Pap Smear Gratis di Prodia Tabanan dan Singaraja

Tau nggak tahun ini Prodia Bali mengadakan Pap smear gratis hingga 30 November 2018 nanti? Saya baru tau pada bulan Februari, lalu saya pun memeriksakan diri pada tanggal 24 Maret 2018. Ya gratis karena bekerja sama dengan BPJS Kesehatan. Kalau punya kartu BPJS silakan datang ke Prodia untuk Pap smear gratis, masih ada waktu selama 6 bulan ke depan selama kuota masih tersedia.

photo_2018-05-26_07-05-14

gambar diambil dari page Facebook Laboratorium Klinik Prodia Tabanan

Prosesnya cukup datang ke Prodia, saya datang ke lab. Prodia Tabanan di Jalan by-pass Tabanan. Lalu menunjukkan KTP dan kartu BPJS kesehatan. Kartu tersebut discan oleh petugas, sehingga saya tidak perlu memberikan fotokopiannya. Lalu ada beberapa formulir mengenai riwayat kesehatan yang perlu diisi, seperti kapan mens terakhir, di usia berapa pertama kali mens, jumlah anak, alat kontrasepsi yang digunakan, pernah pap smear atau tidak sebelumnya, riwayat kanker pada keluarga dan lainnya.

Selain formulir mengenai riwayat kesehatan, juga ada formulir persetujuan untuk dilakukan cek Pap smear. Setelah semua berkas selesai, saya juga diberi lembaran edukasi mengenai “Sadari” untuk memeriksa payudara sendiri secara mandiri. Supaya kita secara proaktif melakukuan deteksi dini adanya benjolan di payudara yang bisa jadi mengarah pada kanker payudara. Lembaran itu deberikan gratis dan boleh dibawa pulang.

photo_2018-05-26_06-54-52

lembaran SADARI Pemeriksaan Payudara Sendiri dari Prodia Tabanan

Setelah itu petugas mempersilakan saya duduk menunggu di ruang belakang front desk, sembari petugas pemeriksa mempersiapkan peralatan cek Pap smear. Tidak lama kemudian saya dipanggil masuk ke ruang periksa. Ruangannya kecil dan hanya ada tempat tidur empuk dekat ke tembok, di ujung tempat tidur ada dudukan kaki di kanan dan kiri. Di bagian ujung tempat tidur akan dialasi semacam paper tissue lebar lalu saya meletakkan bokong disitu dan kedua kaki dibuka lebar diletakkan di atas dudukan kaki.

Petugas memberi tau saya bahwa spekulumnya baru dan masih bersegel. Spekulum tersebut terbuat dari plastik dengan warna transparan. Lalu mulailah dimasukkan spekulumnya dan saya diminta untuk rileks. Setelah spekulum membuat jalan mulut rahim terbuka, maka sikat ditorehkan ke arah dindingnya. Setelah selesai spekulum pun dilepas dan sikat dengan sample dinding sel epitel leher rahim saya disimpan untuk diperiksa di laboratorium.

photo_2018-05-26_07-01-16

Kalki dan Kavin menunggu mama sedang Pap smear

Petugas menginformasikan saya bahwa hasil bisa diambil 1 minggu kemudian yaitu pada tanggal 1 April. Saya pun diberi nota pengambilan hasil yang berisi catatan tanggalnya. Tapi saya baru bisa ambil hasil cek pap smear pada tanggal 20 April. Oh ya, jadwal Prodia Tabanan buka yaitu pada hari Senin-Sabtu dari jam 7 pagi hingga jam 9 malam. Hari Minggu tutup.

photo_2018-05-17_07-57-12

ambil hasil di Prodia Tabanan

Pap smear itu diperlukan untuk deteksi awal kanker serviks. Setelah 2 bulan menikah, saya pertama kali cek Pap smear di Yayasan Kanker Wisnuwardhana Jl. Kayun, Surabaya. Saat itu saya berusia tepat 21 tahun karena saya periksa setelah ulang tahun saya :). Biaya Pap smear pada tahun itu, tahun 2012 adalah sebesar Rp 100.000. Syukur hasilnya tidak apa-apa sehingga disarankan Pap smear ulang 12 bulan kemudian.

Namun setelah Pap smear pertama saya di Surabaya, saya tidak pernah lagi melakukan cek Pap smear karena saya hamil. Tahun 2013 saya melahirkan Kalki, lalu hamil anak kedua tahun 2014 dan melahirkan Kavin di tahun 2015. Selanjutnya saya mengikuti tes IVA secara gratis yang dilaksanakan tiap tahun oleh Tim Penanggulangan Kanker Serviks Kab. Tabanan, Bali. Saya ikut tes IVA mulai tahun 2016 dan 2017. Lalu tahun ini 2018, saya ikut tes Pap smear gratis di Prodia.

photo_2018-05-26_06-54-53

hasil pemeriksaan Pap smear dan IVA saya

Baik tes IVA maupun pap smear sama-sama untuk mendeteksi awal kanker serviks, ya. Cuma beda metode dan keakuratan hasil, tes IVA atau Inspeksi Visual Asam Asetat dilakukan dengan mengoleskan asam asetat pada mulut rahim dan tes ini dilakukan oleh bidan. Sedangkan Pap smear mengambil sample sel di dinding mulut dan leher rahim untuk dilihat dibawah mikroskop dan memerlukan dokter spesialis untuk pelaksanaannya. Hasil tes IVA bisa didapatkan pada hari itu juga sedangkan hasil pap smear menunggu beberapa hari kemudian.

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum tes IVA atau Pap smear yaitu:

  1. Tunggu 4 hari setelah menstruasi berakhir.
  2. Tidak melakukan hubungan seksual dalam 24 jam terakhir.
  3. Sudah mulai menstruasi dan sudah aktif secara seksual.
  4. Tidak sedang hamil.
  5. Tidak sedang masa nifas minimal sudah lebih dari 6 bulan pasca melahirkan.
  6. Tidak dalam pengobatan melalui vagina dan tidak menggunakan permbersih vagina atau vaginal douche 2 hari sebelumnya.
  7. Tidak sedang mengalami keputihan parah karena nanti hasil tidak terlihat
photo_2018-05-26_07-05-24

gambar dari page Facebook Laboratorium Klinik Prodia Tabanan

Kalau mau periksa Pap smear di Lab. Prodia tapi tidak punya kartu BPJS bagaimana? Maka akan dikenakan tarif untuk pemeriksaan sebesar Rp330.000. Kalau mau yang lebih terjangkau, silakan tes IVA di puskesmas, biayanya lebih murah tidak sampai puluhan ribu. “Tes IVA sengaja di desain untuk daerah dengan SDM dan fasilitas kesehatan yang terbatas. Sehingga tidak membutuhkan dokter spesialis untuk melakukannya. ” dikutip dari perkataan dr Hari Nugroho, SpOG dari RSUD Dr Soetomo Surabaya untuk detikHealth.

Selanjutnya dari detikHealth:
“Tak jauh berbeda dengan dr Hari, Dr dr Laila Nuranna, SpOG(K) spesialis obstetri ginekologi dari RSCM mengatakan bahwa sebenarnya keakuratan PAP Smear dan IVA tidak terlalu berbeda. Hanya saja, IVA tidak memiliki rekaman dan informasi pasien sehingga kondisi pasien tidak dapat dipantau dengan baik.

Ia pun mengamini pernyataan dr Hari yang mengatakan bahwa memang IVA ditujukan untuk daerah yang kekurangan SDM dokter spesialis kandungan. Hal itu menurutnya lebih baik daripada tidak melakukan skrining kanker serviks sama sekali.”

Tuh, ada baiknya kan melakukan skrining kanker serviks IVA dari pada tidak sama sekali.

Saya juga memberi tau saudari sepupu saya untuk melakukan pap smear. Sayangnya karena siklus haidnya kurang lancar, yaitu ia belum haid selama 3 bulan terakhir, maka ia tidak bisa melakukan Pap smear melainkan harus berkonsultasi dengan dokter dulu.

Lalu juga ada teman saya yang bertanya apakah perlu Pap smear padahal belum menikah atau aktif berhubungan seksual? Saya jawab tidak perlu karena sasaran utamanya adalah untuk yang sudah aktif secara seksual.

Bagi saya tidak ada rasa takut untuk memeriksakan diri dalam tes IVA atau Pap smear karena prosesnya cepat dan tidak sakit. Tidak sampai berdarah-darah gitu, kok! Saya memang masih menjumpai beberapa orang yang masih ragu atau takut untuk memeriksakan diri. Nah, kebetulan saya copy dan paste dari broadcast Prodia Tabanan:

Sekedar sharing untuk ibu, istri, teman, ataupun saudari yang kita sayangi…

“Di Indonesia, setiap 1 jam, 1 wanita meninggal karena Kanker Servik (Kanker Leher Rahim)“

Kenapa angka kejadiannya tinggi?
Karena: Kesadaran belum ada, Tidak tau bahaya kanker serviks, Tidak bergejala di stadium awal, malu melakukan Pap Smear

Apa penyebab Kanker Servik?
VIRUS Human Papilloma (HPV) High Risk Type

Setiap perempuan tanpa memandang usia dan latar belakang berisiko terkena kanker leher rahim

Apakah kanker Servik bergejala ?
Pada stadium dini gejala tidak khas atau bahkan tidak bergejala, gejala muncul setelah stadium lanjut (perdarahan setelah sanggama, keputihan atau keluar cairan encer dari vagina, perdarahan setelah menopause, keluar cairan kekuningan berbau, bercampur dengan darah

Apakah kanker Servik bisa di Cegah?
Bisa

Caranya?
Melakukan skrining kanker servik
Pap Smear : untuk mengetahui normal/tidaknya sel-sel leher rahim (dari bentuk selnya), dan HPV DNA untuk mengetahui ada/tidaknya virus HPV High Risk

Tingkat kesembuhan lebih tinggi apabila penanganan dilakukan pada stadium awal

Jika hasil HPV DNA dan SSBC secara bersamaan hasilnya normal maka skrining setiap 5 tahun (rekomendasi UPSTF, ACS, ACOG 2012)

Apa yang dilakukan bila hasil Papsmear dan HPV normal ?
Segera berkonsultasi dengan dokter untuk melakukan Vaksinasi

Info : 0361-4790499 / 085 100464047 Prodia Tabanan

Program Pap smear gratis di laboratorium Prodia bekerja sama dengan BPJS Kesehatan ini sangat bagus, saya berharap diadakan setiap tahun. Lalu kedepannya semoga vaksin kanker serviks digratiskan juga oleh pemerintah untuk seluruh wanita Indonesia. Karena kalau hasil Pap smear kita negatif, biasanya akan disarankan oleh petugas kesehatan untuk melakukan vaksin HPV.

Lebih baik mencegah dari pada mengobati. Memang vaksin HPV itu mahal, tapi akan lebih banyak ruginya kalau pemerintah mengucurkan dana buat pengobatan penderita kanker serviks (meski melalui program gotong royong BPJS Kesehatan sekalipun). Karena rakyat yang sudah terlanjut sakit itu berkurang produktivitasnya buat negara dan harapan hidupnya pun rendah. Does it make sense? 

Program vaksin HPV untuk pencegahan kanker serviks itu bisa meningkatan kualitas hidup warga Indonesia. Moms setuju tidak jika vaksin HPV diwajibkan dan digratiskan oleh pemerintah untuk setiap wanita yang sudah memenuhi syarat untuk melakukan vaksin?

photo_2018-05-17_07-58-16

Begitulah sharing saya semoga bisa membantu memberikan kesadaran tentang kesehatan serviks dan deteksi dini kanker serviks.

❤️Intan Rastini

Advertisements

4 thoughts on “Pap Smear Gratis di Prodia Tabanan dan Singaraja

  1. Wah makasih infonya mba kalo saya belum sampat pap smear nih mba😂 semoga kita dan wanita di seluruh dunia selalu sehat aamiin

    • Iya Amin. Kalau buat ibu pasca melahirkan tunggu minimal setelah 6 bulan ya Mbak… Kalau saya sih setahun setelah melahirkan baru skinning lagi hihi 🙂

  2. jadi mengingatkan saya kalau sudah lama tidak papsmear… memang penting sekali papsmear ini, lebih baik merasa tenang setelah periksa daripada merasa takut akhirnya malah tidak jadi periksa…

Thank you for reading my post, hope you enjoy it. Please... don't type an active link in the comment, because it will be marked as a spam automatically. I'd love to visit your blog if you fill the "website" form :)

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s