Diet untuk anak alergi (diet BSTIK)

Karena Kalki waktu lahir ga bisa langsung dapet ASI, maka dikasi oleh bidan susu formula, eh ternyata pupnya Kalki berdarah! Setelah cek ke dokter anak, dugaan diagnosa dokter adalah intoleransi laktosa. So, setelah itu ganti sufor hidrolisat. Dan hasilnya setelah minum itu untung udah nggak apa-apa. Trus aku diet bebas laktosa deh, karena aku udah bisa menyusui Kalki secara full.

Meski begitu… Ruam popoknya Kalki udah diobati dengan berbagai macam cara, sudah melaksanakan anjuran bidan, dokter.. Udah pakai salep ini itu, kasi bedak bayi, bedak jamur yang diresepkan, minyak san hong (obat cina), VCO.. Udah ga nyuci clodi pakai detergen bayi tapi pake eco ball, udah ga pernah pakai pospak dan baby wet tissue… Sering ganti popok, diangin-angini pantatnya pas berjemur 30 menit, pantat direndam air hangat pas mandi pagi dan sore… Tapi tetep aja ruamnya muncul. Jadi kecurigaanku dan mama adalah karena alergi! Sedangkan suami punya pandangan berbeda, dia pikir selama pupnya belum berkurang frekuensinya maka ruam itu akan susah benar-benar sembuh. Aku juga berpikir demikian ditambah lagi kulit pantat Kalki emang aslinya sensitive banget kali ya?

Setelah seek help sana sini, my bestfriend ngasi kopian instalasi rawat jalan untuk alergi dari poli anak. Ini isinya…

Dikeluarkan oleh poli alergi – imunologi anak RSU Dr. Saiful Anwar

• Selama tiga minggu, hindari makanan pantangan, termasuk makanan dengan pewarna & pengawet (misal: chiki, cheetos, dsb).
• Setelah berpantang 3 minggu dan gejala alergi hilang → setiap minggu dapat mencoba 1 jenis makanan pantangan (misalnya: susu sapi) diberikan setiap hari sedikit-sedikit.
• Bila muncul gejala alergi, berarti anak alergi dengan jenis makanan tersebut → hentikan makanan yang dicoba dan obati gejala alergi.
• Bila tidak muncul gejala alergi, berarti anak tidak alergi dengan jenis makanan tersebut → makanan tersebut boleh dikonsumsi.

B
Pantangan (tidak boleh dimakan):

Semua buah termasuk bahan makanan yang mengandung buah misalnya: • sayur asam, rawon, sayur nangka, gudeg, sayur labu
• saos tomat, sambal, santan
• Cokelat, emping, permen

Pengganti (boleh dimakan):
Semua sayur dari daun-daunan & umbi-umbian: kentang, wortel, ketela pohon, ubi jalar, lobak, bengkoang, bawang.

S
Pantangan:
Susu sapi dan bahan makanan yang mengandung susu sapi biscuit, keju, es krim, kue, permen

Pengganti:
Susu formula hidrolisat whey/casein: Nan HA, Nutrilon HA, Enfamil HA, Pepri Junior Susu formula kedelai: Nutrilon soya, Nursoy, Prosoben

T
Pantangan:
Telur ayam/bebek/burung & daging ayam/bebek/burung, termasuk bahan makanan yang telor: bakmi/mie, indomie, roti/kue

Pengganti:
Tahu, tempe dan produknya
Kue tidak mengandung susu sapi dan telur: kue mangkok, kue lapis, kure bikang

I
Pantangan:
Ikan air lau & tawar, udang, kepiting, kerang, dsb. Termasuk bahan makanan yang mengandung ikan/udang: petis, terasi, kerupuk

Pengganti:
Daging sapi atau kambing boleh digoreng atau disate dengan bumbu kecap

K
Pantangan:
Kacang tanah, kacang hijau, termasuk kecambah & bahan makanan yang mengandung kacang tanah/hijau: hunkwe, su’un, bumbu pecel/gado-gado

Pengganti:
Kedelai, buncis, kacang panjang, kacang merah, mie berah (bihun)

Mari kita lakukan observasi satu per satu..! Hmmm agak repot dan makan waktu lama juga nih untuk figure out makanan apa yang benar-benar menyebabkan Kalki alergi. Atau mungkin malah tidak ada karena teori suamiku yang benar 🙂 let’s see…

Advertisements

10 thoughts on “Diet untuk anak alergi (diet BSTIK)

  1. Pingback: Pedoman MPASI (advanced) | Intan Rastini

  2. Pingback: Tips Memerangi Ruam Popok | Intan Rastini

  3. halo mba, anak saya alergi…pupnya jg berdarah krn sy ksh sufor..trus gimana ya pas 6bulan?karena saya campur asi n sufor(susu neocate asam amino) , asi saya tdk cukup buat baby saya…udah gt sufor alergi kan rasanya pait banget tuh, baby saya uda mulai nolak sedih deh…bisa share pengalaman berjuang dengan alergi ini?

    • maaf mba, saya tdk ada pengetahuan medis yang cukup untuk menjelaskan. saran terbaik saya adalah konsultasikan dengan tenaga medis terdekat, bisa bidan atau dokter anak 🙂
      Pengalaman pribadi saya mengajarkan, hindari makanan pencetus alergi. kasus anak saya, susu sapi dan produk olahannya. jika terlanjur mengkonsumsi pencetus, maka saya beri bedak pada ruam dan gatal-gatal di kulitnya, jika reaksi lebih dari itu saya bawa ke bidan.

  4. hello moms…kalo boleh tau ini dsa nya dokter siapa yak?anakku jg punya bakat alergi,kalo kena makanan alergen jadi tuh muncul alerginya,makasih

  5. Mom’s, aku mau Tanya finally ketahuan nggak alerginya apa? Trus Cara diet nya gimana? Langsung semua di Partangiangan atau /3 minggu ganti2an?

  6. Saya coba gantian pada akanan yg kita curigai alergi. Kalo ternyata ga ada reaksi alergi jgn lupa catat mom. Nanti kalo udah lolos makanan tsb baru coba jenis yg lain kita curigai alergen thd anak. Catat kalo ada reaksi alergi.

    So far… anak saya udah 3 tahun dan dia jg minum susu Dancow 1+, Dancow Datita dan susu UHT anak… dia ga ada reaksi alergi lagi seiring badannya udah bisa adaptasi terhadap susu sapi. Waktu bayi itu terus saya susui dengan ASI hingga 1,5 thn trus sapih karena hamil kedua. Pas disapih itu mulai minum susu Dancow 1+ nggak ada reaksi alergi apa-apa. Terhadap makanan lain pun tidak syukurnya.

    Semoga membantu mom Dara 🙂

Thank you for reading my post, hope you enjoy it. Please... don't type an active link in the comment, because it will be marked as a spam automatically. I'd love to visit your blog if you fill the "website" form :)

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s