Berat Badan Kalki dan Kavin Juli – Desember 2017

Dalam 6 bulan terakhir saya rekap berat badan Kalki dan Kavin sebagai berikut:

Juli 2017

Kalki: 16,9 kg (turun 300 gr dari bulan Juni 2017)

Kavin: 12,3 kg (naik 100 gr dari bulan Juni 2017)

 

Agustus 2017

Kalki: 17,1 kg (naik 200 gr)

Kavin: 12, 1 kg (turun 200 gr)

 

September 2017

Kalki: 18 kg (naik 900 gr)

Kavin: 12,9 kg  (naik 800 gr)

 

Oktober 2017

Kalki: tidak timbang karena terlambat datang dari sekolah

Kavin: 12,2 kg (turun 700 gr)

 

November 2017

Kalki: 17,2 kg (turun 800 gr dari bulan September)

Kavin: 12,1 kg (turun 100 gr)

 

Desember 2017

Kalki: 17,4 kg (naik 200 gr)

Kavin: 13,2 (naik 1100 gr)

 

Catatan tambahan: karena bulan ini sudah posyandu di tanggal 11 Januari  2018, maka saya tulis sekalian berat bada Kalki dan Kavin bulan Januari 2018.

Kalki: 18,1 kg (naik 700 gr)

Kavin: 13,3 kg (naik 100 gr)

IMG_20180108_104828_1.jpg

Kakak Kalki dan Adik Kavin sudah biasa cukur rambut. Habis cukur rambut dapat hadiah es krim

Hari ini genap adik Kavin berusia 2 tahun 9 bulan atau 33 bulan. Adik kavin sudah bisa apa saja?

  • Kavin 2 tahun 8 bulan di pertengahan Desember saat Kakak Kalki liburan 2 minggu di Surabaya, udah nggak nangis lagi kalau mama sikatin giginya
  • Kavin 2,5 tahun udah mulai mau kencing di luar atau di atas WC tapi tetap masih ngompol di clodi
  • Udah mulai ngomong, “aduh”, “udah”, “mobil”, “mati”, “jatuh”, “itu”, “ini”, “halo”, “oma”, “kumpi”, “papa”. Kalau ditanya apa adik sudah mandi jawabnya “udah”, lalu saat ditanya siapa yang mandiin atau kapan mandinya jawabannya “udah” juga 😀
  • Kavin mengerti permintaan orang tuanya jika diminta ambil bantal dia akan mengangguk jika mau mengambilkan, lalu diambillah bantal, kadang juga masih ada yang salah saat mama minta ambil bantal eh yang diambil guling.
  • Suka menggunting kertas atau karton. Kalau dia lihat gunting pasti minta diambilkan kertas atau karton untuk digunting.

Untuk Kakak Kalki yang sudah masuk PAUD, apa aja ya yang sudah bisa dia lakukan?

  • Sudah bisa meniru tulisan angka dan huruf
  • Menggambar mobil dan truk keruk kesukaannya
  • Menulis nama sendiri meski kadang suka lupa huruf i terakhir di namanya
  • Bisa bercerita yang dia karang sendiri
  • Bertanya Bahasa Inggrisnya benda-benda yang dia inginkan seperti, “Bahasa Inggrisnya baju apa?”

Sepertinya itu saja dulu. Sampai 6 bulan berikutnya, ya… semoga anak mama sehat selalu, pintar dan ceria. Untuk adik Kavin semoga makin fasih dan lancar ngomongnya.

Intan Rastini.

Advertisements

Update Perkembangan Kakak dan Adik Feb’16

Kalki
Berat: 14 kg (turun 1 ons)
LK: 50 cm (tetap)
Tinggi: 93 cm

Kavin
Berat: 9,3 kg (naik 3 ons)
LK: 47cm (tetap)
Tinggi: 75 cm
• Sudah dapat kapsul vit. A biru di Posyandu bulan Februari
• Vaksin campak pun sudah dan adik tidak demam

image

Waktu vaksin campak adik di Pustu Angkah 6 Feb'16

Adik Kavin udah 10 bulan, nih…
♥ Kavin udah bisa makan nasi. Dia suka nimbrung kalo papa mamanya lagi makan atau pada saat nyuapin kakak Kalki. Jadi adik udah maem menu makanan keluarga tapi ga setiap hari juga. Mama tetap masak one dish meal di Slow Cooker buat adik

image

Maem pepes ikan nila menjelang Galungan. Wortel rebusnya disikat duluan

image

Maem sendiri... pengen deh beli booster chair buat Kavin

♡ Adik udah bisa tepuk tangan.. kalo kita bilang “mana tepuk tangannya?” Dia bakalan tepuk tangan. Saat mama nyanyi “Pok Ame-ame” adik bakalan tepuk tangan juga. Kalo orang tepuk tangan dia ikutan tepuk tangan. Kadang dia tepuk tangan sendiri ga tau kenapa hehehe..

♥ Udah bisa menunjuk dengan telunjuk. Terutama jika ada cicak dia akan menunjuk cicak tersebut. Kalo kami bilang, “mana cicak?”
Kavin bakal mendongak melihat ke arah tembok atas dan mencari-cari cicak sambil menunjuk 😀

♡ Kalo haus, adik akan cari minum. Dan dia minum sendiri dari botol sedotannya

♥ Adik suka memberi sesuatu. Kalo kita menengadahkan tangan di depan adik… trus bilang, “mintaaa…” maka adik akan memberi sesuatu yang ada di tangannya
Nah, Kavin bisa begitu karena mama ajarin dulu tentunya. Kadang mama dan papa tangannya dibuka disuruh nerima barang pemberiannya, lho!

♡ Adik Kavin giginya udah 7. Gigi seri atas 4 dan gigi seri bawah 3

♥ Suka main ci-luk-ba dan ketawa-ketawa

♡ Tau kalo orang mau pergi dia bakalan melambaikan tangannya ‘dadah-dadah’ gitu

♥ Sudah suka joget-joget kalo denger musik atau orang nyanyi

♡ Sudah berani manjat sofa dan terus hingga memanjat sandaran punggung sofa

♥ Adik dulu kalo turun dari kasur spring bed yang ditaruh di lantai itu caranya tangan dan kepala duluan yang turun ke lantai jadi kayak mau push-up. Sekarang dia udah bisa turun kakinya duluan dan dia membalikkan tubuhnya sehingga bokongnya yang diturunkan setelah kaki satu per satu. Bahkan adik udah bisa turun dari kasur yang di atas dipan kira-kira setinggi 1/2 meter lalu turun dari sofa sendiri dengan aman dan turun dari undakan tangga di teras.

♡ Geleng-geleng kepala kalo nolak maem atau minum atau ga mau sesuatu yang lain

♥ Kadang-kadang mandi pakai air dingin

♡ Sudah mahir terantanan atau rembetan tapi kalo dititah dia belum mau atau belum PeDe?

♥ Mulai asyik main sendiri benda-benda dimasukkin ke bawah kolong sofa atau kulkas lalu tiarap buat mencari benda tersebut

♡ Suka deketin Minnie anjing kami yang jinak. Dan suka kabur saat pintu kebuka

♥ Seneng banget godain Khanza si adik sepupu yang berusia 3 bulan. Matanya, hidungnya, pipinya dicolek-colek. Kadang ditepuk-tepuk gemes. Kalo ga dikasi bakal marah merengek

♡ Suka nggangguin kakak kalo lagi tidur

♥ Rambut udah cukur gundul 2x nih

♡ Suka es krim ASI buatan mama ♡

image

My mom's breastmilk is the best ice cream composition!

Hmmm… saat ini kakak dan adik lagi sakit. Batuk trus demam eh kok adik disusul meler hidungnya. Semoga cepet sembuh ya anak-anak.

image

Periksa ke Pustu karena adik dan kakak batuk dan demam

♡ Intan Rastini