Lirik Lagu Anak Pilihan Mama Kalki

“YOK MAKAN BERSAMA”

Sebelum kita makan, dek!
Cuci tangan dahulu…
Sebelum kita makan, dek!
Jangan lupa berdoa…

Banyak-banyak makan jangan ada sisa..
Makan jangan bersuara…
Banyak-banyak makan jangan ada sisa..
Ayo makan bersama…!
3x

Ending:  Banyak-banyak makan jangan ada sisa..
Makan jangan bersuara…
Banyak-banyak makan jangan ada sisa..
Ayo makan bersama…!

♥♥♥♥♥♥♥♥♥♥♥♥

“BURUNG KAKAKTUA”

Burung kakaktua.. hinggap di jendela…
Kakek sudah tua.. giginya tinggal dua….
Let jung let jung let jung ha la la… 3x
burung kakaktua..

Ada botol kosong.. diisi air gula…
Ada anak ompong.. giginya tinggal dua….
Let jung let jung let jung ha la la… 3x
Burung kakaktua..
Burung kakaktua…

♥♥♥♥♥♥♥♥♥♥♥♥♥

“4 SEHAT 5 SEMPURNA”

Yah meskipun pedoman makan sekarang sudah dipebarui dengan PGS alias Pedoman Gizi Seimbang… tapi lagu ini ceria dan bersemangat sehingga mama suka nyanyiin buat Kalki dan juga Kavin 😉

Sepiring nasi sehari 3 kali..
Itu baru cukup kalori…
Lauk-pauknya yang sederhana..
Cukup gizi, dapatlah terberi….

Buah-buahan paling banyak disini..
Nusantara tak tertandingi…
Sayuran segar semangat mekar..
Berseri, cerah s’tiap hari…

Empat sehat, lima sempurna..
‘Tuk masa depan kita…
Nasi, lauk, sayur dan buah..
Kalau dapat ditambah susu….

Lirik dari lagu anak-anak yang udah lama seperti:
Anak Kuat, Dua Mata Saya, Potong Bebek Angsa, Satu-satu Aku Sayang Ibu, Pok Ame-Ame, Burung Kutilang, ‘1, 2, 3, 4’, Cublak Suweng, Bunda Piara, Bangun Tidur, Balonku, Cicak-cicak di Dinding, Lompat Katak, Lihat Kebunku, Ke Ladang, Anak Kambing Saya, Kasih Ibu, Jual Buah-buahan, Hujan, Helli, Sayonara, Anak Ayam, Semut-semut Kecil, Nama-nama Rasa, Sang Kodok, Satu Tambah Satu, si Kancil, Kapal Api, Topi Saya Bundar..

dan masih banyak lagi… semuanya meski udah lama… tapi berkualitas. Nggak percaya?

Nah,  silakan dengarkan atau nyanyikan lagu anak-anak tersebut tadi. Contohnya nih, kalau masih ingat….

Lagu “Dua Mata Saya”.. untuk mengenalkan anggota badan. Ini penting bagi pertumbuhan dan perkembangan anak untuk mengetahui anggota badannya sendiri mulai dari rambut, mata, hidung, mulut, tangan, kaki dan contoh benda-benda yang dikenakan sehari-hari yaitu sepatu dipakai di kaki dan topi itu di kepala. Apa kegunaan mata, hidung dan mulut. Lalu lagu “Menari” yang mengajarkan menyanyi dan menari bersama kawan-kawan menggerakan badan dan menggoyangkan pinggang.

Lagu “Topi Saya Bundar”.. untuk mengenalkan bentuk dari benda yang dapat dikenakan di kepala yaitu topi. Topi yang bulat yaitu berbentuk lingkaran. Lagu “Balonku” menjelaskan tentang benda kesukaan anak yaitu balon yang berwarna-warni terdapat nama-nama warna dan cara menghitung jumlah balon setelah dikurangi yang pecah.

Lagu “Kapal Api”.. untuk memperkenalkan pada alat transportasi laut yang anak-anak sukai dan bisa dijumpai di pesisir atau pelabuhan. Juga untuk transportasi darat ada lagu “Naik Delman” untuk memperkenalkan transportasi jaman dulu tapi masih lestari sebagai wahana wisata keliling kota (Yogyakarta) atau keliling salah satu tempat pelesir (di alun-alun kota).
“Kereta Apiku”. Pasti anak-anak suka melihat kereta api yang melintasi jalanan di atas rel dengan suara bisingnya yang khas, tapi di lagukan dengan suara ‘naik kereta api…tuuuut… tuuut… tuuuut!”. Juga mengenal nama kota besar di Indonesia yaitu Bandung dan Suarabaya.. 😀 tidak lupa.. bahwa kereta itu berhenti di stasiun. Wah tempat yang menarik untuk diceritakan kepada anak-anak bukan? Bahkan Harry Potter saja pergi ke Hogwarts dari stasiun kereta api ;).

Lagu “Sayang Semuanya” yang liriknya ‘satu-satu aku sayang ibu” itu mengajarkan anggota keluarga inti dan menyanyangi mereka 😉

Lagu “Nama-nama Rasa” untuk mengajarkan anak mengingat apa yang dapat dikecap dari makanan yang berbeda seperti manis dari gula, asin dari garam, kopi itu pahit dan cabe itu pedas.

Lagu “Jual Buah-buahan”… lagu yang menyenangkan karena memperkenalkan macam-macam buah dan mengajak anak untuk main berjualan bersama.

Selebihnya masih banyak yang bermanfaat seperti lagu berhitung “1, 2, 3, 4”, “Satu Tambah Satu”, “Anak Ayam” dan “Sayang Semuanya” yang tadi dibahas juga.

Lagu yang menghargai jasa para pahlawan kemerdekaan bangsa kita juga ada kan, seperti lagu “Layu Melati”.. meski sendu dan melow tapi dalam maknanya, lho. Kalki saja tertarik dengan lagunya. Tapi dia lebih banyak suka lagu yang riang dan ceria.

Lagu berbaha daerah seperti “Cublak Suweng” yang memperkaya bahasa pribumi nan lucu liriknya. Kalau lagu Bali ada “Meong Meong” lagu tentang kucing yang diminta menangkap tikus pengganggu, “Cakup-cakup Balang” mirip dengan “Pok Ame-ame”, yap. Tapi tentang belalang yang melompat dan berhubungan dengan anak kecil yang lagi tumbuh gigi dan belajar jalan. Hihihi imutnya…

Lagu “Bangun Tidur”, “4 Sehat 5 Sempurna”, “Anak Kuat” dan “Aku Anak Sehat”, “Yok Makan Bersama”…. semuanya berisi tentang pola makan dan rutinitas yang baik untuk dilakukan sehari-hari. Mengajarkan membentuk kebiasan yang baik sejak dini seperti bangun tidur lalu membereskan kamar, rajin mandi dan gosok gigi, cuci tangan sebelum makan, makan makanan begizi supaya sehat dan kuat, serta ajakan ke Posyandu :).

Lagu-lagu tentang lingkungan pun ada dan beragam seperti “Lihat Kebunku”, “Hujan”, “Pelangi-pelangi”, “Desaku”, “Ke Ladang”, “Naik-naik ke Puncak Gunung”, Bintang Kecil dan Bintang Kejora yang isinya mengenai keindahan alam dan kelestarian lingkungan. Mengajak anak mengamati dan menikmati alam sekitarnya dan menjaga supaya tetap lestari.

Tentang tebak-tebakan…. coba deh dengarkan lagu “Kukuruyuk” dan “Teka-Teki”….  nah asyiknya nyanyi bareng nih buat sahut-sahutan jawabannya.

Lagu yang mengajarkan macam-macam binatang dengan perilaku unik mereka seperti lagu terkenal “si Kancil”. Lalu ada “Semut-semut Kecil”, “Anak Ayam” pun juga masuk hitungan lagi, “Cicak-cicak di Dinding”, “Sang Kodok”, Lompat Katak”, “Burung Kutilang” tak lupa “Helli” untuk mengajarkan tentang hewan peliharaan anjing yang lincah.

Lalu ada lagu lucu
“Anak Kambing Saya” dengan nada ceria dan lirik seperti pantun. Juga “Burung Kakaktua” Ada juga lagu “Anak Monyet” yang ga kalah serunya hingga lagu “Potong Bebek Angsa” yang mengajak berdansa 😀

Semua lagu anak-anak lama itu seperti lagu “4 Sehat 5 Sempurna” yang meski udah ganti PUGS (Pedoman Umum Gizi Seimbang) atau PGS yah.. tapi liriknya tetap bagus untuk anak-anak…. dari pada anak-anak nyanyi lirik lagu orang dewasa yang maknanya bukan untuk usia mereka, kan, maka dari itu semoga lagu anak-anak semakin banyak dan bervariasi didukung oleh penyanyi-penyanyi anak yang pandai-pandai dalam mempopulerkanya. Inget nggak tuh;

Lagu “Rame-rame”, “Jangan Marah” oleh Trio Kwek-kwek (Dea Ananda, Alfandi dan Leoni),

“Du Di Dam” oleh Eno Lerian,

“Dibok-obok” oleh Joshua Suherman,

Lalu ada Chikita Meidi, Meisy (penyanyi dan pembawa acara “Ci Luk Ba!),

Tasya, Giovanni, Agnes Monica, Eza Yayang dan siapa lagi ya…? Sampai lupa gimana nulis nama-nama mereka saking udah lamanya mereka mempopulerkan lagu anak bermutu baik dalam lirik dan musiknya.

Dulu itu jaman saya masih kecil tahun 90-an, orang tua saya sempat membelikan saya album Trio Kwek-kwek yang saya ingat betul, mama saya mencarikan kaset albumnya di pertokoan di Sidoarjo :’) dan album lagu kompilasi anak-anak di Jembatan Merah Plaza (JMP) di Surabaya.

Makasih banyak ya… ayah dan mama. Intan sayang ayah dan mama.

I’ll represent their love and compassion to my sons

image

Album Good Puppies yang isinya foto-foto pilihan saya. Saya bawa saat saya keluar rumah orang tua saya. Untuk kenangan seperti saat ini, setelah menikah dan punya dua anak.

Lirik lagu ditulis dari memdengarkan masing-masing lagunya

Koleksi foto pribadi

♡ Intan Rastini

Advertisements

Thank you for reading my post, hope you enjoy it. Please... don't type an active link in the comment, because it will be marked as a spam automatically. I'd love to visit your blog if you fill the "website" form :)

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s