Homemade Chicken Nugget With Cheese and Veggie (Bilingual Recipe)

Sudah lama pingin buat nugget ayam rumahan yang diisi sayur dan keju. Enaknya bisa diisi keju dan sayur sesuai selera kalau homamade. Kalo nugget pabrikan itu emang ada yang berisi keju dan brokoli tapi itu pun berisi brokoli dikit banget. Lagian bikin sendiri buat anak-anak kan bisa nggak pakai pengawet dan penguat rasa.

 

Saat ini saya coba pakai keju cheddar biasa, ntar saya mau coba lagi dengan cara kejunya diselipkan di dalam adonan keju dan memakai keju yang lumer. Maklum keju lumer lebih mahal, jadi percobaan pertama pakai keju cheddar ajah.. Entah kenapa buat nugget ini bikin ketagihan, lho. Seru aja, dan puas saat udah ada stok frozen food di kulkas buat anak-anak. Untuk yang kedua kali saya coba nggak pakai daging ayam aja, tapi juga pork.

Resep ini diambil dari Majalah AyahBunda No.13 24 Juni-07 Juli 2013. Resep aslinya sih adonan nugget dicetak jadi satu dulu di loyang persegi lalu dikukus, setelah dikukus baru dipotong-potong. Tapi saat saya bikin nuggetnya saya bentuk dulu dengan dua sendok makan, lalu dibalur tepung roti baru dikukus. Jadi semua bahan nuggetnya sudah fully-cooked dan bisa langsung dimakan tanpa di goreng lagi.

Lalu di resep asli dari majalah, kejunya diselipkan di dalam adonan nuget bukan di campur. Tapi nggak tau juga gimana caranya, kan adonan mentah nuggetnya digabung jadi satu untuk dikukus? Jadi ini resep saya modifikasi sesuai dengan cara saya memasak. Jumlah sayur dan kejunya pun saya pakai setengahnya dari resep asli karena ternyata 200 gr sayur dan 100 gr keju  itu kebanyakan, euy!

Tapi tetap aja bisa diatur sesuai selera, kalo suka keju ya bisa aja pakai banyak keju. Kalau anaknya nggak terlalu suka sayur dan takut si anak nggak mau makan kalo kebanyakan berisi sayur, ya dikurangi aja.

Homemade Chicken Nugget With Cheese and Veggie

Bahan: – Ingredients:

16122017(006)

I use two kind of meat: chicken and pork, I also add celery to my nugget dough

  1. 500 gram ayam bagian dada tanpa kulit potong kecil – 500 gr chicken breast without the skin
  2. 100 gram buncis, iris tipis – 100 gr sliced beans
  3. 100 gram wortel, potong dadu kecil – 100 gr chopped carrot
  4. 1 batang seledri cincang halus – 1 minced celery leaf
  5. 1 butir telur, kocok lepas – 1 egg, beat it an a bowl
  6. 2 sendok makan tepung terigu – 2 tbs flour
  7. 50 gram keju cheddar, potong dadu kecil – 50 gr cheddar cheese
  8. 2 siung bawang putih diuleg halus – 2 cloves of minced garlic
  9. 1 sendok teh garam – 1 tsp salt
  10. ½ sendok teh lada halus – ½ tsp pepper powder

Bahan Pelapis: – Coating Ingredients:

  1. 200 gram tepung roti – 200gr breadcrumb

Cara Membuat : – How To Make:

  1. Cincang halus ayam. Tambahkan wortel, buncis, seledri, keju, 1 butir telur, bawang putih, garam, lada dan tepung terigu aduk rata. – Mince the chicken meat, add chopped carrot, sliced bean, minced celery, cheese, beaten egg, minced garlic, salt, pepper and flour. Mix well.
  2. Cetak adonan bentuk dengan sendok berbentuk bulatan atau sesuai selera. – Form the nugget mixture into a ball shape or something else as long as you like it.
  3. Balurkan ke tepung roti dan saya remas-remas sedikit biar tepung rotinya nempel. – Roll the nugget mixture into the breadcrumb and squeeze a little bit so the bread crumb is attached deeper to the dough.
  4. Kukus selama 15-20 menit. – Steam all of the nugget mixture for 15-20 minutes.
  5. Masukkan nugget ke freezer atau bisa langsung digoreng hingga kecokelatan. – Keep in the freezer or fry some until they become golden brown.

Saya memang balurkan adonan nugget ke tepung roti dulu baru dikukus, kalau resep dari majalah AyahBunda, adonan dikukus dulu baru diberi bahan pencelup (susu cair, tepung terigu dan telur) dan dibalurkan ke tepung roti. Saya rasa dengan diberi tepung roti saat adonan masih mentah, tepung rotinya lebih bisa nempel, lalu ikut terkukus semua adonannya jadi tidak ada yang mentah. Saat mau dimakan pun saya tidak perlu menggoreng nugget dengan cara deep-fried, tapi bisa di tumis dengan minyak sedikit saja.

Untuk trik menabur tepung roti, sebaiknya ditabur sedikit-sedikit. Karena saya sudah menuang 100 gr tepung roti di mangkok, lalu nuggetnya dibalur tepung roti di mangkok jadinya tepung roti sisanya pun menggumpal terkena adonan nugget. Kalau tepung roti udah meggumpal udah susah deh nempel di permukaan nugget. Lebih baik ditaburi dengan di tuang sedikit-sedikit dengan tepung roti sisanya dibiarkan di kemasan atau wadah terpisah.

Saya buat dengan mencetak menggunakan 2 sendok makan, yang satu bentuknya bulat sempurna yang satu sendok makan biasa yang oval. Itu bisa menjadi 24 nugget. Tapi saya rasa 1 sendok makan itu cukup banyak, sehingga cetakan adonan nuggetnya nggak kebesaran. Lain kali saya mau cetak setengah sendok makan aja.

Stok nuggetnya lumayan buat bekal Kalki ke sekolah besok nih…. Saya udah coba bikin nugget 5 kali, 4 Kali dengan daging ayam dan 1 kali dengan pork.

16122017(010)

left: chicken nugget, right: pork nugget just after being steamed

Yuk ibu-ibu bikin nugget sendiri di rumah yang sehat buat anak-anak. Selamat mencoba… Ibu-ibu udah pernah bikin nugget sendiri di rumah? Lebih suka mana, homamade nugget atau produk nugget yang sudah ada di pasaran?

Intan Rastini.

 

Advertisements

Ganti Kacamata Baru dengan BPJS Kesehatan

Posting lalu kan sudah saya tulis mengenai pengalaman odontectomy atau operasi cabut gigi bungsu menggunakan BPJS Kesehatan, kali ini saya mau cerita tentang prosedur pelayanan untuk mendapatkan kacamata bagi peserta BPJS Kesehatan sesuai pengalaman saya.

 

By the way, mata saya emang udah ketahuan minus sejak mau masuk SMP, jadi saya udah cek kesehatan berkala dan menggunakan kacamata dari dulu. Tapi setelah saya menikah, saya nggak pernah cek kesehatan mata lagi, kacamata yang saya pakai pun masih dengan ukuran lensa waktu terakhir periksa di masa kuliah. Akhirnya saya memutuskan untuk periksa mata saat sudah punya BPJS Kesehatan. Sebenernya banyak optik yang menawarkan periksa mata gratis, tapi kan saya juga perlu ganti lensa kalau ukurannya berubah.

 

Kok, kebetulan gagang kacamata lama saya sempat patah, trus udah dilem jadinya longgar, nggak megang gitu. Kan nggak nyaman banget dipakai. Eh trus, Jon, anak Bu Yuli pengelola yayasan tempat saya bekerja, nawarin frame kacamata biru punya volunteer yang ketinggalan. Awalnya saya nolak karena udah punya kacamata, tapi segera berubah pikiran karena langsung inget kalau gagang kacamata lama saya udah longgar. Karena butuh frame kacamata baru, akhirnya saya ambil, deh.

20171219_110732

Kacamata saya yang lama framenya berwarna hitam dan gagangnya berwarna cokelat, kalau kepala nunduk suka hampir jatuh gitu karena gagangya udah longgar abis patah engselnya

Tanggal 20 Oktober 2017 lalu saya ke puskesmas Suraberata bilang mau periksa mata karena mata saya minus dan udah lama nggak cek mata lagi. Lalu diberi surat rujukan untuk periksa ke dokter spesialis mata di BRSU Tabanan. Setelah itu saya pun mencoba ambil antrean online di web BRSU Tabanan yang sudah mulai diberlakukan sejak Agustus 2017. Ambil antrean online ini berlaku untuk kunjungan ke BRSU Tabanan 2 hari kemudian. Saya langsung dapat nomor antrean 1 untuk ke poli mata.

 

Saat ke BRSU Tabanan, saya langsung mengkonfirmasi antrean online saya di loket pendaftaran beserta menunjukkan surat rujukan dan kartu BPJS Kesehatan. Nggak lama kemudian langsung disuruh ke poli mata. Di poli mata saya perlu menunggu sampai dokter spesialis mata datang. Saat diperiksa ternyata kedua mata saya minus 1,75 dan mata kanan saya silinder 0,25.

 

Saya juga sempat mengeluhkan mata kanan saya yang sering sakit jika tiba-tiba dibuka saat terbangun tengah malam atau terlalu pagi. Kata dokter, sih, sebabnya karena mata saya lelah, maka saya diresepkan obat tetes mata dan resep untuk ukuran lensa mata kacamata yang baru. Saya pun masih perlu melengkapi resep kacamata dengan legalisir dan SEP (Surat Elegibilitas Peserta) dari BPJS center yang ada di area BRSU Tabanan.

 

Di kantor BPJS Center, saya diberi daftar alamat optik di Tabanan yang bekerja sama dengan BPJS Kesehatan. Nilai pertangungan pembelian kacamata baru yang saya dapat adalah Rp 150.000 karena saya peserta BPJS Kesehatan kelas III. Dan sebagai info tambahan, pembelian kacamata baru yang ditanggung adalah untuk lensa spheris minimal 0,5 Dioptri dan untuk lensa silindris minimal 0,25 Dioptri. Kacamata dapat diberikan paling cepat dua tahun sekali sesuai dengan indikasi medis. Oh ya, untuk nilai pertanggunagan kelas II Rp 200.000 dan kelas I Rp 300.000.

 

Setelah pegang resep dokter spesialis mata yang dilegalisir dan SEP, saya tinggal pilih mau beli kacamata di optik mana. Saya sempat tanya-tanya ke tiga optik yang berbeda di Tabanan yang masih bekerja sama dengan BPJS Kesehatan. Saya cuma tanya harga lensa plastik untuk minus 1,75 dan silinder 0,25 karena saya udah punya frame kacamatanya.

 

  1. Optik Arie cabang Bajera Jl Rajawali No. 9, harga lensa plastik yang ditawarkan Rp350.000.
  2. Optik Internasional di dekat pasar senggol Tabanan Jl. Gajah Mada No. 13, harga lensa plastik biasa Rp350.000. yang ada anti UV Rp 500.000an.
  3. Optik Erlangga di Jl. Pahlawan No. 25 Tabanan, harga lensa plastik Rp250.000, lensa plastik biasa Rp200.000

 

Saya dapat best price di optik Erlangga dan saya ambil lensa plastik dengan harga Rp 200.000, maka saya perlu nambah bayar Rp50.000 secara cash. Dan setelah sempat ngobrol sama tante saya yang juga punya kacamata baru, ternyata Optik Erlangga emang terkenal lebih murah karena beliau beli kacamata barunya disana, periksa mata pun gratis.

Selain Optik yang tersebut di atas yang telah saya kunjungi ada pula optik lainnya yang bekerja sama dengan BPJS Kesehatan di Tabanan, yaitu:

  1. Optik Indra di Jl. A. Yani No. 50 Kediri
  2. Optik Arie cabang Tabanan di Apotek Restu Farma

Di Optik Erlangga saya serahkan resep ukuran lensa dari dokter spesialis mata, SEP, fotokopi kartu BPJS Kesehatan dan tidak lupa frame kacamata yang saya bawa untuk dibuatkan lensa dengan ukuran baru dan dipasangkan ke frame kacamata saya. Katanya sih, seminggu selesai dan akan dihubungi ke nomor HP saya. Tapi ternyata baru 2 hari saja saya sudah terima sms yang memberitahukan bahwa kacamata saya sudah selesai.

 

Untuk ambil kacamata saya perlu menunjukkan nota pembayaran saja. Udah deh… saya jadi punya kacamata baru! Next kalau mau periksa mata lagi bisa Oktober 2019. 🙂

 

Ini dia kacamata baru saya, warnanya biru bening dengan gambar sulur-sulur tanaman di gagangnya tapi nggak terlalu kelihatan di foto ini. Matching kan dengan kebaya dan tasnya? 😀

Bagus nggak menurut kalian? Saya sebenernya kurang suka dan kurang PD dengan frame kacamata warna-warni, maunya sih yang warnanya tidak terlalu mencolok seperti hitam, tapi namanya juga frame kacamata dikasi, ya kan? Ternyata framenya cukup kuat dan megang, kok. Worth it.

Intan Rastini.

What’s in My Beauty Pouch

20171124_145813

I have skincare and makeups in my pouch. I used to have moisturizer, night cream, and make up remover as skincares. Then the makeups were only loose powder, lip balm, lipstick, powder blush, eyeshadow and eyebrow pencil from the same brand, my favorite makeup brand, Maybelline. I really love Maybelline mineral makeups. But I can’t get them anymore because the series isn’t available at the stores nowadays.

My skin type is oily and acne prone with tanned skin color and warm undertone. All of my first makeup was mineral makeup series by Maybelline and it was just suitable to my skin type right away. Now I don’t use them anymore, because Maybelline discontinued producing the mineral makeup series. Currently I have more variative cosmetic brands and beauty kits in my pouch.

Let’s open the pouch!

20171124_143739

1. Moisturizer to moist my face. I actually have an oily skin but I still use moisturizer daily. I use Pond’s White Beauty moisturizer cream with SPF 15 to protect my face from the sunlight.

20171124_144856

2. Bio Oil mostly as my night oil. I don’t use any night cream, just Bio Oil instead. I need to get rid of my dark spots and acne scars.

20171124_144916

3. B.B cream. I bought a lighter shade (Cream) because that shade was the only one that available at the store at that time. For my skin tone it doesn’t look great so I use it very slightly. Next time I will buy the darker shade: Ochre. This B.B Cream from Pixy has SPF 30 & PA+++ to protect from UVA and UVB. It is said that noncomedogenic and cointains natural whitening extract and vitamin C.

20171124_144830

4. Loose Powder

I have two jars of different loose powder because one of my loose powder is almost running out so I bought the other one, also to compare them.

What I bought first was The One Loose Powder by Oriflame. It is quite translucent. So despite the fact that it is still in lighter shade than my face, it doesn’t really matter. I use Medium shade, this is the darkest shade they have.

20171124_144710

The second one I have is Bare with Me Mineral Loose Powder by Emina. The shade is darker (04 Ebony) than my The One Loose Powder in Medium. It has high coverage, so it looks very cakey and bright if I put too much.

20171124_144741

5. Powder Brushes

One powder brush for each loose powder. Giordani Gold Professional Powder Brush for Emina and The One Powder Brush for The One Loose Powder. Emina provides powder puff inside its jar but I prefer to use powder brush. And I don’t want to mix the loose powder shades by using only one brush for all.

6. Blush. I use Color Show Blush by Maybelline in Creamy Cinnamon color. It is a compact blush without any puff, so I just tap my finger to use it. Handy and practical unlike the former powder blush that I used to apply before. I still love my old blush, the Mineral Loose Powder by Maybelline. They provide a mini brush to apply the powder blush. Unfortunately Maybelline doesn’t produce it anymore.

20171124_144636

7. Eye Shadow. Trivia eye shadow by Make Over provides three different colors and a mirror. I was confused to pick the natural color combinations between “Emperor Brown” or “Enchanting Nude Spell” because they are quite similar. I picked the “Enchanting Nude Spell” because it has a darker brown color. It provides shimmery white, shimmery beige/peach and matte dark brown colors.

20171124_144406

8. Eyebrow Pencil. Still in love with Maybelline so I picked Fashion Brow Cream Pencil in brown color. They used to provide eyebrow brush on the pencil lid, but now… not again!

20171124_144549

9. Lip Balm

I love lip balm rather than lipstick. So I used to have more lip balm variants than lipsticks. My favorite one is the Baby Lips Cherry Kiss from Maybelline because it has a very light pink color and it has SPF 16! Sorry I have no picture because I’m running out of it.

And then I have Love Nature Cherry Lip Balm with sheer red color. I have to make sure my finger is clean to put the lip balm on my lips so I am a little bit lazy to use this kind of lip balm in a jar.

20171124_145611

Baby Lips Candy Wow. It has more bold tint than the original Baby Lips. The packaging is bigger and just like a crayon so it is pretty cool. But I don’t like the red tint in Cherry because I want more natural look not to be eye-catching. However the tint stays very long enough. Unfortunately it doesn’t have SPF to protect the lips from UV. Maybe I should try the pink color. Or not. Because it is more expensive than the original one.

20171124_145444

10 Lipstick

Giordani Gold Iconic Lipstick by Oriflame in Copper Shine. I like this lipstick because it has SPF 15, but the color doesn’t suit my dark lips. The color is shiny and shimmery orange to brown.

20171124_145331

Kiss Proof by Menow. This lipstick is soft and powdery so I don’t feel like wearing lipstick. It doesn’t stain when you drink or kiss. If you put a little lip balm before using this lipstick, it becomes more moist but it would stain.

20171124_145213

The color Number 001 is really shiny with shimmers. My lips look cracking with this color because my lips are darker than this shade and the texture of the lipstick pigment is almost dry. I need to put lip balm first so the color could be completely blended on my lips.

Number 011 is dark red or maroon. This color is truly matte. I have to apply really thin unless I would look like Gothic. Actually this shade is quite similar with the color of my upper lip.

11. Milk Cleanser and Toner by Pond’s White Beauty to remove my make up. I use them to clean my face in the morning sometimes or before sleeping if I don’t take a bath and wash my face with facial foam.

20171124_145655

12. Pencil Sharpener that can be used for eyebrow pencil and my Menow Kiss Proof soft lipstick. There is a part like a stick that can be taken off to clean up the clogged hole.

20171124_144244

13. Mirror by Giordani Gold. It has a flat mirror and a concave mirror to magnify the reflection.

20171124_144131

14. Folding Scissors just in case I need to cut or trim something. I will trim my split end hair if there is any.

20171124_145713

That’s all inside my beauty pouch. I don’t use makeups every day, just for events and special occasions. Even when I go out somewhere I don’t usually use makeup. If you have a makeups or cosmetic products to be reviewed. Just let me know, I can write a honest review for you.

Now, you tell me what’s in your beauty pocket in your blog and give me the link to your blog post. I’ll be right there soon to check it out. Thank you for reading mine. Now, let me zip my pouch back!

20171124_145907

X.O.X.O

Intan Rastini.

Story About Minnie

Oh my God, I have been keeping this draft for 4 years! So, I have prepared to tell Minnie story since we had her for 1 year. It is gonna be a sad sad sad story to remember… Minnie is our first pet after I got married with my husband.

Minnie is a black dog with white spots. She looks like a Minnie Mouse and her body is very small so I call her as Minnie. We adopt her in 2012 from my another grandparents’ home in Lumbung Village. I guess it was Saraswati day when we took her home. Her mother name is Molly. Molly gave birth to 5 puppies, male and female. Minnie was one of the female dogs.

Minnie is a short dog. she is quite fat. So, she is like a peking dog, ha ha ha. We even tried to weigh her and her weight was 12 kg. We taught her to catch an ant, then she grew up with capability in chasing mice and rats at home. She would be very patient to wait the mouse to come out from its nest. When we said, “Minnie! Tikus (mouse)! Tikus! Tikus!”, she would be alert and tried to sniff where the mouse was.

She was also alert if there was intruder at our home. If there was a snake or ‘biawak’ (monitor lizard), Minnie will bark noisily to tell us that there was a strange animal. So, her bark was like a danger alarm. Very different with Klau, our other dog, he barks to stranger or mostly people that come to our house but almost never barks to dangerous animal. So Minnie was a real safety dog for our kids, because she used to warn us for dangerous poisonous animals then we could keep our children away from that area while they were playing outside.

She was very adorable, some people like her because of her obedience. She was very friendly and didn’t bark a lot. Once she has ever got lost, when she was a little puppy. We tried to call her and find her anywhere even asked to the neighbors, but we still haven’t found her. Later on she was found sleeping in the bushes near the pond at our home. We knew it when she got up and left the bushes.

When she got her first loop, we called the veterinarian to injected her so she became sterile. But we have done it only once. Then this year, she got pregnant. Afterwards she gave birth to only one male puppy on August 13. I think due to her small body that’s why she only had 1 puppy. Kalki and Kavin was very happy with the puppy. We named him “Bakabon”. They played with Bakabon a lot. They also put Bakabon on their truck and pushed the truck!

20170704_204356

Minnie was nursing her baby under the table in our “Bale”

Unfortunately, When Bakabon already one month old, on September 13 or 14 He got lost. In the morning I called him to give him fried egg from my kids’ breakfast and then he came. Bakabon and Minnie also followed my husband to Pura Dalem to give “Sodan” as offering. Next I wasn’t at home because I had to take Kalki to the school. At home my husband called Bakabon to feed him but he didn’t seem to appear.

Since that day, we have never seen Bakabon again. Minnie was waiting and playing alone just like if there was Bakabon with her, it looked very sad. My husband and my sons have tried to search Bakabon around but we couldn’t find him anywhere. The next days were hard days for Minnie. Because she became less enthusiastic and didn’t eat her meal at all. I believe she felt sorrow and grief losing her only son, and Bakabon was her first son!

Minnie still walk around to accompany Kavin and Kalki while playing but she didn’t eat anything that we gave. Even her favorite crackers were abandoned. A week after Bakabon got lost, Minnie died in the back of our kitchen, near by her bowl that we used for feeding her.

We lose 2 adorable cute dogs. Minnie and Bakabon. Until now we still don’t know where Bakabon is. We also got information from my grandfather that Molly also had died.

Now we don’t have a dog that good at chasing mice. We only have Klau instead, a dog with grey color. He barks a lot, and he is quite fierce to strangers.

In loving memories of Minnie, Bakabon and Molly.

minnie was the least active puppy

minnie was the least active puppy

her sibling woke up but she was still sleeping!

her sibling woke up but she was still sleeping!

Minnie when we first saw her On Galungan 2012

Minnie when we first saw her On Galungan 2012

Minnie's mom

Minnie’s mom

Minnie n' Molly, her mom

Minnie n’ Molly, her mom

Minnie's sibling

Minnie’s siblings

Intan Rastini.

Kreasi Masak Sup Bening Daun Katuk dengan Bakso Sapi SO GOOD

Belajar dari pengalaman, saat sahur dan berbuka puasa jika butuh masak-memasak makanan yang praktis, sedia saja produk SO GOOD siap masak di freezer. Pasti deh jadi penolong andalan untuk memasak makanan yang cepat dan bergizi.

Saya punya salah satu kreasi resep favorit dengan sayur daun katuk kesukaan saya. Sumber proteinnya dari SO GOOD bakso kuah instant sapi, dong. Resepnya mudah banget, bahan-bahannya sederhana, pokoknya praktis dan tidak ribet buat sahur dan berbuka puasa di bulan Ramadhan. Siapa saja boleh makan, malah sangat dianjurkan untuk ibu menyusui.

wp-image-591481670jpg.jpeg
Yuk mari kita siapkan bahan-bahannya untuk mulai memasak…

Bahan:​

  1. Bakso Kuah Instant Sapi SO GOOD diiris-iris
  2. Daun katuk cuci bersih, tiriskan
  3. Jagung manis 2 buah, dipipil atu diserut bulirnya
  4. Bawang merah 7 siung, kupas lalu iris tipis
  5. Bawang putih 5 siung, kupas lalu iris tipis
  6. Ketumbar secukupnya
  7. Merica secukupnya
  8. Garam
  9. Minyak goreng untuk menumis 2 sdm
  10. Air 1l



Cara Memasak:​

  1. Tuangkan 2 sdm minyak goreng ke wajan lalu tumis bawang merah dan bawang putih
  2. Jika sudah harum, masukkan jagung pipil, aduk-aduk
  3. Saat jagung mulai matang, masukkan daun katuk dan aduk
  4. Rebus SO GOOD Bakso Kuah Instant Sapi dalam panci dengan 1 l air hingga mendidih
  5. Saat daun katuk sudah mulai layu, tuangkan ke dalam panci didihkan bersama SO GOOD Bakso Kuah Instant Sapi hingga 10 menit
  6. Beri garam, ketumbar dan merica sesuai selera dan garam secukupnya, aduk rata
  7. Silakan dicicipi apa udah pas rasanya, jika belum pas bisa ditambahkan bumbunya
  8. Jika sudah pas rasanya, sayur bening daun katuk siap disajikan

Rasanya Sup Bening Daun Katuk dengan Bakso Sapi SO GOOD ini seegeeerrrrr banget… gurih bercampur manis dari jagung manis dan yang pasti bakso sapi SO GOOD bikin tambah sedaaap. Kavin aja begitu tau supnya udah matang langsung minta makan. Makannya pun nambah lagi dan lagi hehehe…

Saya beli SO GOOD Bakso Kuah Instant Sapi di minimarket terdekat dengan harga Rp 18.700. Isi 8 buah bakso dengan total berat bersih 120 gr. Jangan khawatir frozen food ini dilengkapi dengan tanggal kadaluarsa sehingga aman untuk dukonsumsi sebelum tanggal konsumsi terbaik tersebut.

Kalau mau pakai bumbu supaya rasanya bakso banget, tenang aja… SO GOOD udah menyertakan bumbu bakso di dalamnya plus bumbu pedas dan bawang goreng. Lengkap kan?

Ayo tunggu apa lagi? Segera beli SO GOOD dan ikutan Lomba Kreasi Masak Ramadhan & Idul Fitri ala SO GOOD #BPNxSOGOOD! Lomba ini diadakan oleh Blogger Perempuan Network bekerja sama dengan SO GOOD dari 8 Juni hingga 23 Juli 2017. jadi masih ada waktu buat ikutan! Kalau mau ikutan, daftar dulu ya…. klik di link ini.

Ada dua kategori kreasi masakan yaitu kreasi resep menggunakan SO GOOD Ayam Potong atau kreasi resep menggunakan SO GOOD Siap Masak. Kalau saya kreasi resep menggunakan SO GOOD Siap Masak. Hadiahnya apa? Ada gadget-gadget keren! Untuk Juara I: Mirrorless Camera Canon EOS M3, Juara II: Pocket Camera Canon SX620 dan Juara III: Smartphone Samsung Galaxy J5 Prime dari SO GOOD. Tenang aja pemenangnya diambil dari masing-masing kategori, kok!

Ditambah lagi bagi 200 blogger pertama yang mensubmit blog post kreasi resepnya akan diberikan pengganti biaya membeli produk SO GOOD Ayam Potong dan atau SO GOOD Siap Masak maksimal senilai Rp50.000,- dengan melampirkan struk cetak (printed receipt) pembelian produk dari Indomaret/Alfamart/modern merchant lainnya saat submit tulisan. Semakin menggiurkan kan untuk beli produk SO GOOD dan mencoba kreasi resepnya untuk lomba? Hihihi. Ditunggu ya sharing resepnya di kolom komentar.

 

so good

Resep ini diikutsertakan dalam Lomba Kreasi Masak Ramadhan & Idul Fitri ala SO GOOD #BPNxSOGOOD #RamadhanSoGoodSiapMasak

​Selamat mencoba~

♡ Intan Rastini

Sauted Broccoli Cauli Flower and Baby Corn

A beautiful lazy weekend at home, it’s a perfect time to cook something really easy. Something like… piece of cake!
Happy weekend cooking time~

Ingredients:

  1. Broccoli 250 gr
  2. Cauli Flower 250 gr
  3. Baby Corn 250 gr
  4. Garlic 9 cloves
  5. Salt
  6. Pepper
  7. Sugar
  8. Corriander powder
  9. Oil for suteing

    How to cook:

    1. Seperate the branch and the flower of broccoli and cauli flower
    2. Slice the baby corn diagonally
    3. Steam the broccoli, cauli flower and the baby corn for 10 minutes
    4. While waiting for the steamed vegetables, you can chop the garlic until it becomes minced
    5. Take the steamed vegetables if it is done
    6. Heaten about 2 tablespoon of oil
    7. Saute the garlic until you can smell the aroma
    8. Add the steamed vegetables, stir it
    9. Add a few salt, pepper, corriander powder and sugar, stir
    10. Saute for about 5 minutes
    11. Taste it, if it is already tasty enough you can serve it

    It’s simple isn’t? The duration of cooking it is also quick. I have just cooked this menu for my breakfast and my husband liked it so much.

    You can add shrimp if you like it. This morning I ate it with omellete because broccoli is best eaten with egg and milk 😉

    Have a try this simple recipe!

    ♡ Intan Rastini

    Tumis Sayur Warna-Warni

    Saat bosan makan sayur berkuah, masak tumis sayuran saja. Apalagi biasanya kalau lagi ngasi makan anak-anak suka kelamaan. Nah, kalo sudah kuah sup nyampur dengan nasi, nasi jadi ngembang kan? Biasanya saya akali dengan buat tumis sayuran sebagai ganti sup sayuran.

    Bahan:

    1. 250 gr udang kupas cuci bersih
    2. 1 ikat sawi hijau cuci bersih
    3. 2 buah jagung manis dipipil
    4. 2 buah wortel cuci bersih
    5. 1 batang seledri
    6. 1 lombok merah
    7. 9 siung bawang merah
    8. 7 siung bawang putih
    9. Merica secukupnya
    10. Ketumbar secukupnya
    11. Garam secukupnya
    12. Minyak goreng untuk menumis


    Cara Memasak:


    1. Potong-potong sawi hijau, potong wortel berbentuk korek api
    2. Iris-iris lombok merah dan seledri
    3. Kupas bawang merah dan putih lalu iris tipis
    4. Panaskan minyak untuk menumis
    5. Masukan bawang putih, bawang merah dan irisan lombok, aduk-aduk hinga harum (di foto saya tidak pakai lombok saat ditumis karena anak-anak saya tidak suka)
    6. Masukkan jagung pipil dan wortel, aduk rata hingga wortel lunak
    7. Masukkan udang, aduk hingga udang berubah warna
    8. Masukkan sawi hijau dan seledri
    9. Tambahkan bumbu merica, ketumbar dan garam, aduk rata hingga sawi layu
    10. Cicipi masakkan, jika rasa sudah pas, masakkan bisa disajikan

    Kenapa udang dimasukkan setelah jagung dan wortel matang?  Supaya nggak overcooked. Tau sendiri kan kalau sea food paling cepat matang, tapi kalau sudah terlalu matang rasanya bakal luget atau kenyal dan sedikit alot, jadi nggak empuk lagi. Kalau kata Kang Peppy sih, “dagingnya pas digigit ada perlawanan”.