Dedinan guscil

Ada yang tau “dedinan” itu apa?

Kemarin malam upacaranya guscil berusia 35 hari atau 1 bulan kalender bali.
Upacaranya termasuk kecil, karena cuma ngaturan banten (yang aku ga tau apa aja itu namanya, salah satunya mungkin ‘sodan’) dan motong seekor ayam untuk dipersembahkan (ntar setelah selesai upacara boleh dimakan) dan juga ada kue dan buah-buahan.

Natab atau prosesinya, guscil dipakaikan kain kamen, karena ga ada yang ukurannya kecil, dipakaikanlah kain udeng papa yang bentuknya persegi warna putih bercorak trus dipakaikan ambed juga. Setelah semua siap (udah pakai kamen dan ambed) guscil, mama dan papanya ditirtain, mama nyobain daging ayam sedikit (sebagai syarat) dan ngayab.

Aku sebenernya ga tau artinya apaan upacara dedinan itu selain merayakan 35 harinya bayi. Intinya aku tarik kesimpulan supaya selamat sampai dewasa dia bisa survive dengan baik, sehat dan kuat. Juga sebagai ucapan terima kasih atas usianya yang sudah mencapai 35 hari.

Nah, papa udah potret-potret sedikit saat natabnya, tapi kok hasilnya jelek-jelek yah? Lagian pas petang pula jadi gelap ga bagus cahaya lampu di rumah. Ditambah blur pula karena tanganku lagi ngayab. ( :/ Bad mooooooooodddddd).

Seminggu lagi bakalan 42 hari usianya guscil, ada upacaranya lagi kayaknya. Seperti selapannya orang jawa itu mungkin ya… Aku belum tau nama upacaranya disini. Ya pokoknya semacam upacara pembersihan karena lokhia ku juga bakalan udah berhenti setelah ±40 hari nanti.

Udah ga sabar banget nih buat potong rambut! Soalnya kan potong rambutnya pas lewat 40 harian itu biar sekalian bersih katanya… Padahal aku udah sumpek abis gara-gara nih rambut suka “ngelecir-ngelecir” meski diikat, ganggu banget terlebih saat lagi nyusuin atau mandiin guscil. Kalo diiket terlalu kenceng bikin kepala pusing, kalo dijepit aja yang ga terlalu ketat suka lepas-lepas. Huuuh! Bad mood again >,

Advertisements

Thank you for reading my post, hope you enjoy it. Please... don't type an active link in the comment, because it will be marked as a spam automatically. I'd love to visit your blog if you fill the "website" form :)

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s