Kalki Bertemu Tuan Belalang (Master Mantis)

Sore ini Kalki pergi ke kebun bersama papa dan pekak naik motor. Saat sudah sampai kebun, motor pun diparkir. 

“Pa, ada belalang pa,

Itu pa, ada belalang di atas motor, pa…” seru Kalki.

“Belalangnya bagus pa..” tambah Kalki.

“Ya.” Jawab papa.

“Ada matanya,” kata Kalki

“Ya.” Jawab papa.

“Ada mulutnya,” kata Kalki

“Ya.” Jawab papa.

“Ada sayapnya,” kata Kalki

“Ya.” Jawab papa.

“Ada kakinya,” kata Kalki

“Ya.” Jawab papa.

“Kok, nggak pakai topi, pa?” Tanya Kalki

“Ha ha ha ha….” Papa nggak bisa jawab lagi.



This is a little story about My Trip My Adventure Toddler 😀

Ooh yaa, happy new year 2017 all!

Posyandu Kenanga Agustus 2016

Di bulan kemerdekaan Republik Indonesia ini dimana juga disebut sebagai bulan merah putih dan tahun ini diperingati sebagai “Dirgahayu RI ke-71…”

Dua minggu setelah hari Rabu, 17 Agustus nanti di bumi Indonesia kami ini pun juga ada seorang ayah yang hendak merayakan hari lahirnya ke-45 tahun pada 31 Agustus 2016 ini. Ya siapa lagi kalo tidak lain dan tidak bukan, sosok pria yang namanya saja diambil dari nama bulan lahirnya serta merupakan bapak dari anak-anak saya, suami terkasih…, yaitu Papa Agus Ambara dari si duo K, Kalki dan Kavin!

Ini dia penimbangan BB dan pengukuran LK serta TB anak-anak balita mama di posyandu Kenanga:

Kalki di bulan Agustus (39 bulan)

Berat: 15 kg (naik 2 ons)

Tinggi: 96 cm

Lingkar Kepala: 51 cm

Kavin di bulan Agustus (16 bulan)

Berat: 10,2 kg (turun 1 ons)

Tinggi: 77 cm

Lingkar Kepala: 49 cm

Setelah ditimbang dan diukur-ukur, Kalki dan Kavin sama-sama mendapatkan vitamin A kapsul merah. Lalu bu bidan juga memberikan tablet obat cacing rasa jeruk yang bisa dihisap-hisap atau dikunyah oleh Kalki n’ Vin :D. Hehehe mereka si bocah-bocah, sih seneng-seneng aja. Nggak ada yang pada nolak atau nangis, kok. Sungguh kooperatif semua sama bu bidannya :). Hmmm enak… baru, deh, anak-anak minum air putih.

Memang di Posyandu selalu disediakan bubur kacang hijau atau snack anak-anak kalau pas nggak prepare bubur kacang hijau sebelumnya. Nah, kali ini setiap anak balita maupun yang masih bayi di Posyandu Kenanga mendapatkan snack Biskuit Marie Regal 1 sachet, dan 1 butir Sosis So Nice (yang langsung bisa dimakan itu, lho) plus diberi 1 gelas air mineral kemasan. Meskipun demikian, mama Kalvin selalu bawakan botol minum anak-anak sebagai cadangan kalau pas ga dapat air putih. Jadi saat mereka main lari-larian di kegiatan Posyandu tetep ga sampai kehausan.

Mau lihat foto-fotonya? Lihat di Instagram aja ya: @jessmite

Or simply click my Facebook button! 

On my blog sidebar here (above) ->

Ga tau kenapa aplikasi WordPress yang baru saya download lagi ini lama banget buat ngeload foto yang diupload, huh. Sampai abis batere nih gadget buat loading doank!

Sebelumnya waktu posting rekap BB anak-anak bulan April-Juli bisa memuat 1 foto tapi sekarang kok lamaaa banget uploadingnya :(. Dunno why?

Sampai nanti!

♡ Intan Rastini

My 25 Birthday

Yesterday (10th of February) was a rainy day. I woke up early in the morning to prepare my sons’ needs like today’s breakfast and lunch also to check all the clothes and toiletries for them are well-packed to blue baby bag. That morning not really sunny… almost cloudy.

However, the night before I already prepared for the porridge in the slow cooker.
I couldn’t sleep early at night because I was happy enough knowing that I got a birthday present from my long time bestfriend since I was in the elementary school, Karina.

She is very generous by giving me a gift voucher to shop at a baby and kids shop on my birthday. Before that she already gave me a pack of baby and kids’ clothes for me. So the voucher shall be redeemed in the month of February. That’s why on my birthday I went to Denpasar city with my sons and my husband on that rainy weather. Wet wet and wet everywhere we walked. We had the trip from Tabanan to Denpasar by motorcycle with 4 persons on the ride.

image

I bought a nursing bra for myself and then I chose a wooden toy for my sons and… three bracelets of anti-mosquitoes. You know.. rainy season, wet everywhere.. prone to mosquitoes attack. I presented one pink anti-mosquitoes bracelet for baby Khanza, Kalki n’ Kavin got the yellow and green ones. Unfortunately we couldn’t afford to buy more for Iqbal 😦

We ate lunch at Tiara Dewata. Kalki was enthusiastic and he found new world of playing! First we took a shelter from the rain at the ATM center and to fed baby Kavin. Next we ate lunch at the food court together. I ordered a soto and a tahu campur at the Surabaya culinary kiosk for me and for my husband. While we were waiting… I bought a pair of potato doughnuts with grated cheese as the topping 🙂

Kalki was really hungry and he ate my husband’s soto and my lontong 🙂 he was very cute acting that he could eat by himself :’)

image

Mommy.. this is delicious, said Kalki in his heart

And we were proud of him. Because he tried to handle his meal on his own. He went to the wash basin to wash his hands by the help of his mom and dad. Until he found an automatic hand dryer machine.. he played it to dry his hands.. again and he tried again and again… Hihihi… we are so sorry for our katrok attitude… but we couldn’t help our son!

image

Papa, what's that... Kalki was in an awe

Next we walked around and we saw a play zone for kids! Of course Kalki was really eager to stay and look around. He saw the train and cars buzzing around and the noisy children sounds… whoaaa what a joyful zone here, he thought! There was a boom boom car and a pool of colorful balls and the trampolin zone! What can I say here to describe my children’s eyes of festive area like that?

This is my day, I thought. But that day went quite fast. Would my life went so fast just like on my birthday?

image

I’m turning 25 and I expect to do 25 things before the next 26

Thank you my husband to accompany me through the rain… taking care of me and most of all our sons. Be strong be strong sons!

image

We walked when the rain had stopped

image

The wooden toy: farm train for Kalki and Kavin from Alden

Thank you Anin, Medina and Karina… my elementary school bestfriends. Karina said we must be bestfriend trough all times ♡♡♡. Your nursing tops package as my birthday gift has arrived. And I really really love it. Your love and care make me believe that I still have good friends with good moments to share.

image

Kalki really likes the anti-mosquitoes bracelet. He wears it everytime he goes outdoor and at home

And thank you my family…  for the long lasting supports and energy. ♥♥

This is a late post and I regret I couldn’t post it on time.
Happy birthday also to Shankara, Iqbal and my Aunty ♡♥ long lasting love for you all. Many happy return of the days… and good bye February. May the new month bring a joy, good health and wealth.

♡ Intan Rastini

Happy 7 months Kavindra!

Ini late post banget namanya, mah… kenapa? Karena adik udah 7 bulan lebih 1 minggu hari ini.

Huhihi… kerjaan mama sejak adik mulai MPASI yaitu: siapin bahan-masak-siapkan bubur-cuci peralatan-siapkan bahan ‘tuk selanjutnya-masak-blender-simpan-cuci peralatan makan.
Dan seterusnya dan seterusnya… berlangsung tiap hari. Apalago itu lho perabotan lenongnya adik abis masak&makan MPASI lumayan banyak jugaa ! Kudu cuci bersih trus tiriskan sampai kering. Kalo dilap pakai tisu dan serbet kan seratnya nempel di permukaan wadah makanannya.

Sekalinya jam makan… kakak Kalki dan adik Kavin perlu disuapin. Belum mama sendiri yang makan. Papa sih bisa gampang makannya. Kakak Kalki belum mahir makan sendiri… mudah-mudahan cepet bisa ya, sayang.

Aish ya capek ya repot mau nulis blog curi-curi waktu nih sambil nyusuin Bakabon Vindra. Pakai rambut mama dijambak ditarik-tarik segala! Soalya baru aja si Bakabon makan siang dengan gravy ati ayam buatan papa ditambah beras cokelat dan puree wortel plus minyak kelapa. Papa bantuin mama buat gravy ati ayam dini hari tuh. Paginya pas udah dingin gravy tinggal mama blender trus masukkin toples selai yang udah mama bersihkan dan rebus sebelum mau dipakai. Nah, tutup rapat lalu masuk deh 1 kotak makanan dan 1 cup pigeon mag mag isi Gravy ati ayam ke kulkas. Ada yang ke freezer 1 toples.

image

Oma bawa hadiah banyak banget buat Kalki dan Kavin salah satunya mainan pohon kayu ABCD 123 ini lalu juga baju-baju, legging, jeruk baby, kabocha, kacang hijau kupas, kacang merah, mangkok bayi dan semuaanya masih banyak lagi kasih..

Karena ngomongin MPASI bisa panjaaaang banget.. beralih yuk ke perkembangan Bakabon usia 7 bulan ini. Secara kalender Bali Kavin yang sipit seperti kartun Jepang Bakabon ini juga sudah 1 oton tanggal 9 November kemarin. Makanya papa dan mama juga masih sibuk beres-beres rumah dan peralatan masak sebelum dan sesudah upacara oton adik Kavin.

Astungkara acara oton Kavin berjalan dengan lancar. Keluarga saja yang cukup mengikuti prosesi upacara. Ada opa, oma dari surabaya dan nini dalung juga datang dari Banyuwangi abis nengok adik Khanza. Lalu makciek Ratih dan Iqbal. Ada Tude Jaya dan Meisinar juga. karena otonnya hari Senin banyak yang udah datang duluan pas hari Sabtu dan Minggu. Ceritanya bisa di post terpisah ya.. kalau sempat, euy

Adik Kavin Bonbon udah bisa duduk pas 7 bulan lebih 3 hari. Dia udah duduk sendiri, bukan diposisikan duduk. Lah kalo diposisikan duduk oleh ortunya emang udah bisa sejak jalan 6 bulan.

Adik lagi tumbuh gigi! Pertama gigi seri bawah yang kiri udah berhasil muncul ujungnya semua. Sekarang bakalan muncul sebelah kanannya. Semua digigitin nih… pundak mama, paha kakak Kalki, mainan, karet rambut mama, jepitan rambut, pinggiran ember… hihi…

Ngoceh babbling lucu banget. Kalo marah bisa mengerang kayak suara mesin motor. Trus udah bisa cetak cetak pakai lidahnya. Ctk ctk ctk gitu bunyinya sejak dikasi maem agar2 markisa hehe… memekik girang, ketawa, bergumam, brrtt main ludah juga asik sendiri.

Kavin udah makin kenceng merayapnya dan kayaknya bakal mau merangkak nih… tapi kebanyakan kalo dia nemu pegangan kokoh malah bagun n’ berdiri deh jadinya. Seperti kalo dimasukkan ke ember buat maem karena mamanya ga bisa megangin sendirian karena ga punya bouncer, highchair, bumboo chair dan lain-lain itu.. adanya dia malah pegangan bibir ember dan berdiri!

Ada aja yang menarik perhatiannya. Semut kecil di lantai juga di tepok-tepok gemes. Kakaknya masih bobok, pipinya ditepokin biar bangun. Hahaha Gantian. Kalo adik tidur lah kakaknya kadang pingin adiknya bangun. HP ada suara musik anak-anak atau enggak juga pingin diambil. Bahaya… kakak Kalki aja udah cukup sering banting atau jatohin HP apalagi kalo baby Kavin yang pegang?! HP itu udah cukup lah copot batere, simcard atau memory card gara-gara nggak ngontak pasca dijatohin bocah Kalki… jadi jangan lagi ditambah oleh Kavin.

Kavin seneng banget diajak main oleh kakaknya. Main ciluk ba di jendela, kakaknya di luar lari-larian dan adik di kamar, mereka ketawa-ketiwi saat bertatap muka di jendela. Main air pas mandi, adiknya udah mencoba berdiri-berdiri lihat kakaknya main air di ember lainnya pakai selang dan ember itu udah diisi penuh mainan plastik kakak kalki kayak bola, bebek plastik, gayung, botol-botol shampo dan sabun bayi yang udah kosong ck ck ck. Lalu main mobil-mobilan di lantai dan di gelebeg. Kalo main di lantai ini adik baru-baru aja setelah oton. Karena udah upacara jadi bisa main di lantai. Seperti abis upacara turun tanah bagi bayi gitu.

Lihat orang banyak si Kavin sih tetap kalem selama masih digendong orang tuanya. Tapi kalo udah orang yang baru2 aja dia lihat coba menggendong.. dia mewek trus nangis. Masih butuh penyesuaian. Seperti oma yang baru datang, pertama kali nggendong masih nangis minta mama atau papanya tapi lama2 udah mau. Setelah kenal jadi lengket lah sama omanya…

image

Kami sempat rekreasi keluarga ke Bedugul. Pasar Pancasari dan Kebun Raya Bali. Si Kalki dan Kavin fine.. selama perjalanan nggak rewel malah dapat tidur. Ini baru pertama kali, lho jalan-jalan piknik sekeluarga yang ditemanin opa dan oma karena kami jarang-jarang bisa pergi sekeluarga apalagi bawa balita dan bayi sekaligus. Opa yang nyetir selama perjalanan dan oma membantu ngemong gantian Kalki atau Kavin.

image

Senangnya bisa dapat kesempatan melakukan perjalanan ke Kebun Raya Bali di Bedugul karena ada Opa dan Oma. Transport dan makanan aman. Pas perjalanan sempat hujan, sempat sedikit kesasar lalu tanya penduduk setempat yang ramah-ramah. Tapi akhirnya kami sampai ke tujuan dengan selamat dan anak-anak masih cukup riang. Kami dapat suasana sejuk pegunungan dan penyegaran pikiran selama abis beberes di rumah toh.

image

Ini Kalki lihat kelinci di pasar Pancasari Bedugul. Kalem banget, sementara adiknya digendong oma beli buah markisa, buah salju, stroberi, brokoli dan jagung rebus.

Nah cerita masih banyak dan fotonya juga. Tapi cuma bisa pilih beberapa aja biar bisa keupload dengan baik. Nanti dilanjutkan lagi ya… dan selamat 7 bulan adik Kavindra sayang! Semoga sehat selalu dan makannya makin pinter. Mwuah… ★★☆☆★★☆

♡ Intan Rastini

Love You Papa Kalvin

Papa n’ Kalki… Also Kavindra…
Selamat hari Sugihan Bali.
Semoga rahayu dan sejahtera. Semoga selalu sehat buat papa Kalvin, kakak Kalki dan adik Vin. Mama sayang kalian, dan ingin kalian semua bahagia.

Hari ini Kalki sembahyang ke pura bersama papa dan pekak. Sementara adik nunggu di rumah bersama mama. Mama belum mandiin adik karena adik masih bobok dan mama butuh bantuan papa untuk megangin berdua karena adik mau keramas. Adik pipinya adik rekahan kemerahan yang melebar, mama sedih.. Kata dokter anak di Tabanan itu jamur, tapi setelah dikasi salep Miconazole belum hilang malah seperti melebar dan nambah 😦 . Kata mbah disini itu “upihan”. Kemarin waktu vaksin adik yang kedua bersama kakak Kalki vaksin campak booster, mamanya Fujiani bilang seperti “tilas”. Hari ini mau diperiksakan ke bidan di pustu. Semoga cepat sehat lagi kulitnya adik Vin sayang.

Mama ingin kita sekeluarga sembahyang sama-sama. Sayangnya adik masih kecil dan kakak Kalki juga belum bisa kalem dan tenang kalo di tempat umum. Kasian papa saat jagain kakak Kalki sampai kesana-kesini ngejar dan membujuk kakak Kalki supaya nggak mengganggu anak atau orang lain apalagi yang lagi makan, karena makanannya orang mengundang Kalki untuk mengambil “curious or hungry, maybe?”.

Kakak Kalki juga suka sedikit tepuk-tepukin kepala adik atau tangan dan kakinya. Kasian adik yang masih kecil cuma diem aja kan ga bisa menghindar. Kemarin malam adik Vin mau ditutup bantal sama kakak Kalki T_T ya ampun. Mama marah banget sampai saking kesalnya membuat kakak Kalki sedih. Mama harus jaga adik, papa harus jaga kakak. Semangat! Semangat! Semangat!

Oh ya kakak Kalki dan mama juga suka nonton Balveer sekarang. Semoga bahagia, semoga bahagia semua… 🙂

“2” Ucapan Ulang Tahun dari Papa

“Tebak siapa yang hari ini ulang tahun? Hayoooo siapa yang bisa menebak dengan tepat!?”

“Aaaaauuuuuu… Aaaaauuuuu..!” Suara adik Kavindra menyahut.

“Iyaaaa benaarrrr, Adik Kavindra!!! Hari ini kakak Kalki ulang tahun yang ke-2!” Kata Papa,
“Semoga Kakak Kalki sehat dan kuat! Dan belajar Bahasaaa Indooneesiiaaa… Karena bahasa ‘George’ tidak dimengerti oleh Papa..
Sekali lagi SELAMAT ULANG TAHUN YANG KE-2 untuk KALKI a.ƙ.a GUSCIL a.ƙ.a TEMON yang GANTENG”

Sayang,
Papa Kalki.