Toleransi

Aku menulis dengan tangan kiriku
Aku menendang dengan kaki kiriku
Jika aku memanggul beban, kuletakkan di bahu kiriku
Aku mengapit buku di lengan kiriku

Denganmu aku memberi dengan tangan kiri
Katamu itu bukan tangan yang manis
Maka kepadamu aku mengulurkan tangan kananku
Ku ingin berjabat tangan untukmu, menyalami telapak tanganmu

Meski tangan kiriku tak bersambut dengan tangan kananmu
Meski ku tak bisa menggenggam tangan kananmu dengan tangan kiriku
Kata mereka tangan kiri bukan tangan yang cukup baik
Walau tangan kiriku mengerjakan banyak hal daripada tangan kananku

Untukmu, masyarakat, kubersedia menyodorkan tangan kananku

Bagiku tangan kiriku sama baiknya dengan tangan kananku
Tangan kiriku sama manisnya dengan tangan kananku
Bagiku keberadaan tangan kiriku sama sopannya dengan tangan kananku
Namun demi kau, masyarakatku, ku suka cita dan dengan rela

Menyambutmu dengan tangan kananku

Jumat, 20 November 2020. Oleh Intan R. Ambara

Puisi untuk anak kedua saya yang bernama Kavin dan dia menggunakan tangan kiri serta kaki kiri untuk mengerjakan banyak hal, sama baiknya dengan orang yang menggunakan tangan kanan atau kaki kanan pada umumnya saat beraktivitas.

4 thoughts on “Toleransi

  1. Anakku yg bungsu juga kidal :). Dan aku ga ngelarang dia , Krn kidal toh bukan kesalahan. Itu udah bawaan .
    Dan pas sekolah aku wanti2 gurunya mba, jgn sampe maksa anakku utk gunain tangan kanan. Biar aja dia nulis tangan kiri. Awal2 papinya sempet ngelarang dipaksa utk tangan kanan. Tp aku yg jd tamengnya. Akhirnya si papi nyerah. Tapi 1 yg dia ga mau samasekali, kalo makan ttp wajib kanan. Ya sudahlaah, aku ngalah.

    Untungnya si adek mulai terbiasa khusus utk makan dan salaman pastinya, dia hrs pake kanan. Yg lainnya terserah 😀

    • Saya dan suami juga tidak memaksakan Kavin untuk menulis dengan tangan kanan, mbak. Meski untuk salaman kami sarankan gunakan tangan kanan supaya bersambut genggaman tangannya dan dia mau. Tapi sekarang udah ga perlu lagi salaman dan kontak fisik lain dengan orang. 🙂
      Kavin dan Vrstan sama-sama anak bungsu dan unik ya… Karena menggunakan tangan kiri untuk beraktivitas. Berarti mereka kreatif dan cenderung dominan di otak kanan.

  2. Tante saya juga kidal, lalu katanya waktu sekolah dulu latihan nulis pakai tangan kanan juga sampai terbiasa walau lebih nyaman tangan kiri.
    Beliau kan profesinya guru, terus pas nulis di depan kelas bisa menggunakan dua tangan, kadang kiri kadang kanan.
    Pas saya masuk SMP dulu kebetulan temenan sama murid2 tante itu, terus waktu teman saya tau kalau guru SDnya adalah tante saya, mereka bilang kalau beliau keren bisa nulis pakai tangan kanan dan kiri 😂
    Rupanya itu sangat berkesan hingga murid2nya ingat dan sering ngomongin soal itu ke saya

    • Nah itu wow amazing banget tantenya. Saya rasa tantenya mas Jaey termasuk ambidek tuh. Bisa menggunakan tangan kanan dan tangan kiri sama baiknya 😊.

      Terima kasih sudah berbagi cerita, mas. Sehingga kita bisa tau bahwa setiap orang memiliki keunikannya masing-masing.

Thank you for reading my post, hope you enjoy it. Please... don't type an active link in the comment, because it will be marked as a spam automatically. I'd love to visit your blog if you fill the "website" form :)