk…

Kikuk… kikuk… kikuk….

 

Tidak pernah berhenti

Kadang kala berbunyi

Setiap masa, sehari-hari

Selalu mengingati kami

Kikuk… kikuk…

Kikuk… kikuk…

Kikuk… kikuk… kikuk….

 

Mari kita lestarikan lagu anak-anak Indonesia! Menyanyi bersama anak itu menyenangkan, untuk itu lagu yang dinyanyikan harus bagus. Tidak hanya yang catchy namun juga liriknya harus berbahasa yang baik serta berisi pesan-pesan yang mengedukasi. Betul nggak, moms?

Kalau moms and dads suka menyanyikan lagu apa saja kepada anak-anaknya?

 

Lirik lagu ditulis dari memdengarkan masing-masing lagunya

Koleksi foto pribadi.

♡ Intan Rastini

Advertisements

Posyandu Kenanga Mei dan Juni

Setelah bulan Februari lalu peserta posyandu bisa mendapatkan satu bungkus biakuit MP-ASI secara gratis, kini di bulan Juni kami mendapatkan lagi biskuit tersebut. Jadi ada jeda 4 bulan, ya. Kenapa nggak tiap bulan aja dibagikannya? Supaya gizi anak-anak tetap terjaga.

Lihat deh wajah kegirangan dua bocah duo K yang antusias berangkat Posyandu!

Biskuitnya dibungkus kemasan berwarna metalik dan bertulisan sederhana. Berat isinya 120 gram dan berisi 12 keping biskuit. Karena anak saya dua, saya dapat dua bungkus nih, satu buat Kalki dan satu buat Kavin. Berat per keping biskuit berarti 10 gram, ya. Di setiap kepingnya ada cetakan gambar bunga dan tulisan “MP-ASI Biskuit”.

Lucu ya gambar bunga-bunga di keping biskuitnya?

Di bulan Mei sedang nggak dibuatin bubur kacang hijau jadi anak-anak cuma dapat snack sosis dan susu fermentasi, kalau tidak salah ingat. Dan di bulan Juni, anak-anak dapat bubur kacang hijau plus bonus biskuit MP-ASI gratis.

Lihat betapa maruknya Kakak Kalki padahal ini jatah biskuit adek Kavin!

Perhatikan mulut Kakak Kalki saking ingin meraup sebanyak-banyaknya biskuit. Ck.. ck.. ck..!

Rasa biskuitnya gimana? Enak dan nikmat. Kalki dan Kavin doyan. Dipegang dan digigit sendiri oleh Kavin dengan mudahnya. Tekstur biskuitnya tidak berpasir yang mudah larut macam biskuit bayi pada umumnya, juga tidak terlalu keras. Pokoknya pas aja menurut saya. Kalki sama Kavin sampai rebutan padahal udah dikasi jatah masing-masing. Nah berarti mereka suka banget kan sama biskuitnya? Emak babenya aja juga doyan! Sampai ikut nimbrung nyemilin… Ooops! Kalau ketahuan ibu ketua Posyandu bisa dimarahin, nih!

Adik Kavin nunjuk ke orang yang ngabisin jatah biskuit MP-ASInya. Eh?! Maksudnya nunjuk ke saklar lampu hehehe… minta supaya pada hemat listrik meskipun kita foya-foya biskuit. Itu yang tidak hemat listrik tenggelamkan!

Posyandu selalu jadi ajang kumpul bocah


Berat Badan Kalki dan Kavin saat penimbangan di Posyandu:
Mei

Di bulan Mei adalah Posyandu pertama Kakak Kalki setelah pulang dari Surabaya. Jadi beratnya naik berapa nih, setelah 1 bulan dijamin gizinya oleh oma dan opa? Hahaha.

Kalki: 17,2 (naik 600 gr dari bulan Maret Posyandu karena bulan April dia udah keburu berangkat ke Surabaya duluan dan nggak ikut timbang)

Kavin menangis dan tidak mau timbang.

Juni

Kalki: 17,2 kg (tetap)

Kavin: 12,2 kg (naik 600 gr dari bulan April)

Tingkatkan terus kenaikan berat badanmu setiap bulan ya anak-anak… dan semoga sehat selalu.

Gimana mau naikkin berat badan kalo tinggal bungkus biskuitnya aja?! Yang ada manyun

♡ Intan Rastini

Happy 2nd Birthday Kavindra! ♥

It’s like yesterday you were a baby!

And then on Thursday 13th of April 2017 you became 2 years old..
We wish you a very blessed birthday, happines, health and good growth. Be smart, baby kavin. Grow strong and tough. Please try to talk more :-* mwuah!

We celebrated Kavin birthday without Kakak Kalki. Because he went to Surabaya on 12th of April. It is the first time for Kalki to go to Surabaya with his parents stay at home not accompanying him. For Kavin too, celebrating birthday without his brother. I guess he knows that there is no Kalki around as usual. Something has changed and he feels the difference. He miss his brother.

So… Instead, we went to Bajera market or.”pasar senggol” Bajera. We wanted to make it special for Kavin the birthday boy. We took him to go out in the evening. We bought roasted bread, an avocado juice and a pot of ice cream. He drank the avocado juice until his stomach was full so he refused his birthday cake and his dinner.

Kavin realy enjoyed blowing his number 2 candle on the cheese and nut roasted bread. With his own style of blowing a wind through his teeth. 😀 Mama helped to blow the candle. So after making a wish for Adik Kavin we blew the candle together and pfffuuuuuhh… The light was put off… 

HAPPY BIRTHDaaaay Yeaaaaay dearly beloved Adik Kavin!!!

You are turning into a 2 years old toddler rigth now. 

On the days before his birthday (April 11th) he had already got a BiG Box of pizza, garlic bread, chicken rice, pasta and nuggets. And he ate the chicken rice by him self at the night the Big Box had just arrived. He liked the nuggets too, chicken stick and fish fingers garlic but he didn’t eat the pizza.


Yummmy piZza! Come and get a slice!

Oh right, Kavin also already opened his birthday gifts from Oma and Makciek and he loved them. He unwrapped the paper and found out his presents were many clothes. He smiled a lot and put the clothes one-by-one in a good order on the floor so he could see them all and kept smiling :).

Hugs and kisses amd so much love from mama, papa, kakak Kalki, opa, oma, pekak, nini, om Ryandi, makciek, Iqbal, mikwah, Khanza, Dendra, Shan, tante Yanty, om Niko, all aunties and uncles of mama and papa’s friends.

So many photos of Kavin’s birthday are already on Instagram 😉

Love, mama Kalki & Kavin.

Posyandu Kenanga March ’17

Posyandu was held on Friday, the 10th of March 2017 at 8.30 in the morning. Normally is always on date the 11th every month.

    Kalki

    Weight: 16.6 kg (+ 0.5 kg)

    Height: 101.5 cm (+ 2 cm)

    Head Circumference: 51 cm 

    Kavin

    Weight: 11,6 kg (+ 0.1 kg)

    Height: 86 cm (+ 3 cm)

    Head Circumference: 50 cm (+ 0.5 cm)


    This month was my turn to cook the mung bean.

    Kavin was crying when I tried to scale his weight. It was unusual that Kavin cried. So it was difficult to get the scale balanced.

    Not much I can tell about the Posyandu activity this March accept my childrens’ data and I think this is already a routine report for me as their mother personally.

    So, I’ll see you later.

    ♡ Intan Rastini

    Posyandu Kenanga Baru di Februari

    Ada yang baru di Posyandu Kenanga bulan Februari ini…
    Udah tau kan bulan Februari ini bulan pemberian vitamin A kepada bayi dan balita?

    Nah, kalo udah tau segera bawa bayi dan balita ibu-ibu ke posyandu atau puskesmas terdekat. Karena hari ini Kalki dan Kavin baru aja datang ke posyandu dan pulang bawa 2 bungkus biskuit MPASI untuk balita. Gratis!

    Rasanya enak, lho… mamanya aja ikut nyemilin. Awalnya langsung dibuka di Posyandu buat adik Kavin trus sisa dikit papa yang nyobain bilang ke mama kalo rasanya enak. Eh, ternyata memang bener enak. Nyam… nyam… nyam…

    Berat badan Kalki dan Kavin setelah ditimbang cuma naik 1 ons aja mereka. Huuh.

    Kalki
    BB:16,1 kg
    TB: 99,5 cm
    LK: 51 cm

    Kavin
    BB:11,5 kg
    TB: 83 cm
    LK: 49,5 cm

    Sudah dapat vitamin A masing-masing 1 butir kapsul merah.

    Dan bulan ini mama mulai jadi kader posyandu jadi nggak bisa langsung pulang bareng papa dan anak-anak melainkan masih harus catat-mencatat buku register posyandu bersama ibu-ibu kader lainnya. Lumayan.. pas mau pulang bubur kacang hijau masih ada dan mama ditawari untuk bawa pulang :).
    ♡ Intan Rastini

    Rekap Posyandu Oktober-Januari

    Oktober 2016

    • Kalki

    BB: 15,1 kg

    TB: 97,5 cm

    • Kavin (18 bulan)

    BB: 10,9 kg

    LK: 49 cm

    TB: 79,5 cm
    November 2016

    • Kalki

    BB: 15,3 kg

    • Kavin

    BB: 11 kg
    Desember 2016

    • Kalki (3,5 tahun)

    BB: 15,5 kg

    • Kavin

    BB: 11,2 kg
    Januari 2016

    • Kalki

    BB: 16 kg

    LK: 51 cm

    TB: 99,5 cm

    • Kavin (21 bulan)

    BB: 11,4 kg

    LK: 49,5 cm

    TB: 83 cm

    Bulan ini Kalki dan Kavin batuk disusul sedikit pilek selama 1 mingguan.
    Ini buat catatan pribadi pertumbuhan anak. Maunya mulai tahun ini nyatet beginian setiap 3 bulan atau 6 bulan sekali gitu biar terangkum jadi satu. Ditambah catatan sakit.

    Untuk pembanding, nih ada daftar berat badan (BB), lingkar kepala (LK), dan tinggi badan (TB) dari Pokojang. Simak yuk… gambar diambil dari FB Mamy Poko.​

    Anak-anak kita sudah ideal belum? Jangan sampai kekurangan gizi maupun kelebihan gizi, ya!
    ♡ Intan Rastini

    Posyandu Kenanga September 2016

    Kalki

    BB: 15,5 kg (naik 500 gram)

    Kavin

    BB: 10,7 kg (naik 500 gram)

    Uploading…

    Ya…. duo kakak-beradik ini.naik berat badannya kompakan pada setengah kilogram yippie…!
    Pas posyandu ga ada konsumsi apa-apa nih tumben banget. Biasanya ada giliran yang buatin minuman kacang hijau hangat. Ya mungkin pada sibuk semua dengan rangkaian hari raya Galungan dan Kuningan dari awal bulan September ini sampai hari Kuningan pada tanggal 17 September nanti.

    Hari ini Kavin ulang bulan yang ke-17, nih! Happy 17 months old Kavindra Ambara ♥♡♥♥♥♥♡♥

    Selain udah bisa jalan, adik juga bisa panggil mama, papa. Bisa angkat satu kakinya juga lho tanpa berpegangan untuk dipakaikan celana. Bisa pakai topi sendiri. Emang Kavin ga banyak celotehnya tapi dia paham instruksi sederhana. Dia pemerhati dan suka waspada jika ada kakaknya, Kalki. Hihi sering berantem sih dalam hal mainan. Kakak Kalki itu kadang kala merebut mainan adik Kavin lalu sang adik marah dan bisa gigit tangan kakaknya atau jedotin kepalanya ke kepala kakaknya gitu. Mama bilang adik kayak badak hehe.

    Sebelumnya, saat usia 11 bulan gigi Kavin itu udah nongol maksimal alias fiks 8 gigi susu yaitu 4 gigi seri atas dan 4 gigi seri bawah. Tapi setelah itu lama banget ga ada lagi gigi susu yang nongol dari gusinya. Nah, baru deh awal September ini muncul 2 gigi taring atas dan 2 first molar atau gigi geraham pertama yang letaknya masih sama di bagian atas. Bayangkan, butuh rentang 6 bulan untuk nongolin bakal gigi susunya lagi!

    Kavin seneng banget main di luar. Kalo tau pintu kebuka dia bakalan langsung keluar dan biasanya cari sepatu sendalnya buat dia pakai. Dia emang belum bisa pakai sepatu sendal sendiri tapi dia udah berusaha memakaikan ke kakinya hihihi…

    Sekian dulu update perkembangan Kakak Kalki dan Kavin. Oh ya, selamat Hari Raya Galungan dan Kuningan untuk umat Hindu sedharma. Semoga dharma selalu menang dalam diri kita masing-masing sehingga mampu menaklukan adharma 🙂

    ♡ Intan Rastini.