Pengalaman Berhenti Merokok Suami

Saya beruntung mendapatkan seorang pacar perokok tapi rela meninggalkan kebiasaan merokoknya demi saya. Saat saya pertama kali mengenal pacar saya, dia adalah seorang perokok aktif dengan jenis rokok yang bagi saya adalah rokok kelas berat karena baunya yang sangat keras.

Pengalaman merokoknya dimulai saat ia tinggal di Surabaya. Ia sekedar mencoba-coba bersama teman-teman sekolahnya di bangku kelas 4 SD. Katanya, saat itu dia dan teman-temannya hanya memuaskan rasa ingin tahu terhadap rokok. Saat kelas 6 SD ia harus pindah ke Jakarta, dan di lingkungan Jakarta pun ia tetap mencoba-coba rokok bersama teman-temannya yang baru. Tapi itu belum bisa dikatakan sebagai perokok aktif, kenangnya, karena ia hanya kadang-kadang saja merokok untuk “have fun”.

Pacar saya mengaku mulai menjadi perokok aktif saat duduk di kelas 3 SMP. Saat itu ia merokok sembunyi-sembunyi karena tidak diijinkan oleh orang tuanya tentu saja. Setiap hari ia menyisihkan uang transport hanya untuk membeli rokok. Sampai dibela-belain naik bis menyelundup agar tidak bayar, dan uang untuk bayar bis bisa dipakai untuk beli rokok! Saat itu ia rutin mengonsumsi 1 batang rokok per hari. Saat yang menyenangkan untuk menghisap rokoknya adalah setelah pulang sekolah sambil nongkrong bersama teman-teman. Ia mengaku, saat masih muda memang rasa ingin tahunya besar untuk mencoba apalagi jika lingkungan mendukung, yaitu memiliki teman-teman yang merokok.

mahameru 024

Suami saya yang lagi duduk ngisep udud

Bagi dia, tanpa iklan pun image rokok memang sudah keren di mata anak-anak muda. Apalagi remaja memiliki jiwa pemberontak, terhadap sesuatu yang dilarang mereka justru ingin mencobanya. Saat ngumpul-ngumpul pun pacar saya mengakui lebih asyik jika sambil merokok. Kebiasaan pacar saya berlanjut sampai SMA, ia tetap merokok dan nongkrong-nongkrong iseng dengan teman-temannya. Ibunya pun mau tak mau memberi dia ijin untuk merokok di rumah tapi cukup 3 kali saja dalam sehari yaitu sehabis makan. Tak terhindarkan pula pacar saya minum minuman beralkohol dan juga mencoba nyimeng atau menghisap ganja.

Lalu saat ia kuliah di Bali, ia merasakan kebebasan yang lebih untuk merokok. Karena selain jauh dari orang tua, ia juga telah berada di lingkungan berbeda dari sekolah menengah yang jelas melarang para siswanya merokok. Dari orang tua ia mendapatkan uang saku bulanan dan itu ia atur untuk membeli persediaan rokok selama sebulan. Sempat juga ia membeli kertas rokok dan tembakau secara terpisah untuk menghemat persediaan rokoknya. Sebab jika ia memiliki persediaan rokok batangan, teman-teman kuliahnya bisa dengan mudah meminta 1-2 batang dan bila dibiarkan terus-menerus persediaan rokoknya bisa habis tidak sampai sebulan.

Saat liburan kuliah tahun 1992, pacar saya pernah terkena flu parah selama seminggu. Saat sakit ia merasakan merokok itu tidak enak! Akibatnya dia berhenti merokok selama 3 bulan saja. Lalu anehnya pada tahun 1999 ia sempat juga bisa berhenti merokok selama setahun. Gaya hidupnya pada saat itu menjadi sehat karena ia jogging setiap sore dan juga bermain basket. Ia merasakan saat berhenti merokok tahun itu di Jakarta, membuat napasnya bisa lebih panjang sehingga tidak mengganggu aktivitas jogging dan bermain basketnya. Dia kembali merokok lagi saat naik gunung bersama teman-teman bekas SMA dan kuliahnya. Saya juga heran mengapa dia kembali merokok justru saat beraktivitas naik gunung yang membutuhkan oksigen banyak!?

mahameru 025

Suami saya yang nggak pakai baju, tangannya pegang rokok

Saya bertemu dengan pacar saya saat di Jakarta, saat itu saya hendak mendaki gunung Papandayan di Garut. Saat bertemu dengannya dia masih saja aktif merokok. Saat kami mulai melakukan pendekatan, ia sudah tau bahwa saya sangat tidak suka rokok, perokok dan tidak bisa mentolerir asap rokok. Maka ia mencoba tidak merokok di dekat saya. Tidak jarang saya menyembunyikan rokoknya, bahkan membuang rokoknya ke dalam air supaya tidak bisa disulut dengan api. Ia sendiri tidak pernah marah atas kelakuan saya. Ia mengakui bahwa rokok itu tidak menyehatkan, tapi ia tidak bisa melawan zat adiktif yang membuatnya kecanduan.

Scan 028

Bersama teman-teman naik gunung: Rahardjo, Gede Agus (papa Kalki n’ Kavin), Teguh, Toto.

Akhirnya kami memutuskan untuk berpacaran. Saat berpacaran saya tidak mau membiarkan pacar saya mencium saya karena saya tidak tahan dengan bau rokok di mulutnya. Jangankan mulutnya, baju dan badannya pun bau tembakau! Dari situ ia mulai berusaha mengurangi kebiasaan merokoknya. Setelah berhasil tidak merokok ia akan meminta “reward”, alasannya karena sudah berhasil tidak merokok lagi seharian. Setelah itu ia juga jadi sering membeli permen mint sebagai subtitut rokok dan agar bau rokok di mulutnya tersamarkan.

IMG00308-20111209-1039

Hingga saat ini saya telah berkeluarga dan memiliki dua orang putra dari suami yang dulunya pacar saya itu, saya merasa bangga karena saya bisa mewujudkan keluarga yang sehat tanpa asap rokok. Saya sangat senang karena saat kami berpacaran dulu suami saya berhasil berhenti merokok sehingga tidak harus membawa kebiasaan buruknya di sekitar anak-anak kami sejak mereka bayi. Hebatnya lagi sejak berkeluarga, suami saya sudah tidak membutuhkan subsitut rokok dalam bentuk apapun.

SDC10144

With our first son, Kalki

*Cerita ini telah mendapat persetujuan dari suami saya untuk dipublikasikan. Awalnya cerita ini adalah untuk indonesiabebasrokok.org

If you support people to quit smoking or you have a smoking issue, please feel free to contact twitter: @BebasRokokID


Intan Rastini

Advertisements

My Foreign Friends

The worst part of my job is saying goodbye to the volunteers who have spent the amazing time with me and the kids in the learning center.

After Monique and Marijke from Netherland, Matti from Finland… There are coming another ones from all part of the world.

Natasha, Mette, me and Lizzie after the class

In the end of May, we welcomed the Scandinavian girls from Denmark, Mette and Natasha. Then Lizzie from UK and next Isabelle from France. But Lizzie and Isabelle only stayed for about 2 weeks. It was a short term but they were really nice. Lizzie told me about her family, about her younger brother, Sam. She showed me about England through Google map so we could see Buckingham Palaca in London and her home in Doncaster.

Isabelle taught me about French a little bit. Because her mother comes from Java, Indonesia, she can speak a little Indonesian too. She has an Indonesian middle name as well as her brother. Her name is Isabelle Sinta Larere, while her brother’s name is Olivier Indra Larere.

Mette and Natasha, the Danish girls will stay for 5 months. So it will be a long time until we can say goodbye to each other. We have ever gone fishing together to the local fishing pond in Angkah Pondok village, the neighbor of Samsaman village.

Kalki was fishing with Mette, Natasha, Ian and his mom

The next new volunteer in June was Ian from Hawaii. And then one week after Ian, came Lisa and Clem from France. They have spent their time teaching the kids at the learning center more than 2 weeks. Ian stayed for 4 weeks while the French girls only 3 weeks. On the day I first met Lisa and Clem, they asked for jogging after class. So we went jogging together with Ian, Mette and Natasha.

Our afternoon jogging was very nice. We ran downhill to the south until Angkah Tegeh village. Afterwards we had to run uphill on the way back and that was so tiring! We also went to the nearest waterfall with the kids. We did hiking to go there but it was worthy.

After Isabelle left, I was happy because I could still learn French from Lisa and Clem. Lisa and Clem taught me how to play Ligretto too. That playing card is really fun. I enjoyed playing with them during the break time and after class.

Because one of the volunteer had birthday on 22th of June, we made a surprise celebration for Ian’s 29th birthday. We smashed eggs, flour and water to his head so he became a birthday cake dough hahaha. We also let him blow a candle on a birthday cake. Then we ate the cake together.

Natasha, Clem, Ian, me and Lisa

The kid was having some fun with him!

On last Thursday, we went to Bali Botanical Garden and Ulun Danu Temple. Clem was really eager to see the temple on the lake. I invited Kalki to join our trip. Before we went back to the learning center we stopped by the Coffee Break to taste the Luwak Coffee. There were many taste of coffee and tea. Like cafe au chocolat, I mean chocolate coffee. Because I kept learning French with Lisa and Clem at that time. And then there were vanilla coffee, ginseng coffee, rosella tea, curcumin tea, ginger tea, mangosteen tea, and so on.

That was my last day with Lisa, Clem and Ian. We held a farewell party for them on thursday, so everyone could say goodbye. Lisa and Clem are sisters. They will go to Java to see Ijen Crater and other beautiful things in Java before they go back to Paris.

Lisa, me and Clem, sisters from French

I have felt the sadness of the farewell party about 4 times. The longer they stay and the better memories they left make it harder to say goodbye, you know. Then I have to get used to it, because it will happen again and again and again unless I quit my job or they stop the voluntary work at the learning center.

Some are leaving but some are coming. There are 4 more volunteers who have spent 1 week at the learning center. They are Shubhangi from Italy and the Spanish girls: Bianca, Sara and Carla. The Spanish girls are so young, about 18 years old. They will study in the university. On the other side, Shubhangi is a teacher in a private language school.

You will never know how happy I am when I get friends from the volunteers who come to the learning center. Because practically I don’t have intense friends in this village. The first volunteer I met was Monique and Marijke. Monique is like my mother while Marijke is like my grandmother due to their age, we had talked about this once. The next volunteers are still young and almost in the same age as me. So I feel compatible to hangout with them.

Me, Marijke, Monique, Oma Trudy and Mrs. Ketut

This is a quick cycle of meeting new people and saying goodbye to them. Just after they left, I miss them so bad. And then I believe I’ll be fine.

Posyandu Kenanga April 2017

Kavin

Weight: 11.6 kg (the same as last month)

Kalki

Weight: 16.7 kg

On Wednesday 12th of April, Kalki wasn’t attending Posyandu because that morning he had already gone to Surabaya with Oma and Opa. So I just made the note of his weight as 16.7 kg. It’s only more 0.1 kg than last month.

Kavin was attending Posyandu without his brother and it seemed he has no company to run around the Balai Banjar.

Moreover there was no mung bean for the children! We got nothing at the Posyandu. Huh no snacks at all for the toddlers! What a shame.

What I like at the Posyandu that time was just . . .  Kavin was volunteerly wanted to be scaled on his own. He approached the scale and with no fear and no cry was eager to be put on the scale cloth and being hung. He enjoyed the swing by being calm! Afterwards he didn’t want to give the scale cloth to me or his papa so he didn’t let the next toddler be scaled :D.

Kavin you did very good this time. We are proud of you, please gain more weight, baby. You are as cute as little Fero Walandouw as Papa said ahhaha 😀 Go grow well, stay healthy, stay handsome, be tough and get smarter, son. Love you….

Love, Mama.

Mochi Isi Kacang Merah

Mau coba bikin….. buat adik Kavin ultah nanti ♡♥

Clumsylicious Kitchen

Mochi pertama buatan Mama Rayyaan.

Beberapa hari lalu saya iseng-iseng membeli kue mochi di supermarket di kota saya. Wah ternyata lumayan mahal juga ya. Satu buah kue mochi yang bisa sekali dua kali hap langsung habis itu dihargai Rp 5.000. Rasanya memang enak walau isinya agak terlalu manis untuk saya. Selain itu bentuknya juga tidak bulat namun seperti dicetak, atau mungkin setelah diisi dan dibentuk bulatan, kuenya dicetak supaya bentuknya lebih menarik. Isinya juga bermacam-macam. Saya membeli mochi berwarna hijau yang berisi

View original post 610 more words

My 25 Birthday

Yesterday (10th of February) was a rainy day. I woke up early in the morning to prepare my sons’ needs like today’s breakfast and lunch also to check all the clothes and toiletries for them are well-packed to blue baby bag. That morning not really sunny… almost cloudy.

However, the night before I already prepared for the porridge in the slow cooker.
I couldn’t sleep early at night because I was happy enough knowing that I got a birthday present from my long time bestfriend since I was in the elementary school, Karina.

She is very generous by giving me a gift voucher to shop at a baby and kids shop on my birthday. Before that she already gave me a pack of baby and kids’ clothes for me. So the voucher shall be redeemed in the month of February. That’s why on my birthday I went to Denpasar city with my sons and my husband on that rainy weather. Wet wet and wet everywhere we walked. We had the trip from Tabanan to Denpasar by motorcycle with 4 persons on the ride.

image

I bought a nursing bra for myself and then I chose a wooden toy for my sons and… three bracelets of anti-mosquitoes. You know.. rainy season, wet everywhere.. prone to mosquitoes attack. I presented one pink anti-mosquitoes bracelet for baby Khanza, Kalki n’ Kavin got the yellow and green ones. Unfortunately we couldn’t afford to buy more for Iqbal 😦

We ate lunch at Tiara Dewata. Kalki was enthusiastic and he found new world of playing! First we took a shelter from the rain at the ATM center and to fed baby Kavin. Next we ate lunch at the food court together. I ordered a soto and a tahu campur at the Surabaya culinary kiosk for me and for my husband. While we were waiting… I bought a pair of potato doughnuts with grated cheese as the topping 🙂

Kalki was really hungry and he ate my husband’s soto and my lontong 🙂 he was very cute acting that he could eat by himself :’)

image

Mommy.. this is delicious, said Kalki in his heart

And we were proud of him. Because he tried to handle his meal on his own. He went to the wash basin to wash his hands by the help of his mom and dad. Until he found an automatic hand dryer machine.. he played it to dry his hands.. again and he tried again and again… Hihihi… we are so sorry for our katrok attitude… but we couldn’t help our son!

image

Papa, what's that... Kalki was in an awe

Next we walked around and we saw a play zone for kids! Of course Kalki was really eager to stay and look around. He saw the train and cars buzzing around and the noisy children sounds… whoaaa what a joyful zone here, he thought! There was a boom boom car and a pool of colorful balls and the trampolin zone! What can I say here to describe my children’s eyes of festive area like that?

This is my day, I thought. But that day went quite fast. Would my life went so fast just like on my birthday?

image

I’m turning 25 and I expect to do 25 things before the next 26

Thank you my husband to accompany me through the rain… taking care of me and most of all our sons. Be strong be strong sons!

image

We walked when the rain had stopped

image

The wooden toy: farm train for Kalki and Kavin from Alden

Thank you Anin, Medina and Karina… my elementary school bestfriends. Karina said we must be bestfriend trough all times ♡♡♡. Your nursing tops package as my birthday gift has arrived. And I really really love it. Your love and care make me believe that I still have good friends with good moments to share.

image

Kalki really likes the anti-mosquitoes bracelet. He wears it everytime he goes outdoor and at home

And thank you my family…  for the long lasting supports and energy. ♥♥

This is a late post and I regret I couldn’t post it on time.
Happy birthday also to Shankara, Iqbal and my Aunty ♡♥ long lasting love for you all. Many happy return of the days… and good bye February. May the new month bring a joy, good health and wealth.

♡ Intan Rastini

Piknik Sekeluarga Yippiee!

Pingin lagi jalan-jalan sekeluarga lengkap… huhuhuhu… terasa hanya sebentar. Makasih banyak ya opa dan oma. Waktu itu udah ajak ke danau Batur dan desa Panglipuran saat masih hamil Kavindra. Lalu saat Kavin udah bisa diajak pergi, kami diajak ke Bedugul di pasar Pancasari dan Kebun Raya. Lalu cussss ke Sekartaji nengok kumpi dan bli Eka disana.

image

image

Lebih banyak fotonya udah diupload ke instagram di @jessmite
Itu papa yang mengelola akunnya karena mama gak sempat blass.

Meluangkan waktu buat nulis masih sangat diusahakan disela-sela ngurusin anak. Tapi susahnya minta ampyun. Malem udah ngantuk banget udah itulah sisa waktu untuk istirahat aja.

Maybe my life becomes miserable since I have two sons… but they make me content and complete.

♡ Intan Rastini

Love You Papa Kalvin

Papa n’ Kalki… Also Kavindra…
Selamat hari Sugihan Bali.
Semoga rahayu dan sejahtera. Semoga selalu sehat buat papa Kalvin, kakak Kalki dan adik Vin. Mama sayang kalian, dan ingin kalian semua bahagia.

Hari ini Kalki sembahyang ke pura bersama papa dan pekak. Sementara adik nunggu di rumah bersama mama. Mama belum mandiin adik karena adik masih bobok dan mama butuh bantuan papa untuk megangin berdua karena adik mau keramas. Adik pipinya adik rekahan kemerahan yang melebar, mama sedih.. Kata dokter anak di Tabanan itu jamur, tapi setelah dikasi salep Miconazole belum hilang malah seperti melebar dan nambah 😦 . Kata mbah disini itu “upihan”. Kemarin waktu vaksin adik yang kedua bersama kakak Kalki vaksin campak booster, mamanya Fujiani bilang seperti “tilas”. Hari ini mau diperiksakan ke bidan di pustu. Semoga cepat sehat lagi kulitnya adik Vin sayang.

Mama ingin kita sekeluarga sembahyang sama-sama. Sayangnya adik masih kecil dan kakak Kalki juga belum bisa kalem dan tenang kalo di tempat umum. Kasian papa saat jagain kakak Kalki sampai kesana-kesini ngejar dan membujuk kakak Kalki supaya nggak mengganggu anak atau orang lain apalagi yang lagi makan, karena makanannya orang mengundang Kalki untuk mengambil “curious or hungry, maybe?”.

Kakak Kalki juga suka sedikit tepuk-tepukin kepala adik atau tangan dan kakinya. Kasian adik yang masih kecil cuma diem aja kan ga bisa menghindar. Kemarin malam adik Vin mau ditutup bantal sama kakak Kalki T_T ya ampun. Mama marah banget sampai saking kesalnya membuat kakak Kalki sedih. Mama harus jaga adik, papa harus jaga kakak. Semangat! Semangat! Semangat!

Oh ya kakak Kalki dan mama juga suka nonton Balveer sekarang. Semoga bahagia, semoga bahagia semua… 🙂