Posyandu Kenanga Agustus 2016

Di bulan kemerdekaan Republik Indonesia ini dimana juga disebut sebagai bulan merah putih dan tahun ini diperingati sebagai “Dirgahayu RI ke-71…”

Dua minggu setelah hari Rabu, 17 Agustus nanti di bumi Indonesia kami ini pun juga ada seorang ayah yang hendak merayakan hari lahirnya ke-45 tahun pada 31 Agustus 2016 ini. Ya siapa lagi kalo tidak lain dan tidak bukan, sosok pria yang namanya saja diambil dari nama bulan lahirnya serta merupakan bapak dari anak-anak saya, suami terkasih…, yaitu Papa Agus Ambara dari si duo K, Kalki dan Kavin!

Ini dia penimbangan BB dan pengukuran LK serta TB anak-anak balita mama di posyandu Kenanga:

Kalki di bulan Agustus (39 bulan)

Berat: 15 kg (naik 2 ons)

Tinggi: 96 cm

Lingkar Kepala: 51 cm

Kavin di bulan Agustus (16 bulan)

Berat: 10,2 kg (turun 1 ons)

Tinggi: 77 cm

Lingkar Kepala: 49 cm

Setelah ditimbang dan diukur-ukur, Kalki dan Kavin sama-sama mendapatkan vitamin A kapsul merah. Lalu bu bidan juga memberikan tablet obat cacing rasa jeruk yang bisa dihisap-hisap atau dikunyah oleh Kalki n’ Vin😀. Hehehe mereka si bocah-bocah, sih seneng-seneng aja. Nggak ada yang pada nolak atau nangis, kok. Sungguh kooperatif semua sama bu bidannya🙂. Hmmm enak… baru, deh, anak-anak minum air putih.

Memang di Posyandu selalu disediakan bubur kacang hijau atau snack anak-anak kalau pas nggak prepare bubur kacang hijau sebelumnya. Nah, kali ini setiap anak balita maupun yang masih bayi di Posyandu Kenanga mendapatkan snack Biskuit Marie Regal 1 sachet, dan 1 butir Sosis So Nice (yang langsung bisa dimakan itu, lho) plus diberi 1 gelas air mineral kemasan. Meskipun demikian, mama Kalvin selalu bawakan botol minum anak-anak sebagai cadangan kalau pas ga dapat air putih. Jadi saat mereka main lari-larian di kegiatan Posyandu tetep ga sampai kehausan.

Mau lihat foto-fotonya? Lihat di Instagram aja ya: @jessmite

Or simply click my Facebook button! 

On my blog sidebar here (above) ->

Ga tau kenapa aplikasi WordPress yang baru saya download lagi ini lama banget buat ngeload foto yang diupload, huh. Sampai abis batere nih gadget buat loading doank!

Sebelumnya waktu posting rekap BB anak-anak bulan April-Juli bisa memuat 1 foto tapi sekarang kok lamaaa banget uploadingnya😦. Dunno why?

Sampai nanti!

♡ Intan Rastini

Quick Rekap BB Kalki & Kavin April-Juli 2016

Kavin berusia genap 1 tahun saat bulan April lalu. Trus sempat sementara ga nulis update BB kiddos di blog… Hehehe… Sekarang mamanya mulai ngejar nyatet data BB (berat badan) anak-anak: si Kavindra dan Kalki lagi! Selain itu udah selalu diplot garisnya di grafik KMS (kartu menuju sehat) ya saat Posyandu. Masing-masing anak saya punya KMS yang berbeda dan itu ada dalam kedua buku KIA (kesehatan ibu dan anak) mereka.
Kalki di Bulan April (35 bulan)

Berat: 14,3 kg

Tinggi: 94,5 cm

Lingkar Kepala: 50,5 cm
di Bulan Mei (36 bulan)

Berat: 14,2 kg (turun 100 gram)
di Bulan Juni (37 bulan)

Berat: 14,7 kg (naik 500 gram)
di Bulan Juli (38 bulan)

Berat: 14,8 kg (naik 100 gram)

Tinggi: 96 cm

Lingkar Kepala: 51 cm
Kavin di bulan April (12 bulan)

Berat: 9,5 kg 

Tinggi: 74 cm

Lingkar Kepala: 48 cm
di bulan Mei (13 bulan)

Berat: 9,7 kg (naik 200 gram)
di bulan Juni (14 bulan)

Berat: 10 kg (naik 300 gram)
di bulan Juli (15 bulan)

Berat: 10,3 kg (naik 300 gram)

Tinggi: 77 cm

Lingkar Kepala: 49 cm

Baby Kavin usianya udah di atas 1 tahun jadi ngukur Lingkar Kepala dan Tinggi Badan bisa per 3 bulan sekali bersama-sama kakak. Karena pertambahan LK dan TB tidak terlalu signifikan lagi seperti BB di setiap bulannya.

NAAAAH… Ntar sampai ketemu setelah Posyandu Kenangan di bulan Agustus ya! INGAT bulan Agustus adalah bulan vitamin A🙂

Dalam 1 tahun akan dapat vitamin A dua kali yaitu di bulan Februari dan Agustus. Tak lupa untuk pemberian obat cacing untuk balita diatas usia 1 tahun, ya! Lengkapi juga imunisasi dasar anak tepat jadwal di rumah sakit atau puskesmas setempat.

Ciao bello Kalki & Kavin, mwuah!

♡♥♡♥

Lirik Lagu Anak Pilihan Berbahasa Inggris, Bahasa Indonesia dan Bahasa Bali

“THOMAS AND HIS FRIENDS”

They’re two, they’re four
They’re six, they’re eight
Shunting trucks and hauling freight
Red and green and brown and blue
They’re The Really Useful Crew

All with different roles to play
Round Tidmouth Sheds or far away
Down the hill and round the bends
THOMAS AND HIS FRIENDS…

THOMAS he’s the cheeky one
JAMES is vain but lots of fun
PERCY pulls the mail on time
GORDON thunders down the line
EMILY really knows her stuff
HENRY toots and huffs and puffs
EDWARD wants to help and share
TOBY, well let’s say – he’s square!

Back to top↑
______________________
😀
Lyric is written from television.

image

Kakak Kalki dan adik Kavin kalo udah denger lagu Thomas di TV suenenge rek… mereka suka joget sakarepe dan sebisanya adik Kavin hihihi.

“IBU KITA KARTINI”

Ibu kita Kartini putri sejati
Putri Indonesia harum namanya

Ibu kita Kartini pendekar bangsa
Pendekar kaumnya untuk merdeka

Wahai ibu kita Kartini putri yang mulia

Sungguh besar cita-citanya bagi Indonesia
___________________
🙂
Lirik lagu ditulis dari sumber referensi buku Kesenian SD (milik Eka Dharmawan, sepupu saya. Maaf lupa judul bukunya yang lengkap)

“SIAP SANGKUR”

Siap sangkur di sawahne notol jagung gung gung

Awak lacur nagih ngelah motor sangkur kur kur

Siap sawah milu milu nagih menang nang nang

Awak pawah milu milu mapak kacang cang cang

___________________
🙂
Lirik lagu ditulis dari sumber referensi buku Kesenian SD (milik Eka Dharmawan, sepupu saya. Maaf lupa judul bukunya yang lengkap)

Lagu Siap Sangkur hmmm… kalo tidak salah.. adalah tentang ayam berekor pendek. Selanjutnya syairnya itu seperti pantun. Ada sampiran ada isi. Hihihi saya sendiri baru belajar sedikit-sedikit Bahasa Bali ^^.

Menyanyikannya lagu Bali ini, saya pun kurang tau nadanya hehehehe… hanya tau lirik lagunya dapat dari Putu Eka, saudara sepupu saya di Sekartaji yang paling kecil😉 MAKASIH YA, TU EKO :D

Bye bye… write you later gator!
Mwuah ♡♥

♡ Intan Rastini

Happy First Birthday Kavindra! ♥

Hi hello..! Setelah ada waktu lumayaaaan senggang dikit karena Kalki bersama opa dan omanya dan Kavin tidur siang… ah, akhirnya mama curi waktu luang sebentar untuk menuliskan perayaan ulang tahun adik Kavindra yang pertama.

Jangankan nulis dini hari… pagi aja mama udah ngantukkkk karena itu mulai jarang nulis perkembangan Kavindra lagi. Cuma quick update Kalki dan Kavin. Semua pekerjaan rumah dan ngurus anak-anak dan kegiatan di luar rumah berjalan paralel dan mama kerjakan saja semampunnya.

Fiuuuuuhhh! Ah, never mind. Carry on writing what I can write quickly in a short spare time among household chores, balinese ceremony and praying and so on…

21st of April was Kartini day.. and Kinara’s  b’day too!!! ♥♡ Yesterday? It was an Earth day… and I wanna tell the story about my baby, Kavindra Ambara🙂 the days walk and run and fly…. maybe

WEDNESDAY, 13rd of April was Kavin’s day. Why? Because he was turning 1 year old! HOORAAAAYY!! ★ ☆ ★ ☆ ☆ ★ ☆ ☆

And his mom is very late to tell the story of his birthday haha😀 oh pardon me, son!

As the birthday cake… Kavin’s mom was making ” kue mochi ” and it was filled by two kind of flavors: red bean and mung bean.

image

You gotta love it if you try… because this kind of cake is very smooth, delicate but also chewy. I MADE IT BY MYSELF FOR MY SONS. OOOOPPS…. So sorry sometimes my capslock is automatically turned on. OR IT IS ACCIDENTALLY TURNED ON. I beg ur pardon. ^^

Yes. Oui. I made it by myself the “mochi” as Kavin’s birthday cake so I can use salt and sugar in minimum way as enough as I should give to my baby and my toddler.

If you want the Mochi recipe you can scroll down to the repost of the recipe from the Clumsyliciouskitchen.wordpress.com or henipuspita.net ♥♥ ♡♡

image

Ok ok.. kue mochi itu cukup mudah dibuat dan bahan baku utama dari tepung ketan yang dikukus jadi buat anak-anak cukup friendly dan lembut hmmmm… yummyyy. Dalam proses pembuatan saya kukus adonan mochi semalam sebelum ultah kavin sembari membuat isian kacang merah dan kacang hijaunya. Plus dibantu kakak Kalki yang baik hati. Sampai mengantuk buatnya selesai kira-kira pukul sebelas malam O.o ooohoho… makasih ya Kakak Kalki, sayang.

By the way… sebagai hadiah ulang tahun Kavindra… Mama dan papa berikan adik Kavin Softbook atau buku bantal yang berjudul “Seri Kata Santun: Maaf, Tolong, Terima kasih”, “Bermain Bersama Hewan di Pohon”, “Mengenal Angka”, “Mengenal Abjad”, dan “Waktunya Tidur”.

DARI OPA DAN OMA adik kavin dapat kado baju lucu-lucu dan sepatu boots hehehe. Kakak Kalki juga dapat dong. DARI PEKAK DAN NINI kakak Kalki dan tentu sekarang adik Kavin juga bisa minum, dapat hadiah vitamin Scott’s Emulsion yang plain.

image

Inilah acara tiup lilin adik Kavin bon bon… kecil-kecilan dan sangat sederhana. Hanya ada pekak, nini, adik Kavin, kakak Kalki, papa dan mama Kalvin. Kami berenam bernyanyi selamat ulang tahun dan lalu disusul memberi kesempatab adik Kavin tiup lilin pertamanya yang terdiri 1 buah lilin saja di tengah kue-kue mochi yang udah disusun oleh papa.

image

Happy Birtday Kavin…. Happy very blessed first Birhday… May you become a great boy, stay healthy, get stronger and be cheerful to play with you brother, Kalki. Mwuah mwuah… ♥ peluk♡ cium★ uwel ☆uwel heheheheheh :-*

image

And then we walked to Bale Banjar for ‘ngaturang pejati’ adik kavindra…

I CAN’T EXPLAIN WELL… however,what I know is just it’s one kind of Balinese tradition for a new person or a baby to the domestic sacred place where they live for introduce them as new residents.

image

The rain fell down when we was praying. Kalki, Pekak, Papa, Kavin and Mama with Dipa, Mbah Dipa and Pekak Dipa as Jero Mangku Bale Banjar went to the Bale Banjar for praying.

image

HMMM…. I CAN’T HARDLY WRITE ABOUT SOMETHING I DON’T KNOW FOR SURE. For sure we pray for the best wishes I Made Kavindra Ambara🙂

image

LOVE LOVE YOU KAVIN AND KALKI ♡♡ our shining Bintang kejora in the sky ☆☆☆☆

Oh ya, my husband had just cut my hair🙂

Love, mama and papa kalki-kavin♥

♡ Intan Rastini

Update Kalki & Kavin Bulan Maret ’16

Bulan Maret bertepatan dengan hari raya Nyepi Tahun Baru Saka bagi umat Hindu.. maka dari itu saya sempat berpartisipasi dalam lomba blog #BloggerPeduliMasaDepan yang diadakan oleh salah satu teman blogger, Mak Rinda Gusvita. Ulasannya bisa dibaca disini.

Tulisan saya mengambil tema no. 27 yaitu Hemat Listrik🙂 dan ditayangkan juga pada tanggal 27 Maret. Kok ya pas banget bulan Maret ada Earth Hour, mematikan lampu selama 1 jam secara serentak setiap hari Sabtu di minggu ke-3 bulan Maret dan hari raya Nyepi yang tidak menyalakan lampu atau peralatan listrik untuk bersuka ria selama 1 hari. Itu sebagian kecil dari perayaan Tahun Baru Saka ya.. Karena kalau dijelaskan lebih panjang ada dalam catur brata penyepian.

Nah, kalau sempat bisa mampir untuk baca tulisan saya di blog Mak Rinda Gusvita, dan ada tulisan peserta lain juga dengan tema berbeda yang bisa dibaca🙂 silakan…

Saya dulu juga sempat menulis perayaan Nyepi pertama Kalki tahun 2014. Kini adalah perayaan Nyepi pertama bagi adik Kavin.

Kavin yang udah mulai belajar berdiri sambil berpegangan dan sudah suka merangkak keluar setiap melihat pintu terbuka😀
Eh, adikjuga udah bisa buka pintu sendiri lho! Juga sudah bisa naik kasur yang tinggi dengan cara ambil dingklik plastik buat pijakan manjat kasur yang mana merupakan inisiatif akalnya Kavin sendiri😀

image

Karena ada rangkaian perayaan Nyepi dengan diawali tawur agung kesanga dengan melasti, mecaru, ngerupuk lalu setelah Nyepi pun juga ada Ngembak Geni… Posyandu di desa saya yang rutin setiap bulan tanggal 11 mundur jadi tanggal 17 Maret dan PIN (Pekan Imunisasi Nasional) di Bali pun mundur jadi tanggal 15-22 Maret 2016.

Ini Pekan Imunisasi Nasional pertama yang diikuti oleh Kakak Kalki (34 bulan) dan Adik Kavin (11 bulan). Meskipun imunisasi dasar Kalki dan Kavin udah hampir lengkap ya yang wajib dan disubsidi oleh pemerintah, kami tetap datang ke pos PIN yang berada di bale banjar Angkah Pondok waktu itu🙂 daaaan tentu saja gratis. Hanya membawa buku KIA yang berisi catatan tabel imunisasi anak. Jika sudah mendapatkan vaksin polio (tetes oral) di Pos PIN, nanti kolom imunisasi tambahan akan diisi oleh petugas kesehatan dan anak kita yang sudah ditetesi vaksin diberi tanda tinta pada jari kelingkingnya. Sama seperti habis nyoblos gitu, hehehe…

image

Kalki dan Kavin setelah imunisasi syukur ya tidak ada demam. Dan untungnya kakak Kalki dan adik Kavin saat vaksin dalam keadaan sehat, sudah sembuh dari batuk pilek sebelumnya saat sempat main ke Dalung lihat adik Khanza dan datang ke ulang tahun Abang Iqbal di Denpasar hingga pulangnya malam hari naik motor. Saat Posyandu pun timbangan mereka turun, deh..
Anyway, ini nih, foto adik Khanza yang udah berusia 5 bulan kemarin ♥,♥

image

POSYANDU KENANGA 17 MARET 2016

image

KAKAK KALKI
BB: 14kg (tetap)
TB: 95cm
LK: 50,5cm

ADIK KAVIN
BB: 9,1kg (turun 2 ons)
TB: 73cm
LK: 47,5cm

Pas Posyandu masih sehat-sehat aja tuh dua bocah, tapi setelah posyandu kakak Kalki ke Denpasar lagi nih nganterin nini berobat dan mampir nengok kakak Kinara dan Rania. Ya tentu kakak Kalki maunya naik motor sama papa dan duduknya di depan saat nini sudah naik bis. Pulang dari Denpasar agak petang. Setelah itu Kakak Kalki mulai batuk lagi. Eh… adiknya pun ketularan.. duh! Sampai sekarang nih dua bocah masih batuk pilek meski udah mendingan karena udah periksa ke Pustu dan minum obat. Tapi yaaa… mama dan papa kan kepikiran, soalnya si adik kalo udah batuk, ASI yang udah diminum dimuntahin. Dan kalo tengah malam mama begadang jagain supaya nggak demam dan mengupayakan menyusuinya tidak berbaring sejajar agar adik tidak mudah memuntahkan kembali ASI mama.

image

Oh ya, saat Posyandu juga kebetulan bersamaan dengan Puskemas Keliling. Saya yang awalnya mau pulang setelah selesai timbang berat badan anak-anak, makan kacang ijo dan nabung di tabungan balita.. dianjurkan periksa tensi dulu oleh ibu ketua PKK. Ya sudah saya nurut. Ternyata tensi saya agak rendah sehingga diberi vitamin. Dan saya pun berinisiatif konsultasi gigi dengan pak dokter gigi yang hadir saat itu juga. Tapi yang saya konsultasikan adalah giginya Kavin yang suka dibunyikan seperti menggerus begitu. Kata pak dokter gigi, itu nggak apa-apa. Ibunya diwanti-wanti supaya rajin bersihkan saja dengan kapas dan air hangat. Lalu beri makanan yang agak keras untuk stimulasi giginya bisa berupa apel🙂. Saya lalu bertanya tentang hubungan gigi-gigi susunya yang suka digemeletukkan dengan tumbuh beberapa gigi seri bawahnya yang miring. Kata pak dokter, itu tidak berhubungan dan sekali lagi tidak apa-apa… Ok baiklah pak dokter, maka saya ucapkan terima kasih.

Nah, sudah itu dulu ya update perkembangan Kalki dan Kavin. Maaf nak, mama udah ga sempat lagi nulis detail perkembangan motorik atau sensorik Kavin seperti KPSP begitu. Mungkin nanti kalau ada waktu senggang ya, sayang. Saat ini kakak dan adik masih sedikit batuk & pilek dan masih dalan proses pemulihan, nih. Semoga ke depannya Kalki dan Kavin sehat terus dan tambah kuat daya tahan tubuhnya. Tambah menter, tahan banting… mau di ajak pergi atau jalan-jalan lebih jauh bisa tahan dan kuat ya, nak ^^

Love love love… ♥♡♥♡ Mama Kalvin.

♡ Intan Rastini

Mochi Isi Kacang Merah

Mau.coba bikin….. buat adik Kavin ultah nanti ♡♥

Clumsylicious Kitchen

Mochi pertama buatan Mama Rayyaan.

Beberapa hari lalu saya iseng-iseng membeli kue mochi di supermarket di kota saya. Wah ternyata lumayan mahal juga ya. Satu buah kue mochi yang bisa sekali dua kali hap langsung habis itu dihargai Rp 5.000. Rasanya memang enak walau isinya agak terlalu manis untuk saya. Selain itu bentuknya juga tidak bulat namun seperti dicetak, atau mungkin setelah diisi dan dibentuk bulatan, kuenya dicetak supaya bentuknya lebih menarik. Isinya juga bermacam-macam. Saya membeli mochi berwarna hijau yang berisi

View original post 610 more words

My 25 Birthday

Yesterday (10th of February) was a rainy day. I woke up early in the morning to prepare my sons’ needs like today’s breakfast and lunch also to check all the clothes and toiletries for them are well-packed to blue baby bag. That morning not really sunny… almost cloudy.

However, the night before I already prepared for the porridge in the slow cooker.
I couldn’t sleep early at night because I was happy enough knowing that I got a birthday present from my long time bestfriend since I was in the elementary school, Karina.

She is very generous by giving me a gift voucher to shop at a baby and kids shop on my birthday. Before that she already gave me a pack of baby and kids’ clothes for me. So the voucher shall be redeemed in the month of February. That’s why on my birthday I went to Denpasar city with my sons and my husband on that rainy weather. Wet wet and wet everywhere we walked. We had the trip from Tabanan to Denpasar by motorcycle with 4 persons on the ride.

image

I bought a nursing bra for myself and then I chose a wooden toy for my sons and… three bracelets of anti-mosquitoes. You know.. rainy season, wet everywhere.. prone to mosquitoes attack. I presented one pink anti-mosquitoes bracelet for baby Khanza, Kalki n’ Kavin got the yellow and green ones. Unfortunately we couldn’t afford to buy more for Iqbal😦

We ate lunch at Tiara Dewata. Kalki was enthusiastic and he found new world of playing! First we took a shelter from the rain at the ATM center and to fed baby Kavin. Next we ate lunch at the food court together. I ordered a soto and a tahu campur at the Surabaya culinary kiosk for me and for my husband. While we were waiting… I bought a pair of potato doughnuts with grated cheese as the topping🙂

Kalki was really hungry and he ate my husband’s soto and my lontong🙂 he was very cute acting that he could eat by himself :’)

image

Mommy.. this is delicious, said Kalki in his heart

And we were proud of him. Because he tried to handle his meal on his own. He went to the wash basin to wash his hands by the help of his mom and dad. Until he found an automatic hand dryer machine.. he played it to dry his hands.. again and he tried again and again… Hihihi… we are so sorry for our katrok attitude… but we couldn’t help our son!

image

Papa, what's that... Kalki was in an awe

Next we walked around and we saw a play zone for kids! Of course Kalki was really eager to stay and look around. He saw the train and cars buzzing around and the noisy children sounds… whoaaa what a joyful zone here, he thought! There was a boom boom car and a pool of colorful balls and the trampolin zone! What can I say here to describe my children’s eyes of festive area like that?

This is my day, I thought. But that day went quite fast. Would my life went so fast just like on my birthday?

image

I’m turning 25 and I expect to do 25 things before the next 26

Thank you my husband to accompany me through the rain… taking care of me and most of all our sons. Be strong be strong sons!

image

We walked when the rain had stopped

image

The wooden toy: farm train for Kalki and Kavin from Alden

Thank you Anin, Medina and Karina… my elementary school bestfriends. Karina said we must be bestfriend trough all times ♡♡♡. Your nursing tops package as my birthday gift has arrived. And I really really love it. Your love and care make me believe that I still have good friends with good moments to share.

image

Kalki really likes the anti-mosquitoes bracelet. He wears it everytime he goes outdoor and at home

And thank you my family…  for the long lasting supports and energy. ♥♥

This is a late post and I regret I couldn’t post it on time.
Happy birthday also to Shankara, Iqbal and my Aunty ♡♥ long lasting love for you all. Many happy return of the days… and good bye February. May the new month bring a joy, good health and wealth.

♡ Intan Rastini