Homemade Chicken Nugget With Cheese and Veggie (Bilingual Recipe)

Sudah lama pingin buat nugget ayam rumahan yang diisi sayur dan keju. Enaknya bisa diisi keju dan sayur sesuai selera kalau homamade. Kalo nugget pabrikan itu emang ada yang berisi keju dan brokoli tapi itu pun berisi brokoli dikit banget. Lagian bikin sendiri buat anak-anak kan bisa nggak pakai pengawet dan penguat rasa.

 

Saat ini saya coba pakai keju cheddar biasa, ntar saya mau coba lagi dengan cara kejunya diselipkan di dalam adonan keju dan memakai keju yang lumer. Maklum keju lumer lebih mahal, jadi percobaan pertama pakai keju cheddar ajah.. Entah kenapa buat nugget ini bikin ketagihan, lho. Seru aja, dan puas saat udah ada stok frozen food di kulkas buat anak-anak. Untuk yang kedua kali saya coba nggak pakai daging ayam aja, tapi juga pork.

Resep ini diambil dari Majalah AyahBunda No.13 24 Juni-07 Juli 2013. Resep aslinya sih adonan nugget dicetak jadi satu dulu di loyang persegi lalu dikukus, setelah dikukus baru dipotong-potong. Tapi saat saya bikin nuggetnya saya bentuk dulu dengan dua sendok makan, lalu dibalur tepung roti baru dikukus. Jadi semua bahan nuggetnya sudah fully-cooked dan bisa langsung dimakan tanpa di goreng lagi.

Lalu di resep asli dari majalah, kejunya diselipkan di dalam adonan nuget bukan di campur. Tapi nggak tau juga gimana caranya, kan adonan mentah nuggetnya digabung jadi satu untuk dikukus? Jadi ini resep saya modifikasi sesuai dengan cara saya memasak. Jumlah sayur dan kejunya pun saya pakai setengahnya dari resep asli karena ternyata 200 gr sayur dan 100 gr keju  itu kebanyakan, euy!

Tapi tetap aja bisa diatur sesuai selera, kalo suka keju ya bisa aja pakai banyak keju. Kalau anaknya nggak terlalu suka sayur dan takut si anak nggak mau makan kalo kebanyakan berisi sayur, ya dikurangi aja.

Homemade Chicken Nugget With Cheese and Veggie

Bahan: – Ingredients:

16122017(006)

I use two kind of meat: chicken and pork, I also add celery to my nugget dough

  1. 500 gram ayam bagian dada tanpa kulit potong kecil – 500 gr chicken breast without the skin
  2. 100 gram buncis, iris tipis – 100 gr sliced beans
  3. 100 gram wortel, potong dadu kecil – 100 gr chopped carrot
  4. 1 batang seledri cincang halus – 1 minced celery leaf
  5. 1 butir telur, kocok lepas – 1 egg, beat it an a bowl
  6. 2 sendok makan tepung terigu – 2 tbs flour
  7. 50 gram keju cheddar, potong dadu kecil – 50 gr cheddar cheese
  8. 2 siung bawang putih diuleg halus – 2 cloves of minced garlic
  9. 1 sendok teh garam – 1 tsp salt
  10. ½ sendok teh lada halus – ½ tsp pepper powder

Bahan Pelapis: – Coating Ingredients:

  1. 200 gram tepung roti – 200gr breadcrumb

Cara Membuat : – How To Make:

  1. Cincang halus ayam. Tambahkan wortel, buncis, seledri, keju, 1 butir telur, bawang putih, garam, lada dan tepung terigu aduk rata. – Mince the chicken meat, add chopped carrot, sliced bean, minced celery, cheese, beaten egg, minced garlic, salt, pepper and flour. Mix well.
  2. Cetak adonan bentuk dengan sendok berbentuk bulatan atau sesuai selera. – Form the nugget mixture into a ball shape or something else as long as you like it.
  3. Balurkan ke tepung roti dan saya remas-remas sedikit biar tepung rotinya nempel. – Roll the nugget mixture into the breadcrumb and squeeze a little bit so the bread crumb is attached deeper to the dough.
  4. Kukus selama 15-20 menit. – Steam all of the nugget mixture for 15-20 minutes.
  5. Masukkan nugget ke freezer atau bisa langsung digoreng hingga kecokelatan. – Keep in the freezer or fry some until they become golden brown.

Saya memang balurkan adonan nugget ke tepung roti dulu baru dikukus, kalau resep dari majalah AyahBunda, adonan dikukus dulu baru diberi bahan pencelup (susu cair, tepung terigu dan telur) dan dibalurkan ke tepung roti. Saya rasa dengan diberi tepung roti saat adonan masih mentah, tepung rotinya lebih bisa nempel, lalu ikut terkukus semua adonannya jadi tidak ada yang mentah. Saat mau dimakan pun saya tidak perlu menggoreng nugget dengan cara deep-fried, tapi bisa di tumis dengan minyak sedikit saja.

Untuk trik menabur tepung roti, sebaiknya ditabur sedikit-sedikit. Karena saya sudah menuang 100 gr tepung roti di mangkok, lalu nuggetnya dibalur tepung roti di mangkok jadinya tepung roti sisanya pun menggumpal terkena adonan nugget. Kalau tepung roti udah meggumpal udah susah deh nempel di permukaan nugget. Lebih baik ditaburi dengan di tuang sedikit-sedikit dengan tepung roti sisanya dibiarkan di kemasan atau wadah terpisah.

Saya buat dengan mencetak menggunakan 2 sendok makan, yang satu bentuknya bulat sempurna yang satu sendok makan biasa yang oval. Itu bisa menjadi 24 nugget. Tapi saya rasa 1 sendok makan itu cukup banyak, sehingga cetakan adonan nuggetnya nggak kebesaran. Lain kali saya mau cetak setengah sendok makan aja.

Stok nuggetnya lumayan buat bekal Kalki ke sekolah besok nih…. Saya udah coba bikin nugget 5 kali, 4 Kali dengan daging ayam dan 1 kali dengan pork.

16122017(010)

left: chicken nugget, right: pork nugget just after being steamed

Yuk ibu-ibu bikin nugget sendiri di rumah yang sehat buat anak-anak. Selamat mencoba… Ibu-ibu udah pernah bikin nugget sendiri di rumah? Lebih suka mana, homamade nugget atau produk nugget yang sudah ada di pasaran?

Intan Rastini.

 

Advertisements