Cap Cay Ayam a la Mama Kalvin

Masakan ini termasuk banyak bumbunya. Kalo ngikutin resep asli Chinese food ini bakalan pakai ciu, sejenis bumbu fermentasi berbentuk cair. Jaman saya dulu kuliah sempat praktek bikin Cap Cay, katanya dosen saya aslinya Cap Jay namanya. Artinya lupa, hehehe..

Cap Cay sendiri ada dua macam. Dan ini saya baru tau dari suami saya. Cap Cay kuah putih dan kuah merah. Kuah putih berarti tidak pakai tomat. Kalau merah karena pakai tomat atau saus tomat. Kebetulan kali ini saya pakai saus tomat tapi tidak terlalu banyak jadi kuahnya masih kelihatan putih.

Bahan:

  1. 1 potong dada ayam diblansir
  2. 2 buah ati ayam
  3. 750 ml kaldu ayam
  4. 1 butir telur kocok lepas dan beri sedikt garam
  5. 8 helai sawi hijau
  6. 4 helai sawi putih
  7. 6 lembar kubis
  8. 1 buah wortel kupas kulitnya
  9. 1 batang seledri
  10. 1/4 bagian lobak kupas kulitnya
  11. 2 batang buncis siangi serat kasarnya
  12. 9 siung bawang merah
  13. 7 siung bawang putih
  14. 3 sdm saus tomat/ 1 buah tomat
  15. Merica secukupnya
  16. Ketumbar secukupnya
  17. Garam secukupnya
  18. 1 sdm minyak wijen
  19. minyak goreng untuk menumis
  20. 1 sdm tepung maizena larutkan dengan air secukupnya


Cara Memasak:

  1. Potong-potong sawi hijau, sawi putih, kubis, wortel, lobak, buncis (potog serong) dan seledri
  2. Kupas bawang merah dan bawang putih lalu iris tipis
  3. Potong-potog daging ayam dan ati ayam
  4. Panaskan minyak goreng untuk menumis bawang dan tomat (jika memakai tomat)
  5. Masukkan bawang merah, bawang putih dan tomat (jika pakai), tumis hingga harum dan tomat layu
  6. Masukkan telur ayam, aduk secara acak
  7. Masukkan daging ayam dan ati ayam, aduk
  8. Masukkan wortel, buncis dan lobak, aduk rata
  9. Masukkan seledri, sawi hijau, sawi putih dan kubis, aduk
  10. Jika sayuran sudah layu, tambahkan kaldu ayam
  11. Beri bumbu merica, ketumbar, garam, saus tomat dan mimyak wijen
  12. Untuk kuah yang sedikit kental, tambahkan larutan tepung maizena
  13. Didihkan kurang lebih 5 menit atau hingga sayuran matang tapi tidak sampai berubah warna menjadi lebih gelap
  14. Cicipi apakah rasanya sudah pas
  15. Cap Cay Ayam siap dihidangkan

Jika ingin Cap Cay seafood, daging ayam dan ati ayam bisa diganti dengan udang, cumi-cumi dan daging kepiting. Kaldunya pun bisa pakai kaldu udang.

Sebenarnya Cap Cay nggak pakai seledri, buncis dan lobak, karena bahan-bahan ini lebih cocok untuk sup ayam, ya? Tapi kalau saya pakai karena rasanya tetap enak kok, malah sekali makan dapat bermacam-macam sayur. 🙂

Silakan dicoba veggie lovers…

♡ Intan Rastini

Advertisements

4 thoughts on “Cap Cay Ayam a la Mama Kalvin

  1. Waaa ini jenis yg aku suka. Sayangnya kalau disini hrs beli di resto. Dikakilima adanya yg merah pake saus tomat nggak jelas merknya. Kalau capcay jaw jg nggak suka krn isinya gorengan tepung, sayurnya dikit. Harus bikin sendiri kalau dah ada resepnya 😄

    • Ya mak bikin sendiri aja. Dulu saat masih di rumah ortu.. sekeluarga kalo mau makan capcay pesennya di depot masakan chinese food. Enak capcay putih. Kalo ga salah mama saya bilang daging tepung yang dipotong-potong buat isi capcay itu “kekean” 😀

  2. capcay termasuk mknann sehat ya selain sayur2an masaknya juga tak terlalu matang shg vitamin dan mineral gak hilang

Thank you for reading my post, hope you enjoy it. Please... don't type an active link in the comment, because it will be marked as a spam automatically. I'd love to visit your blog if you fill the "website" form :)

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s