Perkembangan Kalki di bulan Mei 2018

Kalki udah lulus Posyandu bulan ini…. Yeaaaay….!!! Udah nggak perlu datang ke posyandu lagi, deh tapi masih bisa timbang badan, dong di fasilitas kesehatan secara teratur, timbangnya ga perlu pakai kain gendongan lagi.

Kalki belum 5 tahun sih, dia baru genap 5 tahun nanti di penghujung Mei, tapi udah selesai ikutan posyandu karena posyandunya kan tiap tanggal 11, jadi bulan ini adalah posyandu terakhir Kalki.

photo_2018-05-21_05-40-16

Salah satu perkembangan Kalki akhir-akhir ini, dia udah mau pakai kaos kaki dan sepatu sendiri. Sebelumnya Kaos kaki masih minta dipakaikan dan dia tinggal pakai sepatu, gitu.

Mandi Pakai Air Dingin di Tempat yang Dingin

Bulan ini dia udah pinter mandi pakai air dingin, padahal bulan ini cuaca lagi dingin banget kan karena sering mendung, berhembus angin dan hujan. Tapi akhirnya dia mau mandi air dingin dengan trik yang diajarin papa yaitu Kalki diminta bernyanyi saat diguyur air dingin supaya perhatiannya konsentrasi ke menyanyinya bukan ke dinginnya air. Selain itu menyanyi itu juga bakar kalori, lho!

Kenapa saya bilang mandi pakai air dingin itu pinter? Ya karena kami tinggal di daerah perbukitan yang sejuk, jadi setiap kali mandi bakalan merasakan air lebih dingin dari pada air di pemukiman pesisir sana yang hawanya panas. Dan Kalki itu udah dari dulu dicobain mandi air dingin di saat harus mandi buru-buru tanpa sempat menunggu masak air panas dulu, dan dia tuh rewel banget masalah mandi dengan air dingin!

Bahkan saat kami menginap di lokasi yang panaaaassss banget seperti di Sidoarjo, dia udah jelas kegerahan tiap hari rambutnya basah karena keringat tapi tetap aja nggak mau mandi air dingin. Kami kudu masak air panas dulu tiap doi mandi. Tapi eh sekarang ditawari mandi air dingin kok mau, malah adiknya yang nolak. Padahal biasanya Kavin mau dimandiin air dingin di saat-saat hawanya gerah.

Senang Mengerjakan Maze

Sejak masuk Paud di usia 4 tahun, Kalki mulai suka mengerjakan lembaran tugas yang berisi mencari jalan dari satu titik ke titik lain. Bahkan mama sempat beberapa kali bikinkan kalki sebuah “maze” atau jalan meliuk-liuk beserta gambar mobil-mobilnya.

Kebetulan pada akhir April lalu saya menerima e-mail dari Cassie Yoshikawa yang bekerja di Education.com dan dia menawarkan worksheets gratis. Salah satu worksheetnya adalah sebuah maze! Seneng dong saya, kok bisa pas banget! Akhirnya saya print dan kasi ke Kalki. Saat dikasi Kalki eeeh adiknya ngeliat dan rebutan kertas worksheet deh, mereka.

Karena pada berantem, papa turun tangan dan menyembunyikan worksheet itu. Kalki pun diberi pengertian supaya mengerjakannya saat adik sudah tidur saja. Setelah adik tidur siang barulah Kalki punya kesempatan mengerjakan maze-nya tanpa diganggu sang adik. Saya temani Kalki saat ia mengerjakan tapi saya biarkan dia menyelesaikan sendiri dalam mencari jalan keluar.

Bahkan saat melihat hanya jalanan yang ruwet dia berkata, “ini cari apa?”

Ooh rupanya Kalki terbiasa mencarikan subjek sebuah objek sebagai goal-nya di tujuan akhir. Maka saya gambarkan sebuah capung di sisi jalan terbuka kiri bawah dan sebuah apel di tujuan sisi kanan atas. Lalu Kalki pun menambahkan gambar buah pir dan juga bunga-bunga hahaha…

Screen Shot 2017-11-21 at 12.13.42 PM

Beberapa saat saja di kemudian bilang, “sudah.”

“Lho, sudah selesai?” Tanya mama.

“Iya.”

Begitu saya cek, ternyata memang benar sudah selesai dan kunci jawaban untuk mencari jalan yang benar itu mudah, toh! Nggak menelusuri jalan yang njelimet tapi hampir lurus dan belok satu kali aja. Hahaha, pantesan! Tapi Kalki sempat tertipu dan mencoba menelusuri jalanan yang rumit tetapi ujung-ujungnya buntu.

photo_2018-05-21_05-05-08

Hasil pengerjaan Kalki

Kalau mom and dad mau cari worksheet yang sesuai untuk anaknya silakan cari di referensi ini. Banyak banget tersedia macam-macam tipe worksheet dengan berbagai tingkatan usia dan kemampuan anak.

Macam-macam worksheet yang bisa dipilih ada:

  • Maze (jaringan jalan yang ruwet)
  • Matching list of words with images (mencocokan kata dengan gambar)
  • Word search (mencari kata)
  • Crossword puzzle (puzzle teka-teki silang)
  • Word scramble (kata acak)
  • Addition (penjumlahan)
  • Subtraction (penguragan)
  • Division (pembagian)
  • Multiplication (perkalian)

Sejauh ini Kalki masih suka dengan worksheet maze. Enak kan saya ga perlu capek-capek menciptakan jalan yang ruwet karena bikin maze itu emang susah, bo! Cukup lihat-lihat aja di resource Education.com dan print! Setiap worksheet dihiasi tema dengan gambar-gambar yang lucu. Seperti little crawlies yang imut yaitu lady bug dan catterpillar di worksheet maze-nya Kalki. Bikin gemes dan anak tertarik kaaaan…

Yang bikin terpesona lagi ternyata di koleksi Maze Education.com ada yang bertemakan eco-friendly, lho! Jadi maze-nya berhubungan dengan mencari jalan untuk mematikan saklar lampu, mecari jalan untuk menutup keran air, dan selain lembar keja maze juga ada ide aktivitas seperti membuat kolase dari potongan kertas kecil membentuk bola dunia. Cocok nih, buat ngajarin anak supaya hemat energi dan sumber daya air bersih.

Dari maze yang paling gampil sampai maze yang terlihat lebih membingungkan lagi pun ada yaitu “Rapunzel Tower Maze” yang banyak dan padat banget jalurnya untuk si pangeran dapat bertemu Rapunzel. Tapi tenaaang semua worksheet dilengkapi kunci jawaban, kok. Jadi mom and dad yang pusing cari jalan keluar dari maze-nya tinggal klik answer key aja.

Next saya mau cetak maze yag pemadam kebakaran nih, buat Kalki, soalnya dia suka banget sama fire trucks. Mengerjakan lembaran maze ini ampuh lho mengurangi screen time Kalki 🙂

Selamat mencoba!

❤️ Kalki

♡ Intan Rastini

Advertisements

10 thoughts on “Perkembangan Kalki di bulan Mei 2018

  1. Good boy Kalki 😊
    Usianya gak jauh beda sama anakku yang bungsu mbak Intan.
    Oiya.. Makasih ya referensinya.
    Bagusss bangeett..
    Saya lagi pilih2 mana yg cocok untuk di print buat anakku.

    Nemu ini kayak nemu gudang harta karun ajah buat anak-anak hehehe

    • Iya bener kayak nemu gudang harta karun buat anak-anak. Wah sama ya usianya sama anak kedua mbak Glen? Sedangkan Kalki itu anak pertama saya 🙂
      Bisa dicoba Bun worksheetsnya buat si kecil banyak banget pilihannya!

    • Iya nih ikut jadi peserta posyandu cukup sampai usia 5 tahun di Indonesia. Setelah itu tetap dapat vaksin tambahan dari sekolah. Atau bisa di dapat di klinik.
      Summer disana kan panas-panas sejuk tapi kalau winter ga ketulungan dinginnya.

Thank you for reading my post, hope you enjoy it. Please... don't type an active link in the comment, because it will be marked as a spam automatically. I'd love to visit your blog if you fill the "website" form :)

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s