Bening Daun Katuk

Cocok banget ini buat ibu-ibu yang baru bersalin arau ibu yang masih menyusui sebagai ASI booster. Buat menu sekeluarga juga cocok. Suami saya aja suka 😉

Bahan:

  1. Udang kupas, cuci bersih 250 gr
  2. Daun katuk cuci bersih, tiriskan 
  3. Jagung manis 2 buah, dipipil atu diserut bulirnya
  4. Bawang merah 7 siung
  5. Bawang putih 5 siung
  6. Ketumbar secukupnya
  7. Merica secukupnya
  8. Garam
  9. Minyak goreng untuk menumis
  10. Air 750ml-1l

Cara Memasak:

  1. Kupas bawang merah dan putih lalu iris-iris tipis
  2. Tuangkan 2 sdm minyak goreng ke wajan teflon lalu tumis bawang merah dan bawang putih
  3. Jika sudah harum, masukkan udang kupas lalu masukkan jagung pipil, aduk-aduk
  4. Saat jagung mulai matang, masukkan daun katuk
  5. Beri ketumbar dan merica sesuai selera dan garam secukupnya, aduk rata
  6. Saat daun katuk sudah mulai layu, tuangkan air, didihkan hingga 10 menit
  7. Silakan dicicipi apa udah pas rasanya, jika belum pas bisa ditambahkan bumbunya
  8. Jika sudah pas rasanya, sayur bening daun katuk siap disajikan

Sarapan saya dengan sate nyuh (sate kelapa) khas Bali dan sup bening daun katuk. Maaf sate nyuhnya nggak termasuk dalam resep hehe.

Selamat mencoba~
♡ Intan Rastini

Advertisements

15 thoughts on “Bening Daun Katuk

    • Coba aja beli di resto atau depot makan khas Bali mbak… Atau cari di pasar tradisional kalo masih di Balli. Biasanya satenya dicampur daging ayam, bebek, ikan laut atau pork dicampur parutan kelapa dengan bumbu lalu dibakar, hmm.. Manis manis gurih

  1. Nasi merah bisa dimakan sama sayur bening juga ta? Budheku sejak beralih ke nasi merah, udah nggak pake sayur lagi. Entah kenapa.. padahal aku pernah makan nasi merah sama sayur bening juga enak kok. Btw daun katuk dijual di pasaran nggak sih?

    • saya baru tau tentang ini. tapi saya biasa makan nasi merah dicampur nasi putih jadi pas masak nasi berasnya dicampur dan cukup sering pakai sayur ga masalah. kalo daun katuk di pasaran saya ga pernah nemu, karena ada di pekarangan jadi tinggal metik aja mbak hehe

  2. Pingback: My New Dutch Deep Fry Pan | Intan Rastini

Thank you for reading my post, hope you enjoy it. Please... don't type an active link in the comment, because it will be marked as a spam automatically. I'd love to visit your blog if you fill the "website" form :)

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s