Posyandu Kenanga Mei dan Juni

Setelah bulan Februari lalu peserta posyandu bisa mendapatkan satu bungkus biakuit MP-ASI secara gratis, kini di bulan Juni kami mendapatkan lagi biskuit tersebut. Jadi ada jeda 4 bulan, ya. Kenapa nggak tiap bulan aja dibagikannya? Supaya gizi anak-anak tetap terjaga.

Lihat deh wajah kegirangan dua bocah duo K yang antusias berangkat Posyandu!

Biskuitnya dibungkus kemasan berwarna metalik dan bertulisan sederhana. Berat isinya 120 gram dan berisi 12 keping biskuit. Karena anak saya dua, saya dapat dua bungkus nih, satu buat Kalki dan satu buat Kavin. Berat per keping biskuit berarti 10 gram, ya. Di setiap kepingnya ada cetakan gambar bunga dan tulisan “MP-ASI Biskuit”.

Lucu ya gambar bunga-bunga di keping biskuitnya?

Di bulan Mei sedang nggak dibuatin bubur kacang hijau jadi anak-anak cuma dapat snack sosis dan susu fermentasi, kalau tidak salah ingat. Dan di bulan Juni, anak-anak dapat bubur kacang hijau plus bonus biskuit MP-ASI gratis.

Lihat betapa maruknya Kakak Kalki padahal ini jatah biskuit adek Kavin!

Perhatikan mulut Kakak Kalki saking ingin meraup sebanyak-banyaknya biskuit. Ck.. ck.. ck..!

Rasa biskuitnya gimana? Enak dan nikmat. Kalki dan Kavin doyan. Dipegang dan digigit sendiri oleh Kavin dengan mudahnya. Tekstur biskuitnya tidak berpasir yang mudah larut macam biskuit bayi pada umumnya, juga tidak terlalu keras. Pokoknya pas aja menurut saya. Kalki sama Kavin sampai rebutan padahal udah dikasi jatah masing-masing. Nah berarti mereka suka banget kan sama biskuitnya? Emak babenya aja juga doyan! Sampai ikut nimbrung nyemilin… Ooops! Kalau ketahuan ibu ketua Posyandu bisa dimarahin, nih!

Adik Kavin nunjuk ke orang yang ngabisin jatah biskuit MP-ASInya. Eh?! Maksudnya nunjuk ke saklar lampu hehehe… minta supaya pada hemat listrik meskipun kita foya-foya biskuit. Itu yang tidak hemat listrik tenggelamkan!

Posyandu selalu jadi ajang kumpul bocah


Berat Badan Kalki dan Kavin saat penimbangan di Posyandu:
Mei

Di bulan Mei adalah Posyandu pertama Kakak Kalki setelah pulang dari Surabaya. Jadi beratnya naik berapa nih, setelah 1 bulan dijamin gizinya oleh oma dan opa? Hahaha.

Kalki: 17,2 (naik 600 gr dari bulan Maret Posyandu karena bulan April dia udah keburu berangkat ke Surabaya duluan dan nggak ikut timbang)

Kavin menangis dan tidak mau timbang.

Juni

Kalki: 17,2 kg (tetap)

Kavin: 12,2 kg (naik 600 gr dari bulan April)

Tingkatkan terus kenaikan berat badanmu setiap bulan ya anak-anak… dan semoga sehat selalu.

Gimana mau naikkin berat badan kalo tinggal bungkus biskuitnya aja?! Yang ada manyun

♡ Intan Rastini

Sauted Broccoli Cauli Flower and Baby Corn

A beautiful lazy weekend at home, it’s a perfect time to cook something really easy. Something like… piece of cake!
Happy weekend cooking time~

Ingredients:

  1. Broccoli 250 gr
  2. Cauli Flower 250 gr
  3. Baby Corn 250 gr
  4. Garlic 9 cloves
  5. Salt
  6. Pepper
  7. Sugar
  8. Corriander powder
  9. Oil for suteing

    How to cook:

    1. Seperate the branch and the flower of broccoli and cauli flower
    2. Slice the baby corn diagonally
    3. Steam the broccoli, cauli flower and the baby corn for 10 minutes
    4. While waiting for the steamed vegetables, you can chop the garlic until it becomes minced
    5. Take the steamed vegetables if it is done
    6. Heaten about 2 tablespoon of oil
    7. Saute the garlic until you can smell the aroma
    8. Add the steamed vegetables, stir it
    9. Add a few salt, pepper, corriander powder and sugar, stir
    10. Saute for about 5 minutes
    11. Taste it, if it is already tasty enough you can serve it

    It’s simple isn’t? The duration of cooking it is also quick. I have just cooked this menu for my breakfast and my husband liked it so much.

    You can add shrimp if you like it. This morning I ate it with omellete because broccoli is best eaten with egg and milk 😉

    Have a try this simple recipe!

    ♡ Intan Rastini

    Teaching English with Matti From Finland

    “Can I write you on my blog?” I asked.

    “Can you.. What?” He replied.

    “Can I write about you on my blog?” I repeated.

    “You write about me on your blog?” He confirmed.

    “Ya, may I?” I asked for permission.

    “Ya…. You can. Write only the good things, okay?” He laughed after saying it.

    “Haha… Okay. I’ll write it neutral.” I also laughed.

    “You write a blog?” He asked me.

    “Ya.” I replied.

    “It’s uncommon people write a blog here, right?”

    “Yeah.. But I write.”

    That was an afternoon chit chat with a volunteer from Finland. The country itself is called as Suomi. I’ve just known about that from the cards he had given to the learning center as educational tools before he left Bali.

    img_20170613_194159_563.jpg

    img_20170613_194104_970.jpg

    Souvenirs fromMatti Aho

    So, in May we had Matti Aho, a Finnish man, who came to our learning center in Yayasan Eka Chita Pradnyan as an English teacher. Although we had only one volunteer for that month, we really enjoyed it as a wonderful and colorful month!


    He came to Bali with his family, his wife Saara Aho and his daughter Ella Aho. They stayed at the hotel near Balian Beach. So he went to the learning center from the hotel by motorcycle. He was formerly an ice hockey player. He also has ever worked as a teacher for the kids who are taken care by the government because their parents are not able to do that. And then he started studying something like pedagogy in the University of Turku.

    When Mrs. Ketut told me that there would be a volunteer from Finland who came with his family, I thought that he would be probably an old man. But I was wrong. He is not that old. He is 34 years old. His wife is also in the same age and his daughter is 5 years old – she is very cute and sweet.


    In our first talk, he said, “this is all so interesting.” I thought it was like… Whoa wait, we even haven’t started yet?! And he said that he couldn’t wait to learn from me. Later on I found out that he was really enthusiastic to teach some lesson at the learning center. We didn’t have any difficulty to communicate, he is talkative enough and very supportive. He praised me for speaking English very well.

    img_20170519_150129_595.jpg

    Matti is a friendly person. He is very nice and friendly to the children at the learning center and to my sons. He gives compliment easily. He has ever said in the class that the boys’ handwriting are very good. Way different with the boys in Finland. Wow. Hahaha. He also said that what I write on the board is beautiful. When he heard one of the girl singing, he murmured spontaneously, “good voice”.

    We learnt from each other about how to teach. He gave a lot of ideas of sport games for the kids. And I show him the way I teach English to the students. He taught the kids for making slideshow using computers too and how to search information from the internet. Not only that, we also watched Shaun The Sheep video together using the projector in the computer lab. And the kids worked in small groups to tell the story about every scene they watched. Because it’s a funny animation, mostly we laughed at the video.

    SAM_1263

    He could play the guitar too. So in the class we sing “The Wheels on The Bus” with the children and with him playing the guitar. He also made some prints out about vocabulary and by the help of Saara and Ella, they made cards for memory game about some verbs. What a pleasant thing they did!

    SAM_1299

    He asked me how I find topics for the lesson plans. I told him that I mostly searched it first from the internet, and I found it easier from Facebook. Next I would write it down on my notebook and prepared some exercise for the students. Then he told me that I could find out more ideas on Pinterest. He sent me a link to my Facebook about the example of English lesson idea from Pinterest.

    SAM_1334

    I also wondered how come he got a lot of sport games? So, this is how we worked together: 1 hour for the English lesson in the class. For vocabulary, grammar, writing or speaking. And then we got 15 minutes break. Next, Matti invited the kids to go to the volleyball field to play some games, sometimes using ball. And he had many different games to play, indeed.

    SAM_1268

    For me, one of the best game + lesson that we played was “telling direction”. First, he taught the kids how to tell direction, the easy ones, such as… ‘Turn left’, ‘turn right’, ‘take one steps’, ‘take two steps’, ‘take a big steps’, ‘take a little steps’, and ‘jump’. Then he asked the kids to play in small groups consist 2-4 kids. One of them had to close her eyes and the rest of the group members would tell the direction on the yard with some path ways that Matti has drawn with colorful chalks.

    SAM_1292

    Where he got these game ideas? He told me from BBC.co.uk. Yeah… I had ever learnt Italian, German and French too from that site. And I told him about that. We also tried to learn each other maternal language. What I remember, ‘kiitos’ and ‘nahdaan’. Which they mean thankyou and bye bye in Finnish. He told me that the pronunciation of Finnish is different from English. They pronounce the exact letters as they are. So, it is the same like Indonesian. But in Finnish there are different vowels for different pronounciation.

    img_20170613_195208_675.jpg

    Matti is also a funny person. When I asked the kids to mention the differences between Matti and Koming, the student there.. It was mentioned that Matti had a ‘pointed nose’. Then he said, “It’s good for me as a teacher, so I can do pointing at the student like this” He use his nose to point at the children, as if his nose was very long like Pinocchio!

    When I showed him that we have many flash cards, he also laughed at the picture of the cards. What made him laugh was the depiction of feelings and emotions, such as “sick”, “nausea” or ” tired”. Yep, dunno why those cards were so funny for him :D. Because I already saw those cards before and I didn’t laugh at the picture of the cards at all! Ha ha ha. Maybe I was too serious.

    img_20170613_193936_003.jpg

    I notice the unique things from him:

    1. He always points to something that close using his middle finger, but if it is to point to somebody he uses his his hand not his finger.
    2. When we talk, we almost never use the word “yes”, we use “yeah” or “ya” instead
    3. He wondered what we do when I said to the students, “let’s pray together” after the class. I guess he is not a religious person. The next question from him amazed me. It’s like “Do you pray to God?”, “what is the name of your God?”, “what for do you pray?”, “do you ask something to your God?”, ” what do you ask?” ummm something like that. Because in his country, he said that people don’t pray really often. People can pray at the churh on Sunday, but not many people do that. He told me that the religious ceremony is for newborn baby and funeral. So, yeah… We talked about religion and different culture of ours.
    4. His name is pronounciated as “Mat-ti”.. However in Indonesian it sounds like “mati” which means “dead”. When I say his name or call him in front of the students, I knew we feel a strange feeling hearing his name, sometimes we laugh because it’s quite tickling-our-ears to say his name. When I asked about what his name meaning, he couldn’t tell anything becuase it doesn’t have a meaning! Okay, I got it, it’s just a name. I have ever told him that his name sounds that same as a word in Indonesian that means ‘dead’. He just answered, ” it’s okay. I’m alive.”

    img_20170613_195352_841.jpg

    Finland is in the Scandinavia, northern Europe. He confirmed me that he is a scandinavian. Unfortunately he couldn’t tell me about the Vikings. Because the Vikings is more to Sweden, he said. He lives in Turku, I forget how many kilometers from Helsinki. He said that the weather in Finland is always cold. Never as warm as in Indonesia. However, he is a warm person and very helpful. I feel much gratitude having the chance to teach with him and learn a lot from him. We always discuss our lesson plan before and after class and then we can talk about anything. 🙂

    img_20170518_044104_341.jpg

    Matti, Saara and I had some talk about how different Indonesia with Finland. They told me that it is very colorful in Indonesia, the sun shines brightly here and the people are friendly. Saara told me that in Finland people don’t say hello to each other when they meet on the street. And Matti said that it is like boring because in Finland is very cold and they get nothing to do. Even there is a time that the days are almost always dark. Like a sunset.

    Yeah that’s what I heard about Scandinavia. And also about the midnight sun. In Finland they pay high taxes so they can get medical and education services in low cost. Some people in Finland speak Swedish too besides of Finnish. Matti himself speak Finnish, Swedish and English.

    img_20170613_195614_777.jpg

    I have ever came to the learning center with Kalki and Kavin. But it was only Kalki who got the chance to meet Ella. And Kalki was being shy to say hello to Ella. On the farewell party for Aho family, finally Kalki got the willingness to give a goodbye gift for Ella. 🙂

    SAM_1513

    ♡ Intan Rastini

    Tumis Sayur Warna-Warni

    Saat bosan makan sayur berkuah, masak tumis sayuran saja. Apalagi biasanya kalau lagi ngasi makan anak-anak suka kelamaan. Nah, kalo sudah kuah sup nyampur dengan nasi, nasi jadi ngembang kan? Biasanya saya akali dengan buat tumis sayuran sebagai ganti sup sayuran.

    Bahan:

    1. 250 gr udang kupas cuci bersih
    2. 1 ikat sawi hijau cuci bersih
    3. 2 buah jagung manis dipipil
    4. 2 buah wortel cuci bersih
    5. 1 batang seledri
    6. 1 lombok merah
    7. 9 siung bawang merah
    8. 7 siung bawang putih
    9. Merica secukupnya
    10. Ketumbar secukupnya
    11. Garam secukupnya
    12. Minyak goreng untuk menumis


    Cara Memasak:


    1. Potong-potong sawi hijau, potong wortel berbentuk korek api
    2. Iris-iris lombok merah dan seledri
    3. Kupas bawang merah dan putih lalu iris tipis
    4. Panaskan minyak untuk menumis
    5. Masukan bawang putih, bawang merah dan irisan lombok, aduk-aduk hinga harum (di foto saya tidak pakai lombok saat ditumis karena anak-anak saya tidak suka)
    6. Masukkan jagung pipil dan wortel, aduk rata hingga wortel lunak
    7. Masukkan udang, aduk hingga udang berubah warna
    8. Masukkan sawi hijau dan seledri
    9. Tambahkan bumbu merica, ketumbar dan garam, aduk rata hingga sawi layu
    10. Cicipi masakkan, jika rasa sudah pas, masakkan bisa disajikan

    Kenapa udang dimasukkan setelah jagung dan wortel matang?  Supaya nggak overcooked. Tau sendiri kan kalau sea food paling cepat matang, tapi kalau sudah terlalu matang rasanya bakal luget atau kenyal dan sedikit alot, jadi nggak empuk lagi. Kalau kata Kang Peppy sih, “dagingnya pas digigit ada perlawanan”.

    Cap Cay Ayam a la Mama Kalvin

    Masakan ini termasuk banyak bumbunya. Kalo ngikutin resep asli Chinese food ini bakalan pakai ciu, sejenis bumbu fermentasi berbentuk cair. Jaman saya dulu kuliah sempat praktek bikin Cap Cay, katanya dosen saya aslinya Cap Jay namanya. Artinya lupa, hehehe..

    Cap Cay sendiri ada dua macam. Dan ini saya baru tau dari suami saya. Cap Cay kuah putih dan kuah merah. Kuah putih berarti tidak pakai tomat. Kalau merah karena pakai tomat atau saus tomat. Kebetulan kali ini saya pakai saus tomat tapi tidak terlalu banyak jadi kuahnya masih kelihatan putih.

    Bahan:

    1. 1 potong dada ayam diblansir
    2. 2 buah ati ayam
    3. 750 ml kaldu ayam
    4. 1 butir telur kocok lepas dan beri sedikt garam
    5. 8 helai sawi hijau
    6. 4 helai sawi putih
    7. 6 lembar kubis
    8. 1 buah wortel kupas kulitnya
    9. 1 batang seledri
    10. 1/4 bagian lobak kupas kulitnya
    11. 2 batang buncis siangi serat kasarnya
    12. 9 siung bawang merah
    13. 7 siung bawang putih
    14. 3 sdm saus tomat/ 1 buah tomat
    15. Merica secukupnya
    16. Ketumbar secukupnya
    17. Garam secukupnya
    18. 1 sdm minyak wijen
    19. minyak goreng untuk menumis
    20. 1 sdm tepung maizena larutkan dengan air secukupnya


    Cara Memasak:

    1. Potong-potong sawi hijau, sawi putih, kubis, wortel, lobak, buncis (potog serong) dan seledri
    2. Kupas bawang merah dan bawang putih lalu iris tipis
    3. Potong-potog daging ayam dan ati ayam
    4. Panaskan minyak goreng untuk menumis bawang dan tomat (jika memakai tomat)
    5. Masukkan bawang merah, bawang putih dan tomat (jika pakai), tumis hingga harum dan tomat layu
    6. Masukkan telur ayam, aduk secara acak
    7. Masukkan daging ayam dan ati ayam, aduk
    8. Masukkan wortel, buncis dan lobak, aduk rata
    9. Masukkan seledri, sawi hijau, sawi putih dan kubis, aduk
    10. Jika sayuran sudah layu, tambahkan kaldu ayam
    11. Beri bumbu merica, ketumbar, garam, saus tomat dan mimyak wijen
    12. Untuk kuah yang sedikit kental, tambahkan larutan tepung maizena
    13. Didihkan kurang lebih 5 menit atau hingga sayuran matang tapi tidak sampai berubah warna menjadi lebih gelap
    14. Cicipi apakah rasanya sudah pas
    15. Cap Cay Ayam siap dihidangkan

    Jika ingin Cap Cay seafood, daging ayam dan ati ayam bisa diganti dengan udang, cumi-cumi dan daging kepiting. Kaldunya pun bisa pakai kaldu udang.

    Sebenarnya Cap Cay nggak pakai seledri, buncis dan lobak, karena bahan-bahan ini lebih cocok untuk sup ayam, ya? Tapi kalau saya pakai karena rasanya tetap enak kok, malah sekali makan dapat bermacam-macam sayur. 🙂

    Silakan dicoba veggie lovers…

    ♡ Intan Rastini

    My New Dutch Deep Fry Pan

    Kalau biasanya saya menggoreng atau menumis menggunakan wajan besi biasa, nah kali ini saya sudah bisa merasakan enaknya memasak dengan wajan teflon. Oh ya, ini bukan posting sponsor atau dibayar ya… Murni adalah sedikit ulasan dari pengalaman pribadi.

    April lalu saya belanja di Alfamart dan mendapatkan tawaran dari mbak kasir, “mau sticker atau tidak?”

    Dari situ saya jadi tau bahwa minimarket tersebut sedang mengadakan program pengumpulan sticker untuk bisa ditukar dengan diskon 85% produk teflon merk Royal VKB.

    Pas saya menukarkan sticker, saat itu bulan Mei (masa-masa akhir pengumpulan dan penukaran) dan udah sempat kehabisan semua produk Royal VKB mulai dari fry pan 20 cm, fry pan 24 cm, deep fry pan 24 cm dan casserol pan. Tapi akhirnya disarankan cek Alfamart terdekat lainnya dan ternyata disana masih ada stok! Tinggal dua buah deep fry pan 24 cm. Ya udah langsung redeem aja dengan harga setelah diskon Rp 129.900 tukar dengan 15 sticker.

    Senangnya minta ampun saat akhirnya saya bisa memiliki wajan teflon dengan merk asal Belanda sono. Mendapatkan wajan ini juga dibantu oleh mama saya, karena setiap mama belanja di Alfamart, saya berpesan, “minta stickernya, ma. Simpan, nanti kasi ke aku, ya!” Hihihi…

    Kok, kebetulan ya, abis bertemu dengan orang-orang Belanda, saya akhirnya pakai produknya orang Belanda punya. Cihuy, keren deh wajan teflon abu-abu ini!

    Wajan teflon ini serbaguna bisa untuk masak hampir apa aja. Cuma saran saya jangan dibuat masak yang bercangkang seperti kepiting atau kerang. Sayang lapisan teflonnya atuh, mak!

    Mie goreng (fried noodle)

    Omelet telur

    Yang paling ciamik kalau masak nasi goreng, mie atau bihun goreng dan omelet telur, bahan makanannya tidak nempel di permukaan wajan. Kalis! Ya iyalah, kan ada lapisan teflon anti lengketnya!

    Nasi goreng (fried rice)

    Mari kita lihat resep-resep sederhana yang telah saya masak dengan wajan teflon Royal VKB ini:

    1. Tumis sayuran
    2. Sayur berkuah
    3. Gorengan

    ♡ Intan Rastini

    Tumis Buncis Udang

    Di rumah selaluuu ada aja buncis di kulkas karena itu merupakan sayur yang aman dikonsumsi oleh bapak dan ibu mertua. Jadi saya juga bisa akali dengan memasak stok buncis yang selalu bertambah dengan ditumis.


    Bahan:

    1. Udang kupas, cuci bersih 250 gr
    2. Buncis 250 gr cuci bersih
    3. Lombok merah 1 buah
    4. Bawang merah 5 siung
    5. Bawang putih 3 siung
    6. Ketumbar secukupnya
    7. Merica secukupnya
    8. Garam
    9. Minyak goreng untuk menumis

    Cara Memasak:

    1. Siangi buncis dari serat kasarnya lalu potong-potong miring seperti bambu runcing
    2. Kukus buncis selama 15 menit, angkat lalu tiriskan
    3. Kupas bawang merah dan putih lalu iris-iris tipis
    4. Belah lombok dan buang tengahnya (saya juga tidak mengikutkan bijinya supaya kalau tegigit anak saya, mereka tidak kepedasan)
    5. Tuang sedikit minyak ke wajan teflon lalu tumis bawang merah, bawang putih dan lombok
    6. Jika sudah harum, masukkan udang kupas lalu masukkan buncis
    7. Beri ketumbar dan merica sesuai selera
    8. Tambahkan garam secukupnya, aduk rata
    9. Jika buncis sudah mulai kering kecokelatan, matikan api kompor, silakan dicicipi apa udah pas rasanya
    10. Tumis buncis udang siap disajikan


    Mudah dan nikmat~
    Kavin paling suka buncis. Buncis rebus dan kukus yang plain nggak pakai bumbu sering digadoin 😀 dasar bocah buncis!

    Silakan dicoba…

    ♡ Intan Rastini