Rangkaian Perawatan Kulit dari Cokelat oleh Sensatia Botanicals

Selamat hari cokelat sedunia!

Pada tanggal 7 Juli 2020 kemarin adalah hari cokelat sedunia. Memperingati hari cokelat tersebut saya ingin produk-produk cokelat dari dalam negeri lebih dihargai lagi daripada produk impor. Produk olahan dari biji kakao tidak hanya cokelat batang dan bubuk kokoa, tetapi lemak cokelat atau cocoa butter itu bisa diolah juga di dunia kecantikan menjadi pelembab kulit, pelembab bibir, bahan penunjang sabun, shampoo, sunscreen dan juga lip cream . Ekstrak dan minyak atsiri dari cokelat pun bisa digunakan menjadi aromaterapi atau bahan parfum. Saya suka banget makan cokelat. Selain itu saya juga suka menggunakan produk perawatan tubuh dari bahan baku cokelat. Suami saya sendiri kebetulan adalah seorang petani cokelat.

Tugu buah kakao di desa Gadung Sari, Selemadeg Timur, Tabanan – Bali

Setelah mengulas Yagi Natural sebagai brand yang khusus mempergunakan cokelat sebagai bahan bakunya, kali ini saya akan menceritakan pula pengalaman menggunakan Sensatia Botanicals yang juga mengeluarkan produk berbahan baku lemak cokelat. Yang saya tau Sensatia Botanicals punya 3 produk dengan bahan baku cokelat, yaitu Phenomenal Cacao Body Butter, Coffee & Cacao Brown Sugar Scrub, dan Cocoa & Honey Lip Bliss. Kebetulan saya sempat mencoba body butter dan body scrub saja, kalau pelembab bibir Cocoa & Honey Lip Bliss belum pernah coba. Jadi yang bisa saya ulas adalah yang pernah saya coba dulu.

Perhatian! Semua produk ini mengandung cokelat

Oh ya, sebagian besar klaim dari Sensatia Botanicals untuk produk-produknya adalah cocok untuk ibu hamil dan menyusui. Cocok untuk vegetarian dan vegan (kecuali yang mengandung beeswax). Tidak melalui uji coba terhadap hewan. Tanpa bahan yang membahayakan eksistensi terumbu karang. Tersertifikasi halal. Produk Sensatia Botanicals adalah produk perawatan tubuh berbahan alami dan ramah lingkungan buatan lokal dari Bali. Diproduksi PT. Sensatia Botanicals, di Jl. Pantai Jasri No. 720, Jasri Kelod, Karangasem, Bali, Indonesia 80813. Salah satu produk lokal dari Bali favorit saya.

Sensatia Botanicals Coffee & Cacao Brown Sugar Scrub

Contains active plant botanicals of:
cocoa seed | vanilla bean | coffee
100% pure composition

Isi: 10.6 oz./ 300gr
Harga: Rp 300.000
Kemasan: wadah plastik yang bisa dikembalikan lagi ke toko Sensatia Botanicals untuk poin atau stiker diskon
Masa optimal setelah dibuka/PAO: 6 bulan

Bahan: Sucrose (brown sugar), Vegetable Glycerin, Decyl Glucoside, Disodium Laureth Sulfosuccinate, Cocamidopropyl Betaine, Coffea arabica seed (coffee) powder, dessicated Cocos nucifera (coconut) fruit, Butyrospermum parkii (shea) butter, Cera alba (beeswax), Cetyl Alcohol, Pachyrrhizus erosus (jicama) root extract, Vanilla planifolia extract, Theobroma cacao (cocoa) seed extract, Coffea arabica (coffee) oil, Cananga odorata (ylang ylang) flower oil, *linalool. *Occurs naturally in essential oils. POM NA18170701320

Cara Pakai: Gosok pada kulit yang lembab atau setengah basah dari leher ke ujung kaki. Bilas secara menyeluruh dan keringkan kulit setelah selesai.

Saya suka banget scrub ini karena lagi-lagi dan tentu tanpa microbeads dari plastik! Bahan-bahan butiran scrubnya adalah dari brown sugar dan serpihan biji kopi. Selain itu ada juga buah kelapa kering dan diperkaya dengan ekstrak bengkuang, vanilla, dan minyak bunga ylang ylang. Aromanya bagaimana? Enak! Aroma kopi yang manis. Cukup awet juga menemani saya selama ini sampai saya bawa-bawa saat pulang kampung ke Sekartaji sehingga saat menginap di sana saya bisa manjain diri dengan menyempatkan luluran. Pakai dari awal November 2019 hingga akhir Maret 2020 jadi dia bertahan sekitar 5 bulan membantu merawat kulit saya 😊.

Konsistensi scrubnya merupakan liquid yang kental. Jadi seperti lumeran gula dengan tekstur bergranula. Saat dibalurkan di kulit tidak mudah jatuh scrubnya karena berupa cairan yang kental. Selain itu karena mengandung gula, akan terasa lengket di kulit. Tapi taukah kalian, setelah scrubbing rasanya kulit bener-bener bersih dan mulus! Sungguh kalau kulit diusap sensasinya beda banget dibanding sebelumnya, terasa lebih halusssss licin banget. Karena apa? Karena menurut saya scrub ini bertindak mirip seperti sugar wax! Oh, sungguh enak banget after feel dari scrub ini. Mungkin rambut-rambut halus di kulit juga ada yang terangkat? Tapi nggak sampai semua rambut di kaki saya jadi hilang juga.

Selama scrubbing, saya bisa lihat langsung itu butiran-butiran kopi dan mungkin juga butiran kelapa di kulit saya. Selama badan setengah basah akan gampang dalam menggosok untuk mengeksfoliasi kulit-kulit mati yang menyebabkan kekusaman. Berbeda dengan scrub dari garam, scrub ini rasanya manis, ya. Hihihi iya saya pernah nyicip sedikit soalnya saya tempelin juga di wajah dan bibir. Kalau pakai scrub berbahan garam di bibir, aduh lama-lama bibir akan terasa tebal. Kalau pakai brown sugar scrub ini di bibir jelas enggak. Jadi enak banget, bisa digosok juga sampai kadar air di kulit berkurang tapi akan menjadi sangat lengket dan jadi lebih effort untuk menggosok kulit. Tapi bagi saya itu sepadan dengan hasil kulit kinclong dan mulus yang akan didapat setelahnya.

Sensatia Botanicals Phenomenal Cacao Body Butter

Contains active plant botanicals of:
cacao seed | vanilla | shea nut
100% pure composition

Isi: 8.8 oz./ 250gr
Harga: Rp 280.000
Kemasan: wadah plastik yang bisa dikembalikan lagi ke toko Sensatia Botanicals untuk poin atau stiker diskon
Masa optimal setelah dibuka/PAO: 6 bulan

Bahan: Water (aqua), Cocos nucifera (coconut) oil, Cetearyl Glucoside & Sorbitan Olivate, Theobroma cacao (cocoa) seed butter, Aleurites Moluccana (kukui) nut oil, Butyrospermum parkii (shea) butter, Cera alba (beeswax), Theobroma cacao (cocoa) seed extract, Triticum vulgare (wheat) germ oil, Zea mays (corn) starch, Sodium Citrate, Benzyl Alcohol & Benzoic Acid & Dehydroacetic Acid, Tocopherol (vitamin E), Xanthomonas campestris (xanthan) gum, Citric Acid, Vanilla planifolia extract, Cedrus deodora (cedarwood) oil, Santalum album (sandalwood) oil, Lavandula angustifolia (lavender) extract, pelargonium graveolens (geranium) oil, *Linalool, Rosmarinus officinalis (rosemary) extract, *Citronellol, *Coumarin, *Geraniol, *Limonene. *Occurs naturally in essential oils. POM NA18180104180

Cara Pakai: gunakan sehari-hari saat diperlukan atau 2-3 kali semingu untuk mendapatkan kondisi kulit terbaik. Gosok pada kulit yang telah dibersihkan dari leher hingga jari kaki, konsentrasikan pada area yang kering seperti siku, lutut dan kaki.

Whoah banyak juga bahannya. Yang selama ini saya tidak aware adalah begitu kaya ekstrak dan minyak atsiri yang dipakai. Ada cedarwood, sandalwood, lavender, geranium, dan rosemary. Saya kira cuma cocoa butter, shea butter dan ekstrak vanilla saja. Wanginya sudah tentu creamy banget! Kalau saya nggak bikin review ini dan nggak nulis semua bahan yang tercantum dalam kemasan, mana bakalan ngeh kalau ada bahan-bahan lain yang turut memberi sumbangsih dalam aroma yang super creamy ini. Saya suka banget dengan aromanya. Tidak dominan aroma lemak cokelat, tapi ada sentuhan vanilla yang tercium manis seperti krim kue.

Untuk konsistensi, body butter ini tidak terlalu padat buttery tapi lebih ke creamy. Lembut banget krimnya dan mudah diaplikasikan ke kulit, teksturnya rich berwarna krem tetapi juga terasa ringan dan cepat meresap. Body butter ini juga dapat menjaga kelembaban kulit saya dengan baik. Pokoknya bikin saya jatuh hati. Cinta banget sama produk ini.

Ini isinya lumayan banyak. Saya pakai dari tanggal 8 Januari 2020 dan habis pada 17 Mei 2020. Jadi body butter 250 gr ini habis dalam kurun waktu kira-kira 4 bulan lebih 9 hari. Itu juga saya suka pakainya diolesin banyak-banyak, lho. Mungkin kalian bisa pakai lebih irit lagi sampai 6 bulan hihihi…

Bagaimanapun sungguh sayang, kedua produk Sensatia Botanicals Cacao ini sudah discontinue atau tidak diproduksi lagi. Mohon maaf ya, sepertinya kita tidak akan pernah mencoba lagi kedua produk Sensatia Botanicals ini… Saya sendiri sangat kecewa. Kenapa juga berhenti diproduksi padahal saya suka dan puas dengan performanya.

Terakhir saya beli kedua produk tersebut 27 Oktober 2019 di Blibli dengan diskon sebesar 50%. Belinya bareng Sensatia Botanicals Rosemary & Lavender Tea Tree Soap (125gr) tapi sabunnya nggak diskon. Ada diskon itu karena mereka sudah mau ngabisin persedian terakhir. Setelah itu udah nggak ada lagi, deh. Hikss hikss…. Sensatia tolong produksi lagi dong rangkaian produk perawatan kulit dari cacao. Ayo support lagi dong, petani kakao di Bali dengan mengolah bahan baku kokoa menjadi produk perawatan tubuh yang alami, etis, dan ramah lingkungan.

Ngomong-ngomong, bagaimana caramu merayakan hari cokelat sedunia? Karena saya penikmat cokelat, saya beli cokelat lokal dari Bali yaitu Pod Chocolate Bali :).

❤️ Intan Rastini.

4 thoughts on “Rangkaian Perawatan Kulit dari Cokelat oleh Sensatia Botanicals

  1. Ya ampuuun mba, baru juga aku mau lgs nyari di marketplace produk sensatia yg coklat ini, pas baca akhirnya udh discontinue lgs kecewaaa -_- .

    Aku sukaaaa produk2 sensatia Botanica. Pas ke Bali tahun lalu Ama kantor, ada bos ku yg rada melambai , minta mampir ke sensatia di Bali, yg kebetulan kami lewatin. Dari situ aku lgs suka Ama produk2nya dia.

    Trus staycation di hotel yg trakhir aku inapin, sabunnya sensatia Botanica doooong. Ya ampuuun seneng bangettttttt. Enaaak itu wanginya. Bikin tenang dan rileks Krn banyak kandungan aromaterapi.

    Kebayang sih kalo yg coklat ini bakal bikin LBH rileks.

  2. Aduhhh sebagai pecinta cokelat kayaknya ini luluran beneran deh komposisi nya bayanginya aja udah adem dan seger… Saya suka mba produk lokal tapi suka shock dengan harganya, semoga nanti bisa coba dan Review juga deh biar kerennn kayak Mba Intan 😘

    • Saya juga kadang suka shock dengan harganya. Jadi belinya pas bener-bener udah abis. Atau nunggu pas diskon gitu 😀 Terima kasih. Mbak Sandra juga keren kok dengan review dan karya-karya seninya.

Thank you for reading my post, hope you enjoy it. Please... don't type an active link in the comment, because it will be marked as a spam automatically. I'd love to visit your blog if you fill the "website" form :)