Tumis Sayur Warna-Warni

Saat bosan makan sayur berkuah, masak tumis sayuran saja. Apalagi biasanya kalau lagi ngasi makan anak-anak suka kelamaan. Nah, kalo sudah kuah sup nyampur dengan nasi, nasi jadi ngembang kan? Biasanya saya akali dengan buat tumis sayuran sebagai ganti sup sayuran.

Bahan:

  1. 250 gr udang kupas cuci bersih
  2. 1 ikat sawi hijau cuci bersih
  3. 2 buah jagung manis dipipil
  4. 2 buah wortel cuci bersih
  5. 1 batang seledri
  6. 1 lombok merah
  7. 9 siung bawang merah
  8. 7 siung bawang putih
  9. Merica secukupnya
  10. Ketumbar secukupnya
  11. Garam secukupnya
  12. Minyak goreng untuk menumis


Cara Memasak:


  1. Potong-potong sawi hijau, potong wortel berbentuk korek api
  2. Iris-iris lombok merah dan seledri
  3. Kupas bawang merah dan putih lalu iris tipis
  4. Panaskan minyak untuk menumis
  5. Masukan bawang putih, bawang merah dan irisan lombok, aduk-aduk hinga harum (di foto saya tidak pakai lombok saat ditumis karena anak-anak saya tidak suka)
  6. Masukkan jagung pipil dan wortel, aduk rata hingga wortel lunak
  7. Masukkan udang, aduk hingga udang berubah warna
  8. Masukkan sawi hijau dan seledri
  9. Tambahkan bumbu merica, ketumbar dan garam, aduk rata hingga sawi layu
  10. Cicipi masakkan, jika rasa sudah pas, masakkan bisa disajikan

Kenapa udang dimasukkan setelah jagung dan wortel matang?  Supaya nggak overcooked. Tau sendiri kan kalau sea food paling cepat matang, tapi kalau sudah terlalu matang rasanya bakal luget atau kenyal dan sedikit alot, jadi nggak empuk lagi. Kalau kata Kang Peppy sih, “dagingnya pas digigit ada perlawanan”.

Advertisements

Cap Cay Ayam a la Mama Kalvin

Masakan ini termasuk banyak bumbunya. Kalo ngikutin resep asli Chinese food ini bakalan pakai ciu, sejenis bumbu fermentasi berbentuk cair. Jaman saya dulu kuliah sempat praktek bikin Cap Cay, katanya dosen saya aslinya Cap Jay namanya. Artinya lupa, hehehe..

Cap Cay sendiri ada dua macam. Dan ini saya baru tau dari suami saya. Cap Cay kuah putih dan kuah merah. Kuah putih berarti tidak pakai tomat. Kalau merah karena pakai tomat atau saus tomat. Kebetulan kali ini saya pakai saus tomat tapi tidak terlalu banyak jadi kuahnya masih kelihatan putih.

Bahan:

  1. 1 potong dada ayam diblansir
  2. 2 buah ati ayam
  3. 750 ml kaldu ayam
  4. 1 butir telur kocok lepas dan beri sedikt garam
  5. 8 helai sawi hijau
  6. 4 helai sawi putih
  7. 6 lembar kubis
  8. 1 buah wortel kupas kulitnya
  9. 1 batang seledri
  10. 1/4 bagian lobak kupas kulitnya
  11. 2 batang buncis siangi serat kasarnya
  12. 9 siung bawang merah
  13. 7 siung bawang putih
  14. 3 sdm saus tomat/ 1 buah tomat
  15. Merica secukupnya
  16. Ketumbar secukupnya
  17. Garam secukupnya
  18. 1 sdm minyak wijen
  19. minyak goreng untuk menumis
  20. 1 sdm tepung maizena larutkan dengan air secukupnya


Cara Memasak:

  1. Potong-potong sawi hijau, sawi putih, kubis, wortel, lobak, buncis (potog serong) dan seledri
  2. Kupas bawang merah dan bawang putih lalu iris tipis
  3. Potong-potog daging ayam dan ati ayam
  4. Panaskan minyak goreng untuk menumis bawang dan tomat (jika memakai tomat)
  5. Masukkan bawang merah, bawang putih dan tomat (jika pakai), tumis hingga harum dan tomat layu
  6. Masukkan telur ayam, aduk secara acak
  7. Masukkan daging ayam dan ati ayam, aduk
  8. Masukkan wortel, buncis dan lobak, aduk rata
  9. Masukkan seledri, sawi hijau, sawi putih dan kubis, aduk
  10. Jika sayuran sudah layu, tambahkan kaldu ayam
  11. Beri bumbu merica, ketumbar, garam, saus tomat dan mimyak wijen
  12. Untuk kuah yang sedikit kental, tambahkan larutan tepung maizena
  13. Didihkan kurang lebih 5 menit atau hingga sayuran matang tapi tidak sampai berubah warna menjadi lebih gelap
  14. Cicipi apakah rasanya sudah pas
  15. Cap Cay Ayam siap dihidangkan

Jika ingin Cap Cay seafood, daging ayam dan ati ayam bisa diganti dengan udang, cumi-cumi dan daging kepiting. Kaldunya pun bisa pakai kaldu udang.

Sebenarnya Cap Cay nggak pakai seledri, buncis dan lobak, karena bahan-bahan ini lebih cocok untuk sup ayam, ya? Tapi kalau saya pakai karena rasanya tetap enak kok, malah sekali makan dapat bermacam-macam sayur. 🙂

Silakan dicoba veggie lovers…

♡ Intan Rastini

Resep Omelet Daun Katuk

Si kecil nggak suka makan sayur? Ah sayurnya dicampur ke kocokan telur saja seperti pizza… resep ini sering saya buat untuk Kalki saat sarapan. Mudah, cepat dan bergizi. Bahan-bahannya pun mudah didapat. Kalau sudah dimasak di teflon.. baunya semerbak haruuuumm banget bikin ngecesss… bagus juga sebagai ASI booster untuk ibu menyusui seperti saya, lho!

image

Bahan
1. 2 butir telur ayam
2. 10-15 lembar daun katuk muda (bisa juga diganti dengan 5-7 daun bayam muda, lho!) cacah halus
3. 1/3 wortel lokal diparut.
4. 7 ekor udang segar kupas dan cuci bersih lalu potong kecil-kecil
5. 1 siung bawang merah iris tipis
6. Garam beryodium secukupnya
7. Merica secukupnya
8. 1 sdm minyak goreng

Cara Membuat
1. Kocok 2 telur dalam mangkok
2. Masukkan sayuran, udang dan bawang ke telur lalu kocok dengan merata. Tambahkan merica dan garam, aduk.
3. Panaskan minyak di atas teflon dengan api kecil dan ratakan permukaan teflon dengan minyak.
4. Tuang adonan omelet ke atas teflon lalu tutup teflon.
5. Setelah tercium aroma omelet, cek jika permukaan bawah sudah kecokelatan lalu balik permukaan omelet agar kedua sisi matang merata, tutup kembali teflon.
6. Sajikan omelet dengan dipotong-potong seperti pizza…

image

Makannya udah kayak di cafe pizza aja

Selamat mencoba! Enak lho… this recipe is tried and true. Rasa daun katuk sedikiiiiit pahit namun dipadukan dengan udang dan wortel yang manis jadi kombinasi yang pas.

image

♡ Intan Rastini

Kalki’s Dinner Dish Recipe

This is it… A stainless bowl of a dinner dish for a 10 months and 3 weeks baby boy (з´⌣`ε) (๑ⁿ⌣ⁿ๑) .. (Don’t forget a glass of water for (in case of choking) during and after meal)

A porridge of white rice and the red rice mixed and then boiled into one sauce pan with water. At first, clean the rice from tiny stones or dirt, and then wash it under the tap water :). Next boil it with a pot or a sauce pan with extra water because red rice needs about 1/4 more water rather than the white one. Stir it often so it’s mixed well, when it’s getting cooked, add some chicken stock (I use “ceker” or chicken’s feet stock). After that stop the stove when it gets very sticky and the water reduce.

Mix Veggies of carrot and beans or we call it here “buncis” (•ˆ⌣ˆ•)/ ..
Starting by clean all the veggies under the tap water and rub it until you’re sure they are ready to be cooked! Set the steamer, I use a stainless steel steamer pot, so I fill it with the enough water which is needed. And then put it on the stove.. Don’t forget to ignite it baby :D.. After the steamer’s water gets hot enough, put the veggies on the heat proof bowl and brought the bowl inside the steamer. Steam it about 10-15 minutes. After it’s not quite hot, take the veggie out of the steamer, pick carrot or the beans first so you can chop it with a knife. Save the chopped veggies to steamer back is a good idea I usually do (✽ ˚ ⌣ ˚).

And now, the Tempe! Yyyyieeeeey!!! Traditional fermented soy bar!! I already cooked the Tempe with the steamer too! Hahahahahaha it’s hilarious how I forgot to tell how to steam the Tempe together with the veggies in the same steamer! Ah!

However, I open the plastic wrap of the Tempe I bought from the veggies seller then I cut it into cubes shape. What I do next is just put the Tempe cubes into a bigger bowl and let it be steamed with the veggies above (that I’ve just told you at the paragraph before). After it’s well-cooked, I let the Tempe cool down for about an hour maybe.. So I can use the blender and make it as a smooth puree Tempe. Use 1-2 tablespoon of puree Tempe as a addition of the porridge and then I keep the rest in a mini storage box as a ransom in the refri. ƪ(ƪ_‾̴̴͡͡ ﻬ ‾̴̴͡͡)

Sorry what I serve is for Kalki’s dinner. And he ate it enthusiastically, thank you, Kiboy :-* .

Good night! Mama loves you, Ki ♥♡ ..

Ρ.S. Oh no, papa gets sick too.. He sneezes a lot. And he has just caught a cold just like mama now :(.