Cara membuat Chinese Dessert dari Peach Gum, Honey Locust dan Snow Bird Nest

Pengen coba juga gimana rasanya Chinese dessert yang lagi naik daun saat ini. Awalnya saya nyoba susu kedelai Naked Soy dengan tambahan topping peach gum rasanya enak juga sebagai pengganti bobba. Lalu akhirnya nyoba beli satu kemasan 3-in-1 isi peach gum, honey locust dan snow bird nest kering di Tokopedia.

Harga satu sachetnya Rp 10.000. Kemasannya mungil dan isinya udah tercampur jadi satu. Di dalam paketnya disertakan cara pembuatannya, sehingga saya tulis juga disini, nanti kalau kertasnya hilang, bisa buka blog saat lupa Langkah-langkahnya.

Langkah pembuatan:

1. Buka bungkus dan PISAHKAN peach gum, honey locust dan snow bird nest sendiri-sendiri kemudian rendam dengan air matang masing-masing selama sekitar 3-4 jam. Ganti air beberapa kali selama proses perendaman dan buang kotoran yang tersisa, rendam sampai benar-benar bersih. Peach gum, honey locust dan snow bird nest akan mengembang maksimal dan tidak keras lagi.

2. Tiriskan hasil rendaman peach gum, honey locust dan snow bird nest yang sudah benar-benar bersih.

Bersihkan jika ada kotoran saat perendaman

3. Isi panci dengan air matang untuk porsi 1-2 mangkuk lalu masukkan peach gum, honey locust dan rebus selama 10-15 menit. Pertama-tama masak dengan api besar sampai airnya mendidih, lalu setelah mendidih ubah menjadi api kecil. Jika suka, bisa juga ditambahkan goji berry (kici), lotus seed, red dates (hong zao), gula batu ke dalam air rebusan.

4.. Setelah 10-15 menit, masukkan snow bird nest dan rebus lagi selama 5 menit. Jangan memasak snow bird nest terlalu lama karena bisa hancur.

5. Angkat dari panci wadah dan siap disajikan. Jika suka, bisa juga ditambahkan susu, madu, atau santan sesuai selera. Apabila tidak habis dimakan, bisa ditaruh di lemari es untuk dinikmati nanti. Dingin malah tambah nikmat.

Catatan: Tao Jiao (peach gum) dan snow bird nest adalah sekresi getah alami yang diambil dari pohon dimana bisa menempel kulit kayu pohon dan kotoran lainnya. Hal ini adalah lumrah karena prosesnya alami terbentuk oleh alam, bukan kesengajaan. Kotoran ini akan jatuh secara otomatis setelah direndam lama, dan dapat diambil dengan pinset/sendok kecil.

Prosedur ini ditulis ulang dari catatan cara pembuatan yang diberikan oleh toko Nature Concept.

Saya sudah mencobanya dan berhasil. Ternyata cukup mudah padahal awalnya males pisah-pisahin dan tiriskan air berulang saat perendaman. Saat saya mencoba membuatnya, malah saya rendam semalaman di kulkas. Proses penirisannya pun saya lakukan 2-3 kali saja. Ada sedikit kotoran yang saya bersihkan. Setelah itu langsung masuk kulkas.

Keesokan paginya baru saya rebus. Saya tambahkan juga lotus seed, sedangkan goji berry juga diberikan oleh toko sebagai bonus tetapi udah dicemilin anak-anak duluan. Hihihi… Setelah di rebus, semua bahan bercampur jadi satu lalu saya tiriskan dan simpah ke kulkas. Saat mau makan chia pudding (cara pembuatan Chia Pudding juga sudah saya tulis di sini) atau makan buah potong, bahan penyusun Chinese dessert ini bisa ditambahkan untuk jadi pelengkap.

Rasanya hambar, ya. Karena saat merebus juga tidak saya tambahkan gula. Tapi kalau dimakan dengan buah potong yang manis, enak, kok! Sedikit kenyal dan lembut seperti agar-agar dan jelly. Oh ya, snow bird nest itu yang bentuknya memang bener kayak sarang, warnanya bening transparan, sedangkan locust honey itu yang bentuknya bongkahan putih. Kalau peach gum udah tau kan yang mana? Udah pernah coba belum Chinese dessert ini?

Kebetulan hari ini adalah Hari Hutan Indonesia, 7 Agustus 2020. Mari kita lestarikan kekayaan kita yang tak kalah penting. Karena tidak hanya produk kayu, produk getah pohon didapatnya juga dari hutan. Mari lestarikan hutan di negeri sendiri 🌳🌴.

❤️ Intan Rastini

8 thoughts on “Cara membuat Chinese Dessert dari Peach Gum, Honey Locust dan Snow Bird Nest

    • Bagi saya enak mbak, anak-anak pun juga suka. Kayak makan cincau gitu. Kalau udah direndam dan direbus nanti jadi ngembang maksimal dan dari 2 sachet kecil, saya bisa dapat 3 mangkok kurang lebih isi 250ml bahan Chinese dessertnya. Bisa disimpan di kulkas untuk 3 hari. Kalau mau dimakan bisa dicampur susu atau air gula. Kalau dimakan tanpa campuran rasanya cenderung hambar.

  1. Hai Intan itu beneran sarnag burung atau hanya namanya saja?, jadi keingat sarang burung walet yg bisa dimanfaatkan juga. Enak ya klo ada produk yg sdh dikemasa, prkatis, tinggal ikuti petunjuknya, sayapun kadang beli bahan bolu instan ga ribet nimbang2nya 😆 .

    • Hai mbak Nella. Sarang burung salju itu cuma nama aja, dia dari sekresi getah pohon. Karena bentuk getahnyanya kayak sarang burung makanya dinamakan demikian.

      Oh iya, namanya itu premix ya, udah dicampur takaran bahan-bahannya dari produsen jadi konsumen siap olah.

  2. Wah…blognya bagus mbak…kontennya mantap2….tinggal optimasi aja kayanya ini sih…maaf g nyambung komen saya…soalnya liat dari komen mbak ditetangga sebelah kok gaya tulisannya blogger banget jadi penasaran pengen liat blognya…ternyata memang ciamik kontennya….hehehe

Thank you for reading my post, hope you enjoy it. Please... don't type an active link in the comment, because it will be marked as a spam automatically. I'd love to visit your blog if you fill the "website" form :)

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s