Body Butter Whitening Buatan Lokal dari Embun Natural

Susah juga, lho, cari body butter berbahan alami yang juga punya manfaat mencerahkan kulit. Tapi ternyata saya bisa menemukannya dari brand pembuat produk bodycare lokal di Bali yaitu Embun Natural. Produk-produk Embun Natural ini handmade dari Bali. Tokonya ada di Ungasan, dekat GWK. Tepatnya di Jalan Bali Cliff No. 3, Bali 80361. Tapi saya belum pernah ke sana karena jauh banget dari rumah. Selama ini saya pernahnya beli secara online saja.

Gambar diambil dari akun Embun Natural di Shopee

Body Butter Whitening dari Embun Natural ini diperkaya dengan jicama extract untuk melembapkan dan mencerahkan kulit. Jicama dengan nama latin Pachyrhizus erosus merupakan umbi yang sudah kita kenal dengan khasiatnya mencerahkan kulit, yaitu bengkuang. Tanaman ini ternyata berasal dari Benua Amerika dan termasuk ke dalam polong-polongan, makanya sebutan lainnya dalam bahasa Inggris adalah yam bean. Secara umum juga dikenal sebagai jicama Mexican yam bean.

Bahan-bahan yang ada di dalam body butter ini ada apa saja?
Yang tertera pada label yang tertempel di kemasan kalengnya berikut ini adalah…
Ingredients: Coconut Oil, Olive Oil, Cocoa Butter, Shea Butter, Beeswax, Jicama Extract, Vitamin E.

Jadi ada minyak kelapa, lemak kakao, lemak yang diekstrak dari kacang pohon shea Afrika, lilin lebah, ekstrak bengkuang dan vitamin E. Bahannya tidak terlalu banyak, ya. Bagusnya tidak mengandung toxic or harsh chemical macam pelembap kulit konvensional. Sebagian besar bahan-bahan alaminya bermanfaat untuk melebapkan kulit dan juga bisa mengatasi permasalahan peradangan kulit ringan seperti ruam, eksim atau pun juga luka terbakar.

Saya suka banget ada cocoa butter di dalam body butter ini, karena saya suka panas-panasan terpapar sinar matahri gitu. Dan cocoa butter ini kaya akan senyawa tumbuhan alami yang disebut phytochemicals. Senyawa ini dapat memperbaiki aliran darah ke kulit dan melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar UV sehingga mampu memperlambat penuaan kulit. Kandungan senyawa polifenol juga dapat membantu mengurangi tanda-tanda penuaan dan degenerasi kulit.

Body Butter Embun ini dikemas dalam wadah kaleng dengan cat putih berdiameter 8,2 cm yang cukup lebar dan ketinggian 2 cm yang tidak terlalu tebal, jadi cukup ceper gitu. Isi netto 60 gram. Saya beli pada tanggal 22 Mei 2019 secara online melalui Shopee. Dan saat itu saya beli pas diskon dengan harga Rp87.500 dari harga Rp125.000. Pas beli, saya juga memesan serat sisal sebagai pouch sabun batangan untuk dipakai saat mandi sebagai soap saver sekaligus membantu menggosok badan saat sabun batangan udah tambah kecil dan licin sehingga susah dipegang. Harga serat sisalnya Rp29.900.

Aroma body butternya enak banget! Saya nggak bisa deskripsikan aromanya dengan pasti apakah ini aroma bengkuang tapi menurut saya kayak perpaduan aroma bunga juga dan aromanya ringan. Aromanya sangat feminin, lembut dan tidak menyengat. Bagi saya aroma ini menyenangkan.

Konsistensi butternya yang berwarna putih seperti lilin ini lembut, mudah untuk dicolek dari wadah dan diaplikasikan ke kulit. Saat diambil itu berasa buttery dan lumer di kulit. Meski akan terasa sedikit berminyak, tapi saya suka banget produk ini mudah diserap kulit dan tidak akan menyisakan kulit terasa licin. Body Butter ini akan membuat kulit lembap dan lembut. Berbeda dengan pelembap kulit konvensional produksi massal lainnya yang saya pernah pakai, jika terkena air akan terasa licin, kalau yang ini tidak.

Saya pakai Body Butter Whitening 60 gram ini habis dalam waktu 1,5 bulan. Apakah saya beli lagi setelah habis? Tidak. Soalnya, produk ini status stoknya jadi habis terus di Shopee. Saya nggak tau kenapa Embun Natural tidak mengisi kembali stok produk mereka yang ini di Shopee. Lalu baru-baru ini setelah saya download Tokopedia, ternyata produknya dijual juga di sana. Selain Body Butter Whitening, ada juga Body Butter Anti-aging Green Tea, dan juga Body Butter Firming Coffee dan Vanilla. Hmmm kopi dan vanila, terdengar yummy sekali, bagaimana ya aromanya?

Saya suka banget pakai produk-produk natural terutama produk yang dikonsumsi langsung ke badan kita. Produk perawatan tubuh meskipun tidak kita makan tetapi yang dioleskan ke badan kan akan diserap oleh kulit. Jadi saya nggak mau lagi pakai produk perawatan tubuh yang mengandung paraben, SLS, PEG, EDTA, dan kawan-kawannya yang ternyata untuk jangka waktu panjang berbahaya bagi kesehatan.

Oh ya, selain kandungan bahan yang aman bagi kesehatan dan baik di kulit, wadah body butter Embun Natural ini juga ramah lingkungan. Materialnya lebih kokoh dari aluminium tin dan bagian dalamnya terlihat logam berwarna kekuningan. Sedangkan bagian luarnya dicat putih dan ada bagian-bagian dimana catnya sedikit hilang karena goresan. Setelah isinya habis saya gunakan jadi wadah kapas katun. Kalau kamu sudah beralih ke produk perawatan tubuh berbahan ramah di kulit, belum?

❤️ Intan Rastini.

2 thoughts on “Body Butter Whitening Buatan Lokal dari Embun Natural

  1. Wah salut sama mba Intan yang konsisten pake skincare lokal organik gini, saya kadang pengetahuan juga tapi lagi ngumpulin uang dulu biar nanti shipping lebih lepas hheee

    • Iya emang skincare yang bahannya alami itu lebih mahal daripada yang biasa kita pakai ya… Maka dari itu, aku batasi pakai rangkaian bodycare dan skincare yang penting-penting aja, ga terlalu banyak. Harga mahal itung-itung itu untuk kesehatan jangka panjang lebih untung. Kalau bahan alami kan menutrisi kulit dan badan kita dengan baik kalau bahan berbahaya tapi murah jangka panjangnya malah rugi.

Thank you for reading my post, hope you enjoy it. Please... don't type an active link in the comment, because it will be marked as a spam automatically. I'd love to visit your blog if you fill the "website" form :)