Review “Warung Ketapang” Banyuwangi

Bulan Juni lalu tepatnya Minggu tanggal 17, saya melakukan road trip bersama orang tua, adik saya, Kalki dan Kavin dari Bali ke Surabaya. Setelah berhasil menyeberang ke daratan Jawa, kami segera mencari tempat makan terdekat untuk isi perut. Maklum udah jam makan siang di Jawa, nih.

Nggak jauh dari pelabuhan Ketapang kami langsung menyoroti tempat makan di bagian kiri jalan. Langsung dapatlah tempat bernama Warung Ketapang. Lokasinya tepat di pinggir jalan raya. Tempat parkirnya pun mepet banget sama jalan raya, lho! Tapi space parkirnya untuk mobil masih aman.

Segera kami disodorkan buku menu setelah memilih meja no. 4. Disana meja dan kursinya semuanya terbuat dari kayu dan ukuran mejanya besar-besar seperti meja piknik di taman gitu. Ternyata emang di situ juga menawarkan atau menjual meja dan kursi dari kayu.

Langsung aja gak pakai lama saya pesan nasi goreng seafood 2 piring, buat saya satu dan anak-anak satu porsi berdua. Next saya pesan minuman jus jeruk dan jus alpukat. Ayah saya pesan soto dan nasi putih, mama pesan lele penyet dan adik saya, Ryandi pesan capcay plus sate kambing. Kagak makan nasi die.

Pesanan datang diantar dengan troley. Nasi goreng seafoodnya ada udang, cumi-cumi dan telur. Disajikan dengan acar dan garnish selada plus tomat. Krupuknya nggak ada? Tenaaang… krupuk bisa diambil sesuka hati, disediakan setoples besar di setiap meja dan free of charge! Sebelumnya, sembari nunggu makanan pesanan kami datang, mama saya dan adik saya asyik tuh ngunyah kerupuk hihi… Nasi gorengnya enak dong. Saya abis satu porsi sedangkan anak-anak lihat omanya makan lele goreng eeeh pengen juga.

Akhirnya oma pesan lagi lele goreng aja, dapatnya dua ekor dengan ukuran yang ga terlalu besar. Kalki seneng banget sama lele, dia emang bener-bener lahap makan lele goreng. Saya sempat nyobain sotonya, kuahnya berasa banget rempahnya tapi menurut saya cenderung asin, sih. Untuk pesanan adik saya yaitu capcay juga enak. Kalau sate kambing disajikan di atas hot plate. Rasa satenya enak, sih enak, tapi dagingnya itu lho, alot!

Untuk minuman, kami cuma pesan jus jeruk dan jus alpukat itu diminum rame-rame karena selebihnya kami minum air putih yang dibawa sendiri. Jusnya agak kemanisan ya menurut lidah saya, lupa ih buat minta supaya nggak usah ditambahin gula lagi. Baik jus jeruk dan jus alpukat sama-sama dicampur susu kental manis putih. Jadi namanya kayak smoothies gitu buka murni jus buah. Jus jeruk dicampur susu kental manis rasanya enak juga. Mama saya aja suka dan sempat nawarin adik saya sambil berkata, “coba ini jus jeruknya, enak, le!”

Tempat makannya cukup luas, dipenuhi dengan meja-meja kayu yang besar dan berat. Disana disediakan tempat untuk nge-charge hp dengan banyak colokan listrik dan tempat untuk naruh hpnya. Tempat makan ini emang pengertian ya, dengan pengunjung yang sebagian besar melakukan perjalanan jauh. Ada lagi yang unik di belakang meja kasir, yaitu ada sebuah lemari yang ditempel ke tembok berisi tulisan menu makanan yang lucu berupa macam-macam dessert, keju, dan tentang kopi plus kue. Lalu saat selesai bayar makanan di kasir, saya ijin foto ke mbaknya.

Gara-gara anak-anak maunya makan lele goreng, akhirnya nasi goreng seafood pun minta dibungkus bawa pulang. Lumayan, di tengah perjalanan bisa dikasi ke Kavin dan Kalki lagi buat makan sore. Bahkan kemudian saya, Ryandi dan mama pun ikut nimbrung makan nasi gorengnya karena tergoda akan kelezatan rasanya. Mereka membungkus nasi gorengnya dengan kotak dus yang rapi. Total makanan dan minuman yang kami pesan semua adalah Rp 240.000 nett. Setelah perut kenyang, kami melanjutkan. Lagi perjalanan kami ke Surabaya….

P.S. Selamat ulang tahun Oma Kalki dan Kavin, semoga panjang umur, sehat selalu, berbahagia dan sayang keluarga selamanya. Terima kasih udah ngajak Kalki, Kavin dan mamanya liburan ke Surabaya selama liburan sekolah ini. Sayang saya dan Kavin udah balik duluan ke Bali jadi nggak bisa ngucapin selamat ulang tahun secara langsung.

Warung Ketapang

Jl. Raya Situbondo No. 41 Ketapang, Banyuwangi

Hp. 081232983939 Telp. (0333) 510555

❤️ Intan Rastini

Advertisements

4 thoughts on “Review “Warung Ketapang” Banyuwangi

  1. Jadi teringat waktu mampir ketapang pas nyebrang bali waktu sma hihi,

    Wah resto sekaligus jualan furnitur ini berarti ya

    Asyik bgt krupuknya free of charge
    Nasgornya porsi mini tp bikin ngiler

    Sama akupun klo jus or smoothiest (kmanisan) biasanya buat barengan soalnya abis makan besar klo diminum sendiri fulltank hihi

Thank you for reading my post, hope you enjoy it. Please... don't type an active link in the comment, because it will be marked as a spam automatically. I'd love to visit your blog if you fill the "website" form :)

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s