Resep Bikin Puding Chia Sendiri – Make Your Own Chia Pudding Recipe

Selama ini saya konsumsi biji chia dengan menambahkan sedikit di atas nasi panas atau makanan yang akan saya makan. Selain itu untuk bekal, biji chia juga bisa membuat nasi putih yang polos jadi lebih menarik. Kali ini saya mau konsumsi biji chia dengan cara yang berbeda yaitu dengan direndam sampai mengembang maksimal sehingga memiliki konsistensi seperti pudding.

Biasanya saya beli biji chia secara curah di toko bahan makanan organik curah di Bali tapi karena pandemi nggak keluar jauh-jauh, saya beli online saja dulu sementara. Abis kalau mau beli biji chia secara curah pakai wadah sendiri, adanya di toko-toko tertentu saja. Dan yang paling dekat dari rumah itu lokasi tokonya di Canggu.

Ini adalah resep dasar dalam pembuatan chia pudding. Dari cara sederhana membuat chia pudding ini, selanjutnya kita bisa berkreasi lebih jauh dengan dasar chia pudding. Cara pembuatannya semudah 3 langkah saja.

Chia pudding dengan pepaya, buah cranberry kering, granola, snow bird nest, honey locust, dan lotus seed

Alat:
1. Toples kaca atau gelas bertutup
2. Sendok

Bahan:
1. Biji chia 50 gram
2. Susu bubuk 3 sdm (saya pakai susu bubuk anak saya, susu Dancow)
3. Air hangat 200 ml

Cara membuat:
1. Seduh susu bubuk dengan air hangat di gelas sampai susu bubuk larut dan tercampur rata.
2. Masukkan biji chia 4 sendok makan. Jika suka yang kental bisa ditambahkan biji chia lebih banyak, jika suka chia pudding yang lebih encer bisa dikurangi penambahan biji chianya. Aduk rata hingga semua biji chia terendam susu, pastikan tidak ada yang masih belum masuk ke susu. Aduk terus sekitar 15 menit.
3. Tutup gelas atau toples kaca dan masukkan ke kulkas. Biarkan semalaman. Chia pudding dapat dinikmati keesokan harinya.

Kebetulan saya buat chia pudding dengan susu yang ada di rumah dan buat anak-anak saya juga. Sebenarnya tidak harus memakai susu bubuk, bisa juga menggunakan susu cair, santan, bahkan bisa juga cuma dengan air saja, lho! Kalau suka manis bisa langsung pakai sweetened milk, kalau mau hambar pakai plain milk juga boleh. Mau susu nabati, susu hewani, disesuaikan dengan selera dan pola diet saja.

Saya pakai air hangat supaya proses pencampuran susu bubuk dan air lebih cepat dan merata, juga untuk proses pencampuran biji chia dengan susunya supaya lebih cepat. Kalau pakai susu cair bisa dihangatkan dahulu atau pakai dalam kondisi suhu ruangan.

Chia pudding ini enak banget diberi topping buah-buahan segar ataupun buah-buahan kering. Supaya ada sensasi ngunyah dengan perlawanan dari makanan yang garing, saya tambahkan juga dengan granola.

Selamat mencoba, ya. 😊

❤️ Intan Rastini

4 thoughts on “Resep Bikin Puding Chia Sendiri – Make Your Own Chia Pudding Recipe

  1. Sehat bangeeeet! Looks yum-yum juga! Aku sendiri nggak suka pepaya karena teksturnya agak lucu menurutku, tapi kok kalau dilihat di pudding ini kayak enak ya hahaha. Dan jadi penasaran juga pengen nyobain peach gum. Btw honey locust ini ada kemiripannya sama kolang-kaling kah Mbak, apa beda banget? Fancy banget namanyaaa.

    • Teksturnya agak lucu gimana mbak? Hihihi… Mungkin kalau terlalu matang jedinya benyek banget pepayanya. Honey Locust nggak mirip kolang-kaling. Karena dia lunak banget sedangkan kolang-kaling lebih kenyal dan keras. Iya fancy banget namanya. Katanya honey locust itu dari getah alami pohon, tapi ga tau pohon apa. Dan saya sendiri nggak tau kolang-kaling terbuat dari apa.

  2. Pingback: Cara membuat Chinese Dessert dari Peach Gum, Honey Locust dan Snow Bird Nest | Intan Rastini

Thank you for reading my post, hope you enjoy it. Please... don't type an active link in the comment, because it will be marked as a spam automatically. I'd love to visit your blog if you fill the "website" form :)

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s