Lagu Anak-anak, Yuk Nyanyikan Bersama

Selain untuk hiburan, lagu anak-anak tentu saja sebagai sarana pembelajaran. Mau nggak mau kita perlu mengoleksi beberapa lagu anak-anak kalau sudah punya anak, ya… 😀 Koleksi dalam bentuk apa aja? Baik secara ingatan di dalam benak, secara tertulis dalam bentuk lirik dan secara audio dalam bentuk file lagu.

Ini ada beberapa lirik lagu yang udah mama catat buat dinyanyikan ke Kalki dan Kavin. Untuk mendapatkan liriknya mama putar berulang-ulang lagu anak-anak yang ada di HP lalu tulis dengan cepat :). Supaya nggak lupa kalau mau nyanyi lagi, jadi mama posting juga di blog.

Lagu anak-anak untuk Kalki dan Kavin Tersayang…  

Photo9102

 

 

“Ulang Tahun”

Selamat ulang tahun

Kami ucapkan

Selamat panjang umur

Kita kan doakan

 

Selamat sejahtera

Sehat sentosa

Selamat panjang umur

Dan bahagia…

Selamat panjang umur

Dan bahagia…

 

20170513_133632

“Heli”

Aku punya anjing kecil

Kuberi nama Heli

Dia senang bermain-main

Sambil berlari-lari

 

Heli! Guk guk guk

Kemari! Guk guk guk

Ayo lari-lari….

 

Heli! Guk guk guk

Kemari! Guk guk guk

Ayo lari-lari….

 

Heli! Guk guk guk

Kemari! Guk guk guk

Ayo lari-lari….

 

 

“4 Sehat 5 Sempurna”

Sepiring nasi sehari tiga kali

Itu baru cukup kalori

Lauk-pauknya yang sederhana

Cukup gizi dapatlah terberi

 

Buah-buahan paling banyak disini

Nusantara tak tertandingi

Sayuran segar semangat mekar

Berseri cerah setiap hari

 

Empat sehat lima sempurna

‘Tuk masa depan kita

Nasi lauk sayur dan buah

Kalau dapat ditambah susu

 

IMG04889-20151208-1549

“Jual Buah-buahan”

Aku menjual buah-buahan

Bengkoang, jambu, nanas, durian

Rasa lezat, harganya murah

Marilah teman, belilah-belilah

 

Buah murah, kujual buahku

Pepaya, belimbing, manggis dan duku

Mari teman beli semua

Rasanya lezat, murah harganya

 

“Kapal Api”

Lihatlah sebuah titik

Jauh di tengah laut

Makin lama makin jelas

Bentuk rupanya

 

Itulah kapal api

Yang sedang berlayar

Asapnya yang putih

Mengepul di udara

 

IMG04903-20151210-1424

“Nama-nama Rasa”

Siapa tahu apa rasa gula?

Manis manis manis itu rasanya

Siapa tahu apa rasa cabe?

Pedas pedas pedas aku tak suka

 

Cobalah katakan apa rasa garam?

Asin asin asin…

Itu semua nama-nama rasa

Kita harus tahu janganlah lupa

 

Siapa tahu apa rasa kopi?

Pahit pahit pahit itu rasanya

Siapa tahu apa rasa lada?

Pedas pedas pedas aku tak suka

 

Cobalah katakan apa rasa cuka?

Asem asem asem…

Itu semua nama-nama rasa

Kita harus tahu janganlah lupa

Kita harus tahu janganlah lupa….

 

 

“1, 2, 3, 4”

Satu dua.. tiga empat..

Lima enam.. tujuh delapan..

Siapa rajin ke sekolah

Cari ilmu sampai dapat

 

Sungguh senang amat senang

Bangun pagi-pagi sungguh senang

 

IMG04348-20150716-1131

“Anak-anak Indonesia”

Kita anak-anak Indonesia

Harus sehat jiwa kuat tunas bangsa

Dengan wajah yang ceria

Penuh semangat bekerja

Selalu bergotong royong dan

Menggalang persatuan

Hey hey!

 

Maju pantang mundur

Cita-cita…

Berangkat ayo bangun

Sejahtera…

Satu nusa satu bangsa

Dan satu bahasa kita

Penuh semangat membangun

Nusantara…

 

Bersatu… kita teguh

Bercerai… kita runtuh

Merah putih, pemersatu nusa bangsa

 

Bersatu… kita teguh

Bercerai… kita runtuh

Merah putih, pemersatu nusa bangsa

Gotong-royong… Indonesia makin jaya

 

 

“Teka-teki”

Ada sebuah benda, selalu menunjuk saja

Tidak berkaki, tidak bertangan

Tetapi dapat berjalan

Kikuk… kikuk…

Kikuk… kikuk…

Kikuk… kikuk… kikuk….

 

Tidak pernah berhenti

Kadang kala berbunyi

Setiap masa, sehari-hari

Selalu mengingati kami

Kikuk… kikuk…

Kikuk… kikuk…

Kikuk… kikuk… kikuk….

 

Mari kita lestarikan lagu anak-anak Indonesia! Menyanyi bersama anak itu menyenangkan, untuk itu lagu yang dinyanyikan harus bagus. Tidak hanya yang catchy namun juga liriknya harus berbahasa yang baik serta berisi pesan-pesan yang mengedukasi. Betul nggak, moms?

Kalau moms and dads suka menyanyikan lagu apa saja kepada anak-anaknya?

 

Lirik lagu ditulis dari memdengarkan masing-masing lagunya

Koleksi foto pribadi.

♡ Intan Rastini

Advertisements

Lirik Lagu Anak Pilihan Berbahasa Inggris, Bahasa Indonesia dan Bahasa Bali

“THOMAS AND HIS FRIENDS”

They’re two, they’re four
They’re six, they’re eight
Shunting trucks and hauling freight
Red and green and brown and blue
They’re The Really Useful Crew

All with different roles to play
Round Tidmouth Sheds or far away
Down the hill and round the bends
THOMAS AND HIS FRIENDS…

THOMAS he’s the cheeky one
JAMES is vain but lots of fun
PERCY pulls the mail on time
GORDON thunders down the line
EMILY really knows her stuff
HENRY toots and huffs and puffs
EDWARD wants to help and share
TOBY, well let’s say – he’s square!

Back to top↑
______________________
😀
Lyric is written from television.

image

Kakak Kalki dan adik Kavin kalo udah denger lagu Thomas di TV suenenge rek… mereka suka joget sakarepe dan sebisanya adik Kavin hihihi.

“IBU KITA KARTINI”

Ibu kita Kartini putri sejati
Putri Indonesia harum namanya

Ibu kita Kartini pendekar bangsa
Pendekar kaumnya untuk merdeka

Wahai ibu kita Kartini putri yang mulia

Sungguh besar cita-citanya bagi Indonesia
___________________
🙂
Lirik lagu ditulis dari sumber referensi buku Kesenian SD (milik Eka Dharmawan, sepupu saya. Maaf lupa judul bukunya yang lengkap)

“SIAP SANGKUR”

Siap sangkur di sawahne notol jagung gung gung

Awak lacur nagih ngelah motor sangkur kur kur

Siap sawah milu milu nagih menang nang nang

Awak pawah milu milu mapak kacang cang cang

___________________
🙂
Lirik lagu ditulis dari sumber referensi buku Kesenian SD (milik Eka Dharmawan, sepupu saya. Maaf lupa judul bukunya yang lengkap)

Lagu Siap Sangkur hmmm… kalo tidak salah.. adalah tentang ayam berekor pendek. Selanjutnya syairnya itu seperti pantun. Ada sampiran ada isi. Hihihi saya sendiri baru belajar sedikit-sedikit Bahasa Bali ^^.

Menyanyikannya lagu Bali ini, saya pun kurang tau nadanya hehehehe… hanya tau lirik lagunya dapat dari Putu Eka, saudara sepupu saya di Sekartaji yang paling kecil 😉 MAKASIH YA, TU EKO 😀

Bye bye… write you later gator!
Mwuah ♡♥

♡ Intan Rastini

Lirik Lagu Anak-anak Favorit Kalki dan Kavin

Salah satu kegunaan lagu anak-anak adalah membuat suasana riang gembira. Terima kasih kepada Opa Kalki karena sudah mendownload banyaaaaak lagu anak-anak Bahasa Indonesia saat mama dan kalki main ke Surabaya tahun 2014 lalu.

Selanjutnya Kalki jadi senang berjoget ria dengan mendengarkan lagu-lagu anak yang diputar (dulu lewat komputer, sebelum komputernya rusak mungkin karena dipencet-penceti oleh Kalkiboy). Sekarang dia suka bersenandung dan menunjukkan kemampuan berbahasanya yang mulai meningkat dengan menirukan suara penyanyinya hihihi… meski belum lancar dan jelas kosa katanya tapi semangat nyanyi terus ya, nak!

Eh, trus Mama Khanza juga kirimin Kalki dan Kavin lagu anak berbahasa Inggris yaitu ‘ABC Song’ dan ‘Twinkle, Twinkle, Little Star’. Kalki pun tau kalo mamanya nambah lagu baru itu dan dia suka putar ulang lagu-lagu yang dia paling sukai. Lagu ABC Kid’s Song itu ramai dan dinyanyikan oleh banyak anak… Kalki seneng banget denger pas anak-anak lagi rame karena si penyanyi bilang, “I can sing the alphabet backwards!”
Trus ada yang nyahut, “Backwards!?”
“Yes. Let’s start from Z and sing it to A! Listen to me first…”
Dan berlanjut dengan dinyanyikan lagu ABC dalam bahasa Inggris tapi kebalikannya. MULAI DARI Z…
” Z.. W.. X.. and W…” tentu spellingnya ‘zi.. wai.. ex.. en dabel yu’ kira-kira begitu kan.
Hmmmm hahahaha saya aja mikirnya ‘busyeet dah!’
Until… “well you sure have made my day…” and carry on!

Lagu anak yang ceria bisa untuk menyenangkan anak saat mandi atau juga saat bermain sambil bertepuk tangan bersama. Nah,kalau lagu ‘Twinkle, Twinkle, Little Star’ itu cocok banget buat lullaby. Tapi masing-masing anak punya lagu favorit pengantar tidurnya, nih.

Kalki sudah tau caranya mau nyetel musik dari hp, nih… kalau dia dapat lagu yang dia suka.. dia akan putar ulang, ulang, lagi dan lagi ;D
Sampaiiii mama kudu ikut nyanyi aja karena jadi hapal lirik lagunya 😀
Mama dan papa juga suka nyanyiin kok, buat kakak dan adik ketika main atau mau bobok 🙂

image

Salah satu lagu favorit Kakak Kalki

★☆★☆ “BINTANG KEJORA” ☆★☆★

Kupandang langit penuh bintang bertaburan…
Berkelap-kelip seumpama intan berlian…
Tampak sebuah lebih terang cahayanya…
Itulah bintangku Bintang Kejora yang indah selalu…

Kupandang langit penuh bintang bertaburan…
Berkelap-kelip seumpama intan berlian…
Tampak sebuah lebih terang cahayanya…
Itulah bintangku Bintang Kejora yang indah selalu…
Itulah bintangku Bintang Kejora yang indah selalu…

image

Salah satu lagu favorit adik Kavindra

♧♣♧♣ “KELINCIKU” ♣♧♣♧

Kelinciku, kelinciku, kau manis sekali…
Melompat kian kemari, sepanjang hari…
Aku ingin menemani, sepulang sekolah…
Bersamamu lagi, menari-nari…

Kelinciku, kelinciku, kau manis sekali…
Melompat kian kemari, sepanjang hari…
Aku ingin menemani, sepulang sekolah…
Bersamamu lagi, menari-nari…
Bersamamu lagi, menari-nari…

▲▲▲▲▲▲▲
Selamat tidur ya udah malam.
Abis lumayan pegel nih, saya baru aja jahit-jahit kaus singletnya anak-anak yang sobek pinggirannya, jahit kancing kemeja Kalki yang copot dan jahit celana Kalki yang sedikit sobek bagian tengahnya. Yah, pakaian anak-anak ini emang dipakai mulai Kalki dan lalu dilanjut pakai ke Kavin jadi masih agak awet meski aktivitas anak laki-laki itu lebih heboh.. jumpalitan, manjat jendela, loncat-loncat di kasur dan sofa sehala macem, deh! Adik Kavin pun sudah mulai seperti kakak Kalki begitu.

Setelah perayaan Galungan dan manis Galungan… Nanti lanjut lagi ya ceritanya dan lagunya… karena masih ada agenda untuk bulan Februari ini. Dan perayaan Kuningan di Sabtu depan. Mau siapin ini-itu dan luangin waktu buat istirahat.

Selamat Hari Raya Galungan dan Kuningan…
Rahajeng Nyanggra Rahina Galungan lan Kuningan Semeton Sareng Sinamian. (Maaf kalau ada salah kata, masih belajar Bahasa Bali)

Ayo… berbagi koleksi lagu anak-anak! Lagu anak apa yang mommy n’ daddy suka nyanyikan buat anak-anak kalian?

Love love love… ♥♡♥♡
Mama Kalki dan Kavin (Kalvin)

♡ Intan Rastini

Lirik Lagu Anak Pilihan Mama Kalki

“YOK MAKAN BERSAMA”

Sebelum kita makan, dek!
Cuci tangan dahulu…
Sebelum kita makan, dek!
Jangan lupa berdoa…

Banyak-banyak makan jangan ada sisa..
Makan jangan bersuara…
Banyak-banyak makan jangan ada sisa..
Ayo makan bersama…!
3x

Ending:  Banyak-banyak makan jangan ada sisa..
Makan jangan bersuara…
Banyak-banyak makan jangan ada sisa..
Ayo makan bersama…!

♥♥♥♥♥♥♥♥♥♥♥♥

“BURUNG KAKAKTUA”

Burung kakaktua.. hinggap di jendela…
Kakek sudah tua.. giginya tinggal dua….
Let jung let jung let jung ha la la… 3x
burung kakaktua..

Ada botol kosong.. diisi air gula…
Ada anak ompong.. giginya tinggal dua….
Let jung let jung let jung ha la la… 3x
Burung kakaktua..
Burung kakaktua…

♥♥♥♥♥♥♥♥♥♥♥♥♥

“4 SEHAT 5 SEMPURNA”

Yah meskipun pedoman makan sekarang sudah dipebarui dengan PGS alias Pedoman Gizi Seimbang… tapi lagu ini ceria dan bersemangat sehingga mama suka nyanyiin buat Kalki dan juga Kavin 😉

Sepiring nasi sehari 3 kali..
Itu baru cukup kalori…
Lauk-pauknya yang sederhana..
Cukup gizi, dapatlah terberi….

Buah-buahan paling banyak disini..
Nusantara tak tertandingi…
Sayuran segar semangat mekar..
Berseri, cerah s’tiap hari…

Empat sehat, lima sempurna..
‘Tuk masa depan kita…
Nasi, lauk, sayur dan buah..
Kalau dapat ditambah susu….

Lirik dari lagu anak-anak yang udah lama seperti:
Anak Kuat, Dua Mata Saya, Potong Bebek Angsa, Satu-satu Aku Sayang Ibu, Pok Ame-Ame, Burung Kutilang, ‘1, 2, 3, 4’, Cublak Suweng, Bunda Piara, Bangun Tidur, Balonku, Cicak-cicak di Dinding, Lompat Katak, Lihat Kebunku, Ke Ladang, Anak Kambing Saya, Kasih Ibu, Jual Buah-buahan, Hujan, Helli, Sayonara, Anak Ayam, Semut-semut Kecil, Nama-nama Rasa, Sang Kodok, Satu Tambah Satu, si Kancil, Kapal Api, Topi Saya Bundar..

dan masih banyak lagi… semuanya meski udah lama… tapi berkualitas. Nggak percaya?

Nah,  silakan dengarkan atau nyanyikan lagu anak-anak tersebut tadi. Contohnya nih, kalau masih ingat….

Lagu “Dua Mata Saya”.. untuk mengenalkan anggota badan. Ini penting bagi pertumbuhan dan perkembangan anak untuk mengetahui anggota badannya sendiri mulai dari rambut, mata, hidung, mulut, tangan, kaki dan contoh benda-benda yang dikenakan sehari-hari yaitu sepatu dipakai di kaki dan topi itu di kepala. Apa kegunaan mata, hidung dan mulut. Lalu lagu “Menari” yang mengajarkan menyanyi dan menari bersama kawan-kawan menggerakan badan dan menggoyangkan pinggang.

Lagu “Topi Saya Bundar”.. untuk mengenalkan bentuk dari benda yang dapat dikenakan di kepala yaitu topi. Topi yang bulat yaitu berbentuk lingkaran. Lagu “Balonku” menjelaskan tentang benda kesukaan anak yaitu balon yang berwarna-warni terdapat nama-nama warna dan cara menghitung jumlah balon setelah dikurangi yang pecah.

Lagu “Kapal Api”.. untuk memperkenalkan pada alat transportasi laut yang anak-anak sukai dan bisa dijumpai di pesisir atau pelabuhan. Juga untuk transportasi darat ada lagu “Naik Delman” untuk memperkenalkan transportasi jaman dulu tapi masih lestari sebagai wahana wisata keliling kota (Yogyakarta) atau keliling salah satu tempat pelesir (di alun-alun kota).
“Kereta Apiku”. Pasti anak-anak suka melihat kereta api yang melintasi jalanan di atas rel dengan suara bisingnya yang khas, tapi di lagukan dengan suara ‘naik kereta api…tuuuut… tuuut… tuuuut!”. Juga mengenal nama kota besar di Indonesia yaitu Bandung dan Suarabaya.. 😀 tidak lupa.. bahwa kereta itu berhenti di stasiun. Wah tempat yang menarik untuk diceritakan kepada anak-anak bukan? Bahkan Harry Potter saja pergi ke Hogwarts dari stasiun kereta api ;).

Lagu “Sayang Semuanya” yang liriknya ‘satu-satu aku sayang ibu” itu mengajarkan anggota keluarga inti dan menyanyangi mereka 😉

Lagu “Nama-nama Rasa” untuk mengajarkan anak mengingat apa yang dapat dikecap dari makanan yang berbeda seperti manis dari gula, asin dari garam, kopi itu pahit dan cabe itu pedas.

Lagu “Jual Buah-buahan”… lagu yang menyenangkan karena memperkenalkan macam-macam buah dan mengajak anak untuk main berjualan bersama.

Selebihnya masih banyak yang bermanfaat seperti lagu berhitung “1, 2, 3, 4”, “Satu Tambah Satu”, “Anak Ayam” dan “Sayang Semuanya” yang tadi dibahas juga.

Lagu yang menghargai jasa para pahlawan kemerdekaan bangsa kita juga ada kan, seperti lagu “Layu Melati”.. meski sendu dan melow tapi dalam maknanya, lho. Kalki saja tertarik dengan lagunya. Tapi dia lebih banyak suka lagu yang riang dan ceria.

Lagu berbaha daerah seperti “Cublak Suweng” yang memperkaya bahasa pribumi nan lucu liriknya. Kalau lagu Bali ada “Meong Meong” lagu tentang kucing yang diminta menangkap tikus pengganggu, “Cakup-cakup Balang” mirip dengan “Pok Ame-ame”, yap. Tapi tentang belalang yang melompat dan berhubungan dengan anak kecil yang lagi tumbuh gigi dan belajar jalan. Hihihi imutnya…

Lagu “Bangun Tidur”, “4 Sehat 5 Sempurna”, “Anak Kuat” dan “Aku Anak Sehat”, “Yok Makan Bersama”…. semuanya berisi tentang pola makan dan rutinitas yang baik untuk dilakukan sehari-hari. Mengajarkan membentuk kebiasan yang baik sejak dini seperti bangun tidur lalu membereskan kamar, rajin mandi dan gosok gigi, cuci tangan sebelum makan, makan makanan begizi supaya sehat dan kuat, serta ajakan ke Posyandu :).

Lagu-lagu tentang lingkungan pun ada dan beragam seperti “Lihat Kebunku”, “Hujan”, “Pelangi-pelangi”, “Desaku”, “Ke Ladang”, “Naik-naik ke Puncak Gunung”, Bintang Kecil dan Bintang Kejora yang isinya mengenai keindahan alam dan kelestarian lingkungan. Mengajak anak mengamati dan menikmati alam sekitarnya dan menjaga supaya tetap lestari.

Tentang tebak-tebakan…. coba deh dengarkan lagu “Kukuruyuk” dan “Teka-Teki”….  nah asyiknya nyanyi bareng nih buat sahut-sahutan jawabannya.

Lagu yang mengajarkan macam-macam binatang dengan perilaku unik mereka seperti lagu terkenal “si Kancil”. Lalu ada “Semut-semut Kecil”, “Anak Ayam” pun juga masuk hitungan lagi, “Cicak-cicak di Dinding”, “Sang Kodok”, Lompat Katak”, “Burung Kutilang” tak lupa “Helli” untuk mengajarkan tentang hewan peliharaan anjing yang lincah.

Lalu ada lagu lucu
“Anak Kambing Saya” dengan nada ceria dan lirik seperti pantun. Juga “Burung Kakaktua” Ada juga lagu “Anak Monyet” yang ga kalah serunya hingga lagu “Potong Bebek Angsa” yang mengajak berdansa 😀

Semua lagu anak-anak lama itu seperti lagu “4 Sehat 5 Sempurna” yang meski udah ganti PUGS (Pedoman Umum Gizi Seimbang) atau PGS yah.. tapi liriknya tetap bagus untuk anak-anak…. dari pada anak-anak nyanyi lirik lagu orang dewasa yang maknanya bukan untuk usia mereka, kan, maka dari itu semoga lagu anak-anak semakin banyak dan bervariasi didukung oleh penyanyi-penyanyi anak yang pandai-pandai dalam mempopulerkanya. Inget nggak tuh;

Lagu “Rame-rame”, “Jangan Marah” oleh Trio Kwek-kwek (Dea Ananda, Alfandi dan Leoni),

“Du Di Dam” oleh Eno Lerian,

“Dibok-obok” oleh Joshua Suherman,

Lalu ada Chikita Meidi, Meisy (penyanyi dan pembawa acara “Ci Luk Ba!),

Tasya, Giovanni, Agnes Monica, Eza Yayang dan siapa lagi ya…? Sampai lupa gimana nulis nama-nama mereka saking udah lamanya mereka mempopulerkan lagu anak bermutu baik dalam lirik dan musiknya.

Dulu itu jaman saya masih kecil tahun 90-an, orang tua saya sempat membelikan saya album Trio Kwek-kwek yang saya ingat betul, mama saya mencarikan kaset albumnya di pertokoan di Sidoarjo :’) dan album lagu kompilasi anak-anak di Jembatan Merah Plaza (JMP) di Surabaya.

Makasih banyak ya… ayah dan mama. Intan sayang ayah dan mama.

I’ll represent their love and compassion to my sons

image

Album Good Puppies yang isinya foto-foto pilihan saya. Saya bawa saat saya keluar rumah orang tua saya. Untuk kenangan seperti saat ini, setelah menikah dan punya dua anak.

Lirik lagu ditulis dari memdengarkan masing-masing lagunya

Koleksi foto pribadi

♡ Intan Rastini