Berat Badan Kalki dan Kavin Juli – Desember 2017

Dalam 6 bulan terakhir saya rekap berat badan Kalki dan Kavin sebagai berikut:

Juli 2017

Kalki: 16,9 kg (turun 300 gr dari bulan Juni 2017)

Kavin: 12,3 kg (naik 100 gr dari bulan Juni 2017)

 

Agustus 2017

Kalki: 17,1 kg (naik 200 gr)

Kavin: 12, 1 kg (turun 200 gr)

 

September 2017

Kalki: 18 kg (naik 900 gr)

Kavin: 12,9 kg  (naik 800 gr)

 

Oktober 2017

Kalki: tidak timbang karena terlambat datang dari sekolah

Kavin: 12,2 kg (turun 700 gr)

 

November 2017

Kalki: 17,2 kg (turun 800 gr dari bulan September)

Kavin: 12,1 kg (turun 100 gr)

 

Desember 2017

Kalki: 17,4 kg (naik 200 gr)

Kavin: 13,2 (naik 1100 gr)

 

Catatan tambahan: karena bulan ini sudah posyandu di tanggal 11 Januari  2018, maka saya tulis sekalian berat bada Kalki dan Kavin bulan Januari 2018.

Kalki: 18,1 kg (naik 700 gr)

Kavin: 13,3 kg (naik 100 gr)

IMG_20180108_104828_1.jpg

Kakak Kalki dan Adik Kavin sudah biasa cukur rambut. Habis cukur rambut dapat hadiah es krim

Hari ini genap adik Kavin berusia 2 tahun 9 bulan atau 33 bulan. Adik kavin sudah bisa apa saja?

  • Kavin 2 tahun 8 bulan di pertengahan Desember saat Kakak Kalki liburan 2 minggu di Surabaya, udah nggak nangis lagi kalau mama sikatin giginya
  • Kavin 2,5 tahun udah mulai mau kencing di luar atau di atas WC tapi tetap masih ngompol di clodi
  • Udah mulai ngomong, “aduh”, “udah”, “mobil”, “mati”, “jatuh”, “itu”, “ini”, “halo”, “oma”, “kumpi”, “papa”. Kalau ditanya apa adik sudah mandi jawabnya “udah”, lalu saat ditanya siapa yang mandiin atau kapan mandinya jawabannya “udah” juga 😀
  • Kavin mengerti permintaan orang tuanya jika diminta ambil bantal dia akan mengangguk jika mau mengambilkan, lalu diambillah bantal, kadang juga masih ada yang salah saat mama minta ambil bantal eh yang diambil guling.
  • Suka menggunting kertas atau karton. Kalau dia lihat gunting pasti minta diambilkan kertas atau karton untuk digunting.

Untuk Kakak Kalki yang sudah masuk PAUD, apa aja ya yang sudah bisa dia lakukan?

  • Sudah bisa meniru tulisan angka dan huruf
  • Menggambar mobil dan truk keruk kesukaannya
  • Menulis nama sendiri meski kadang suka lupa huruf i terakhir di namanya
  • Bisa bercerita yang dia karang sendiri
  • Bertanya Bahasa Inggrisnya benda-benda yang dia inginkan seperti, “Bahasa Inggrisnya baju apa?”

Sepertinya itu saja dulu. Sampai 6 bulan berikutnya, ya… semoga anak mama sehat selalu, pintar dan ceria. Untuk adik Kavin semoga makin fasih dan lancar ngomongnya.

Intan Rastini.

Advertisements

Posyandu Kenanga Baru di Februari

Ada yang baru di Posyandu Kenanga bulan Februari ini…
Udah tau kan bulan Februari ini bulan pemberian vitamin A kepada bayi dan balita?

Nah, kalo udah tau segera bawa bayi dan balita ibu-ibu ke posyandu atau puskesmas terdekat. Karena hari ini Kalki dan Kavin baru aja datang ke posyandu dan pulang bawa 2 bungkus biskuit MPASI untuk balita. Gratis!

Rasanya enak, lho… mamanya aja ikut nyemilin. Awalnya langsung dibuka di Posyandu buat adik Kavin trus sisa dikit papa yang nyobain bilang ke mama kalo rasanya enak. Eh, ternyata memang bener enak. Nyam… nyam… nyam…

Berat badan Kalki dan Kavin setelah ditimbang cuma naik 1 ons aja mereka. Huuh.

Kalki
BB:16,1 kg
TB: 99,5 cm
LK: 51 cm

Kavin
BB:11,5 kg
TB: 83 cm
LK: 49,5 cm

Sudah dapat vitamin A masing-masing 1 butir kapsul merah.

Dan bulan ini mama mulai jadi kader posyandu jadi nggak bisa langsung pulang bareng papa dan anak-anak melainkan masih harus catat-mencatat buku register posyandu bersama ibu-ibu kader lainnya. Lumayan.. pas mau pulang bubur kacang hijau masih ada dan mama ditawari untuk bawa pulang :).
♡ Intan Rastini

Rekap Posyandu Oktober-Januari

Oktober 2016

  • Kalki

BB: 15,1 kg

TB: 97,5 cm

  • Kavin (18 bulan)

BB: 10,9 kg

LK: 49 cm

TB: 79,5 cm
November 2016

  • Kalki

BB: 15,3 kg

  • Kavin

BB: 11 kg
Desember 2016

  • Kalki (3,5 tahun)

BB: 15,5 kg

  • Kavin

BB: 11,2 kg
Januari 2016

  • Kalki

BB: 16 kg

LK: 51 cm

TB: 99,5 cm

  • Kavin (21 bulan)

BB: 11,4 kg

LK: 49,5 cm

TB: 83 cm

Bulan ini Kalki dan Kavin batuk disusul sedikit pilek selama 1 mingguan.
Ini buat catatan pribadi pertumbuhan anak. Maunya mulai tahun ini nyatet beginian setiap 3 bulan atau 6 bulan sekali gitu biar terangkum jadi satu. Ditambah catatan sakit.

Untuk pembanding, nih ada daftar berat badan (BB), lingkar kepala (LK), dan tinggi badan (TB) dari Pokojang. Simak yuk… gambar diambil dari FB Mamy Poko.​

Anak-anak kita sudah ideal belum? Jangan sampai kekurangan gizi maupun kelebihan gizi, ya!
♡ Intan Rastini

Posyandu Kenanga September 2016

Kalki

BB: 15,5 kg (naik 500 gram)

Kavin

BB: 10,7 kg (naik 500 gram)

Uploading…

Ya…. duo kakak-beradik ini.naik berat badannya kompakan pada setengah kilogram yippie…!
Pas posyandu ga ada konsumsi apa-apa nih tumben banget. Biasanya ada giliran yang buatin minuman kacang hijau hangat. Ya mungkin pada sibuk semua dengan rangkaian hari raya Galungan dan Kuningan dari awal bulan September ini sampai hari Kuningan pada tanggal 17 September nanti.

Hari ini Kavin ulang bulan yang ke-17, nih! Happy 17 months old Kavindra Ambara ♥♡♥♥♥♥♡♥

Selain udah bisa jalan, adik juga bisa panggil mama, papa. Bisa angkat satu kakinya juga lho tanpa berpegangan untuk dipakaikan celana. Bisa pakai topi sendiri. Emang Kavin ga banyak celotehnya tapi dia paham instruksi sederhana. Dia pemerhati dan suka waspada jika ada kakaknya, Kalki. Hihi sering berantem sih dalam hal mainan. Kakak Kalki itu kadang kala merebut mainan adik Kavin lalu sang adik marah dan bisa gigit tangan kakaknya atau jedotin kepalanya ke kepala kakaknya gitu. Mama bilang adik kayak badak hehe.

Sebelumnya, saat usia 11 bulan gigi Kavin itu udah nongol maksimal alias fiks 8 gigi susu yaitu 4 gigi seri atas dan 4 gigi seri bawah. Tapi setelah itu lama banget ga ada lagi gigi susu yang nongol dari gusinya. Nah, baru deh awal September ini muncul 2 gigi taring atas dan 2 first molar atau gigi geraham pertama yang letaknya masih sama di bagian atas. Bayangkan, butuh rentang 6 bulan untuk nongolin bakal gigi susunya lagi!

Kavin seneng banget main di luar. Kalo tau pintu kebuka dia bakalan langsung keluar dan biasanya cari sepatu sendalnya buat dia pakai. Dia emang belum bisa pakai sepatu sendal sendiri tapi dia udah berusaha memakaikan ke kakinya hihihi…

Sekian dulu update perkembangan Kakak Kalki dan Kavin. Oh ya, selamat Hari Raya Galungan dan Kuningan untuk umat Hindu sedharma. Semoga dharma selalu menang dalam diri kita masing-masing sehingga mampu menaklukan adharma 🙂

♡ Intan Rastini.