How to Make a Cartoon Wayang

Hello, weekend is coming and we will have more spare time with the kids. Here is one of my idea to make a creative activity with Kalki and Kavin. My sons need figures to play instead of dolls, so I tried to make them cartoon wayangs with their own characters, Kalki and Kavin. With wayang Kalki learns about storytelling and confidence 🙂

Let’s go, I’ll show you how to make some…

Tools and Materials

24112017(009)

  1. Piece of carton
  2. Palm sticks
  3. Tape
  4. Pencil
  5. Coloring Pencils
  6. Scissors
  7. Needle
  8. Thread
20171124_090338

I use the carton from my toddlers’ milk boxes to recycle them too

How to make

  1. Draw a character on a piece of carton. What I drew was my sons, Kalki and Kavin figures. You can draw your children figures or any animation characters.
  2. Color the character or let your children do the coloring.
  3. Cut out the character and then also cut off the joints: the arms, elbows and knees.
  4. Join each arm to the shouldres and join the elbows together as well as the knees by sewing them with the thread and needle. I just need to make two holes to sew the joints.
  5. Attach the palm stick to the character’s center body on the backside of the carton. Use the tape to stick it.
  6. Attach a palm stick to each hands and fix it with the tape.
  7. A cartoon wayang made on carton is done! Ready to play…!
13122017(002)

The backside of the carton, I use transparent tape to attach the palm sticks

 

Just after I have finished making the Kalki and Kavin cartoon wayang, Kalki asked me for Oma and Opa cartoon wayang. And then Maybe he would ask for more characters…

So I made him two cars cartoon wayang instead. Because they are easier, I didn’t need to sew the carton. I just draw, color, cut out and then attach the stick and it’s done.

 

Kalki played the cartoon wayang in the dark with a white screen and a shooting lamp behind the screen. So there were the shadows of the wayang on the screen. He made up a story while playing the characters. But you don’t need to play with the screen and lamp. You can make a scenery background instead.

 

Happy playing cartoon wayang 🙂

Intan Rastini.

Advertisements

Posyandu Kenanga Agustus 2016

Di bulan kemerdekaan Republik Indonesia ini dimana juga disebut sebagai bulan merah putih dan tahun ini diperingati sebagai “Dirgahayu RI ke-71…”

Dua minggu setelah hari Rabu, 17 Agustus nanti di bumi Indonesia kami ini pun juga ada seorang ayah yang hendak merayakan hari lahirnya ke-45 tahun pada 31 Agustus 2016 ini. Ya siapa lagi kalo tidak lain dan tidak bukan, sosok pria yang namanya saja diambil dari nama bulan lahirnya serta merupakan bapak dari anak-anak saya, suami terkasih…, yaitu Papa Agus Ambara dari si duo K, Kalki dan Kavin!

Ini dia penimbangan BB dan pengukuran LK serta TB anak-anak balita mama di posyandu Kenanga:

Kalki di bulan Agustus (39 bulan)

Berat: 15 kg (naik 2 ons)

Tinggi: 96 cm

Lingkar Kepala: 51 cm

Kavin di bulan Agustus (16 bulan)

Berat: 10,2 kg (turun 1 ons)

Tinggi: 77 cm

Lingkar Kepala: 49 cm

Setelah ditimbang dan diukur-ukur, Kalki dan Kavin sama-sama mendapatkan vitamin A kapsul merah. Lalu bu bidan juga memberikan tablet obat cacing rasa jeruk yang bisa dihisap-hisap atau dikunyah oleh Kalki n’ Vin :D. Hehehe mereka si bocah-bocah, sih seneng-seneng aja. Nggak ada yang pada nolak atau nangis, kok. Sungguh kooperatif semua sama bu bidannya :). Hmmm enak… baru, deh, anak-anak minum air putih.

Memang di Posyandu selalu disediakan bubur kacang hijau atau snack anak-anak kalau pas nggak prepare bubur kacang hijau sebelumnya. Nah, kali ini setiap anak balita maupun yang masih bayi di Posyandu Kenanga mendapatkan snack Biskuit Marie Regal 1 sachet, dan 1 butir Sosis So Nice (yang langsung bisa dimakan itu, lho) plus diberi 1 gelas air mineral kemasan. Meskipun demikian, mama Kalvin selalu bawakan botol minum anak-anak sebagai cadangan kalau pas ga dapat air putih. Jadi saat mereka main lari-larian di kegiatan Posyandu tetep ga sampai kehausan.

Mau lihat foto-fotonya? Lihat di Instagram aja ya: @jessmite

Or simply click my Facebook button! 

On my blog sidebar here (above) ->

Ga tau kenapa aplikasi WordPress yang baru saya download lagi ini lama banget buat ngeload foto yang diupload, huh. Sampai abis batere nih gadget buat loading doank!

Sebelumnya waktu posting rekap BB anak-anak bulan April-Juli bisa memuat 1 foto tapi sekarang kok lamaaa banget uploadingnya :(. Dunno why?

Sampai nanti!

♡ Intan Rastini

Quick Rekap BB Kalki & Kavin April-Juli 2016

Kavin berusia genap 1 tahun saat bulan April lalu. Trus sempat sementara ga nulis update BB kiddos di blog… Hehehe… Sekarang mamanya mulai ngejar nyatet data BB (berat badan) anak-anak: si Kavindra dan Kalki lagi! Selain itu udah selalu diplot garisnya di grafik KMS (kartu menuju sehat) ya saat Posyandu. Masing-masing anak saya punya KMS yang berbeda dan itu ada dalam kedua buku KIA (kesehatan ibu dan anak) mereka.
Kalki di Bulan April (35 bulan)

Berat: 14,3 kg

Tinggi: 94,5 cm

Lingkar Kepala: 50,5 cm
di Bulan Mei (36 bulan)

Berat: 14,2 kg (turun 100 gram)
di Bulan Juni (37 bulan)

Berat: 14,7 kg (naik 500 gram)
di Bulan Juli (38 bulan)

Berat: 14,8 kg (naik 100 gram)

Tinggi: 96 cm

Lingkar Kepala: 51 cm
Kavin di bulan April (12 bulan)

Berat: 9,5 kg 

Tinggi: 74 cm

Lingkar Kepala: 48 cm
di bulan Mei (13 bulan)

Berat: 9,7 kg (naik 200 gram)
di bulan Juni (14 bulan)

Berat: 10 kg (naik 300 gram)
di bulan Juli (15 bulan)

Berat: 10,3 kg (naik 300 gram)

Tinggi: 77 cm

Lingkar Kepala: 49 cm

Baby Kavin usianya udah di atas 1 tahun jadi ngukur Lingkar Kepala dan Tinggi Badan bisa per 3 bulan sekali bersama-sama kakak. Karena pertambahan LK dan TB tidak terlalu signifikan lagi seperti BB di setiap bulannya.

NAAAAH… Ntar sampai ketemu setelah Posyandu Kenangan di bulan Agustus ya! INGAT bulan Agustus adalah bulan vitamin A 🙂

Dalam 1 tahun akan dapat vitamin A dua kali yaitu di bulan Februari dan Agustus. Tak lupa untuk pemberian obat cacing untuk balita diatas usia 1 tahun, ya! Lengkapi juga imunisasi dasar anak tepat jadwal di rumah sakit atau puskesmas setempat.

Ciao bello Kalki & Kavin, mwuah!

♡♥♡♥

Posyandu Kenanga Jan ’16

Inilah Posyandu pertama setelah tahun baru 2016…

image

Adik Kavin:
BB: 9kg (naik 200gr)
Tinggi: 71,5 cm (ukur berdiri, sama seperti bulan lalu yg malah dapat ukur 72 cm)
LK: 47 cm (bulan lalu 46 cm)

Kakak Kalki:
BB: 14,1kg (naik 300)

Astungkara berat badannya kakak dan adik nambah. Sehat
-sehat terus ya, nak.

Bulan depan adalah saatnya pemberian vitamin A di Posyandu.. dan karena ada perayaan Galungan.. Posyandunya dimajukan. Rencana tanggal 4 Februari.

Adik Kavin udah aktif. Bulan lalu udah merangkak saat ini udah rembetan atau terantanan. Kakak Kalki kadang suka ngikutin gaya adik kalo lagi merangkak hihihi… Kavin juga mulai memanjat sofa dan meja. Sedangkan Kalki suka manjat jendela. Jagain anak-anak nih sekarang tambah repot. Apalagi Kalki udah suka nyetel lagu atau lihat video dari hp ortunya trus adiknya dikasi lihat video di hp. Hp udah kadang dijatuhin Kalki, diemut Kavin bahkan dilempar oleh Kalki saat sesuatu tidak sesuai keinginannya.. ck..ck..ck nelangsa hp ini sempat keluar baterenya karena lepas casing 😦

Bukan cuma itu.. sempat remote tv hilang lama ga ketemu-ketemu karena lupa naroh dimana agar jauh dari jangkauan anak-anak. Karena remote juga nasibnya sama dengan hp ya pernah kebanting atau diemut Kavin. Hp BB-ku aja ini lagi hilang ga tau kemana sehingga ga bisa ngecek kalender atau note yang ada disitu hiksss…

Ya kegiatan Posyandu berjalan lancar tapi belum sempat ukur lingkar kepala adik dan tinggi badan dua bocah ini… Beres-beres rumah juga belum sempat karena mainan mereka berceceran.. Ntar aja. Menyusul.

Kalo potong kuku anak-anak juga penting karena mudah sekali masuk kotoran ke bawah kuku. Mereka kan suka main di luar atau di lantai pegang ini itu trus kalo mau makan aku ajak cuci tangan dulu pakai sabun di air mengalir.

Biasanya aku potong kuku Kalvin saat mereka lagi tidur siang jadi dapat cahaya matahari yang terang. Trus aku alasin dibawahnya tisu atau kain bedong agar kukunya jatuh ke sana dan ga berantakan di kasur.

image

I have a DREAM for year 2016…

OH I wish everybody supports breastfeeding mother.

1. Normalize breastfeeding in public as a basic baby and mother need

2. All kind society give knowledge about how important to breastfeed every baby since he has born

3. More local made for nursing wears like breastfeeding bras or nursing tops which make all mother comfortable and easy to breastfeed anytime. Local made is more developed and used for local people too for reason their products are cheaper and reachable. GO Indonesia… we can do it! Local brands for nursing bra and tops. And for MEA we can make special locally tailored all maternity clothes, nursing bra, nursing dress, nursing apron and baby sling even other layette also!

That’s it… may wish come true this year. Amen.

♡ Intan Rastini

Quick Update Kalki-Kavin after Posyandu November

Posyandu 11 November kemarin kakak Kalki datangnya telat karena abis nginep di Sekartaji dengan Opa dan Oma semalam. Jadi adik duluan yang timbang sembari menunggu Kakak datang. Saat kakak datang, mama udah kangen banget, Kalkinya masih ngantuk jadi digandeng sama oma dan mama hihi. Rambutnya Kalki udah dicukur di Sekartaji yeaah… makasih bapak yang cukur rambut Kalki. Bapaknya baik karena mau cukur meski Kalki nangis dan nggak dikasi bayar. Kata Opa, bapak yang nyukur masih ada hubungan saudara dengan pekak Santi di sebelah rumah mbah.

KAVIN
Berat: 8,5 kg
LK: 46 cm
PB mulai coba ukur berdiri: 69 cm
Agak susah ukur berdiri karena kakinya belum menjejak lurus dengan kokoh ya tapi anaknya udah senang mencoba berdiri sih. Kami ukur berulang dari berdirindan juga tiduran di atas perlak. Antara 67,5 – 69 cm

KALKI
Berat: 13,9 kg
Kalki diberi obat cacing tablet untuk yang kedua. Yang pertama saat usia 1 tahun. Yang kedua tabletnya dikunyah langsung oleh Kalki karena rasanya manis.

Tinggi badan Kalki sekarang tidak terlalu signifikan jika diukur tiap bulan. 3 bulan sekali mungkin lebih ideal. Kalau di posyandu tinggi badan anak-anak diukur tiap 6 bulan sekali yaitu bulan Februari dan Agustus saat pemberian kapsul vitamin A.

image

Pulang Posyandu kakak langsung berangkat lagi ke Singaraja untuk bermalam disana sehingga keesokan paginya bisa lihat lumba-lumba di pantai Lovina. Asyik bener kakak Kalki pengalamannya. Sedangkan adik masih di rumah dengan mama dan papa.. Adik abis oton masih di rumah dulu tuh 3 hari. Stelah itu baru diajak opa oma piknik ke Kebun Raya di Bedugul.

♡ Intan Rastini

Keisengan Kakak Kalki

  JkklpkkokkokkllkkokkkjjjkkjjnkkjjnjjjjjjjjjjjjjoikkoooiiO.b q       Continue reading

Kegiatan Posyandu Kenanga 11 September ’15

Di Angkah Gede diadakan rutin Posyandu setiap bulan tanggal 11. Anak saya udah dua dengan jarak hampir dua tahun jadi sekarang ke Posyandu bawa dua bocah, bayi dan balita, tentu dengan diantar suami kesana kayak jalan-jalan keluarga supaya ada yang handle kakaknya yang udah gede. Kayaknya yang bawa dua bocah sekaligus ke Posyandu seperti saya di Angkah Gede nggak ada, deh hehehe… Anak-anak peserta Posyandu adalah bayi dan anak yang masih di bawah 5 tahun. Total yang ikut Posyandu disini kira-kira 8 anak.

Posyandu disini bernama “Kenanga” dan diadakan di balai banjar Angkah Gede. Setiap orang tua yang datang perlu membawa buku KIA (kesehatan ibu dan anak) yang diberikan sejak sang ibu hamil untuk memplot grafik kenaikan berat badan anaknya. Kegiatan rutin Posyandu disini adalah menimbang dan mencatat berat badan anak, pemberian minuman kacang hijau, tabungan balita, arisan, pemberian obat cacing untuk anak 1 tahun dan pengukuran tinggi/panjang badan serta lingkar kepala bayi bersamaan saat pemberian kapsul vitamin A khusus bulan Februari dan Agustus. Kadang ada pemberian garam beryodium secara gratis serta penyuluhan kesehatan oleh bidan. Contohnya penyuluhan tentang pemberian makanan bergizi untuk anak, pemberantasan jentik nyamuk untuk mencegah demam berdarah, saran untuk berhenti merokok pada orang tua anak yang merokok dan menjaga kebersihan rumah.

Ibu-ibu petugas Posyandu adalah warga setempat beserta ibu ketua PKK yang bertugas melaksanakan kegiatan rutin dibantu oleh tenaga medis yaitu bu bidan dari Pustu (puskesmas pembantu). Ibu-ibu peserta adalah yang memiliki anak bayi maupun balita. Yang membuatkan minuman kacang hijau untuk anak-anak dan petugas Posyadu adalah ibu-ibu peserta secara bergiliran. Nah, kali ini saya nih, yang dapet giliran untuk buatin kacang hijau pas Posyandu bulan depan. Yang dapat giliran biasanya diberi kacang hijau mentah 1/2 kg dan gula pasir. Tapi akhir-akhir ini cukup diberi uang saja 20ribu untuk membeli bahannya.

Ini dia salah dua anggota Posyandu Kenanga, Angkah Gede…

image

Kategori bayi
I Made Kavindra Ambara
★ Usia: 4 bulan 29 hari
★ BB: 8,1 kg (naik 400gram dari bulan lalu)
★ PB: 66 cm
★ LK: 44 cm
★ Imunisasi: HB0; BCG; HB dan DPT  saat ini sudah tergabung dalam Pentavalen 1, 2, 3 dan Polio 1, 2, 3, 4.

image

Kategori balita
I Gede Kalki Ambara
★ Usia: 2 tahun 3 bulan 12 hari
★ BB: 13,6 kg (tetap dari bulan lalu)
★ TB: 90 cm
★ LK: 50 cm
★ Vitamin A kapsul biru 1x (8 bulan), kapsul merah 3x (14 bulan, 20 bulan dan 26 bulan)
★ Obat cacing 1x saat usia 1 tahun
★ Imunisasi dasar lengkap sudah terpenuhi. Meliputi: HB0; BCG; HB/DPT 1,2,3; Polio 1, 2, 3, 4; Campak (9 bulan); Pentavalen booster (1,5 tahun); Campak booster (2 tahun)

Untuk imunisasi dilakukan di Pustu Angkah setiap bulan tanggal 8 dan juga di Puskesmas Selemadeg Barat atau Bajera tiap hari Rabu. Tapi dari rumah lebih dekat ke Pustu jadi anak-anak saya imunisasi disana semua.

Ini dia lagu “Aku Anak Sehat” untuk menutup liputan tentang kegiatan Posyandu Angkah Gede kali ini…

Aku anak sehat, tubuhku kuat..
Karena ibuku rajin dan cermat
Semasa aku bayi selalu diberi ASI,
makanan bergizi dan imunisasi..

Berat badanku ditimbang selalu..
Posyandu menunggu setiap waktu..
Bila aku diare ibu slalu waspada!
Pertolongan Oralit slalu siap sedia…

Rajin ke Posyandu, ya ibu-ibu!

Terima kasih Bu Bidan Kadek Juliani atas fotonya.

♡ Intan Rastini