Mengatasi Permasalahan Kulit Anak dengan Botanina All Purpose Healing Salve

Ada perbedaan ketahanan kulit antara Kalki dan Kavin. Kalau Kalki sering digigitin nyamuk sampai bentol-bentol banyak sedangkan Kavin kayak ga mempan digigitin nyamuk. Kulit kaki Kalki tuh lebih banyak bentol dan luka bekas garukan akibat gigitan nyamuk, kalau kulit kaki adiknya lebih mulus. Padahal anak-anak ya sama aja, kalau gatal ga tahan buat garuk tapi ternyata ketahanan kulitnya beda.

Karena kulit Kalki rentan koreng, saya udah sering anjurkan supaya jangan digaruk kalau gatal, coba ditahan sambil dielus aja. Karena kakinya udah banyak koleksi bekas luka akibat garukan di bentol gigitan nyamuk, ya jangan sampai nambah lagi. Tapi ya namanya anak-anak, suka nggak tahan godaan menggaruk, gitu… Gigitan nyamuk yang harusnya cuma bentol aja, malah jadi berdarah karena jadi luka terbuka. Selain itu kakak Kalki kan aktif suka main, jadi luka yang kecil-kecil dan banyak itu rentan kena kotoran dan debu. Kalau mau diplester ya kebanyakan.

Untuk itu saya cari solusi untuk permasalahan kulit Kalki supaya cepat sembuh. Ketemu lah dengan produk Botanina All Purpose Healing. Awalnya baca-baca gitu dari Instagram trus lihat-lihat di web marketplace sambil baca-baca review pembeli. Eh, kebetulan saat itu produk All Purpose Healing ada yang kemasan roll-on dan sedang habis lalu mau ganti produksi ke bentuk balm atau salve pakai aluminium container.

Untuk dapetin All Purpose Healing Botanina dalam bentuk balm ini, saat itu saya harus pre-order dulu di akun Shopee Botanina. Tapi ternyata pre-ordernya nggak lama, ada cuma 4 hari, produk udah dikirim ke alamat. Saat saya beli produk All Purpose Healing saya juga beli Comforting Kid Oil. Beli bulan Desember tahun 2019 lalu, harga All Purpose Healing Rp65.000. Sekarang harganya Rp75.000.

Jadi udah berapa lama tuh pakai All Purpose Healing? Dari tanggal 21 Desember 2019 sampai akhir Maret 2020, jadi udah 3 bulan pakai All Purpose Healing dengan netto 15 ml. Saat itu pakainya intens sekali untuk bentol gigitan nyamuk dan luka dari gigitan nyamuk yang digaruk pada kulit Kalki dan Kavin. Hampir setiap hari pakai setelah sehabis mandi. Dan emang manjur banget bentol-bentol itu jadi nggak gatal.

So far, lebih berkurang luka bekas garukan di kulit Kalki. Kalau dia udah digigit nyamuk atau serangga, bisa tuh langsung diolesin All Purpose Healing supaya jangan sampai terlanjur gatal ntar dia malah jadi nggak tahan buat garuk. Selain untuk Kalki dan Kavin, mama dan papa juga pakai, lho! Saya dan suami juga kalau digigit nyamuk atau ke kebun dan digigit tungau (yang bikin gatal banget di kulit), bisa langsung pakai All Purpose Healing dan terasa tidak mengganggu lagi gatal di kulit.

Malah menurut kami kalau kulit sudah dihinggapi tungau dari kebun, biasanya karena semak di kebun udah rapat dan tinggi, rasanya bisa lebih gatal daripada digigit nyamuk! Rasa gatalnya udah paling ganggu banget, deh! Kulit jadi kemerahan dan bisa membengkak. Nah, All Purpose Healing Botanina ini membantu banget untuk meredakan serangan tungau, gatal jadi berkurang dan bengkak jadi kempes.

Selain untuk meredakan gatal di kulit, kami juga sempat menggunakan All Purpose Healing ini untuk luka minor. Nah itu tadi, bekas gigitan nyamuk Kalki kan ada yang sudah menjadi luka terbuka, jadi saya oleskan aja semua, baik yang masih berupa bentol atau yang sudah jadi luka. Nggak masalah. Bahannya aman dan alami, cocok banget untuk kesehatan kulit keluarga. Saya pun juga pakai untuk luka kecil di jari akibat teriris pisau, luka goresan, bahkan untuk lebam atau memar pun manjur. Luka jadi cepat sembuh dan bengkak memar cepat mereda.

Multifungsi banget ya… Ada lagi kegunaannya bagi keluarga saya. Pernah, anak-anak terserang bisul, gitu. Kayaknya karena alergi, tapi penjelasan yang pasti saya nggak paham. Udah diperiksakan ke dokter juga, saya tanya apa bedanya bisul dan jerawat. Dokter bilang sama aja. Hmm… ini bisulnya pada Kalki dan Kavin bakalan membesar dan pecah keluar isi seperti darah dan cairan putih seperti nanah atau darah kotor. Saya oleskan juga All Purpose Healing ke bisul-bisul Kalki dan Kavin.

Bisul anak-anak sudah mereda dibantu pengobatan dari dokter dan All Purpose Healing salve. Kini saya udah pakai All Purpose Healing yang kedua, bukanya tanggal 23 Maret 2020. Memang setiap saya buka produk berbahan alami gitu, saya kasi tanggal di kemasannya supaya tau produk ini sudah terbuka sejak kapan. Apalagi meski expirednya masih lama, produk itu ada masa aman dipakainya saat sudah terbuka. Contohnya produk All Purpose Healing salve ini jika sudah terbuka masa pakainya optimalnya adalah untuk 12 bulan.

All Purpose Healing salve yang kedua ini agak lebih lambat habisnya, karena permasalahan kulit yang memerlukan olesan intensif sudah mereda. Udah dua bulan dibuka tapi isi masih full, kayaknya bisa lebih dari tiga bulan awet, nih. Masih sesekali saya pakai juga untuk ngobati memar dan luka minor. Dan satu lagi, jerawat! Ada beberapa kali saya jerawatan di kulit ketiak dan kulit kepala, rasanya jerawatan di area tersebut itu nyeri disertai gatal. Ternyata kempes dan reda, lho, diolesin All Purpose Healing Botanina ini. Tapi untuk jerawat di wajah, saya belum pernah coba ya…

Balmnya berwarna kuning kecokelatan, baunya seperti jamu dan tidak terlalu menyengat atau mengganggu bagi saya. Bagi Kavin relatif netral baunya. Bagi Kalki yang sensitif hidungnya, dia agak terganggu dengan baunya. Balmnya tidak terasa panas, maupun sejuk. Kalau dioles ke luka juga sama sekali tidak perih. Hanya akan terasa berminyak sebentar lalu tidak lama akan terserap oleh kulit.

Berikut ini keterangan produk yang saya ambil dari situs Botanina.com:

Produk ini memiliki manfaat anti bakteri, anti jamur, antiseptik, anti inflamasi, analgesik, dan regenerasi jaringan kulit.

USIA PENGGUNA : Semua Usia

CARA PENGGUNAAN: oles secukupnya 3-4x sehari pada luka iris, memar, gigitan serangga, sengatan lebah, eksim, luka bakar minor, gatal alergi, terbakar matahari, iritasi, campak, cacar air, racun tanaman. Hanya untuk pemakaian luar.

KANDUNGAN BAHAN: Beeswax (Cera alba), Cocoa (Theobroma cacao) Butter, Coconut (Cocos Nucifera) Oil, Moringa (Moringa oleifera) Oil, Jojoba (Simmondsia chinensis) Oil, Oatmeal (Avena sativa) Extract, Calendula (Calendula officinalis) Extract, Lavender (Lavandula angustifolia) Oil, Tea Tree (Melaleuca alternifolia) Oil, Frankincense (Boswellia serrata) Oil, Lemon (Citrus limonum) Oil, Tocopherol Vit E.

MASA OPTIMAL: 12 bulan

UKURAN: 15 ml

Tulisan ini berdasarkan pengalaman reaksi kulit anak-anak dan keluarga saya. Semoga bisa membantu keluarga lainnya yang perlu referensi salve atau balm alami sebagai obat permasalahan kulit keluarga. Kalau saya dan keluarga puas banget dengan adanya All Purpose Healing salve dari botanina sebagai bagian dari P3K. Sayang, harganya udah naik 10.000 rupiah hihihi… Lalu kemasan wadah kosongnya saya gunakan buat menyimpan benih bunga matahari yang mau ditanam.

❤️ Intan Rastini.

2 thoughts on “Mengatasi Permasalahan Kulit Anak dengan Botanina All Purpose Healing Salve

Thank you for reading my post, hope you enjoy it. Please... don't type an active link in the comment, because it will be marked as a spam automatically. I'd love to visit your blog if you fill the "website" form :)