Skema Menu MPASI Kavin 8 bulan+ dan 9+

Melanjutkan Skema Menu MPasi adik Kavin dari 6 bulan lalu usia 7 bulan…. inilah jurnal menu makanan dilengkapi jadwal makan adik setiap harinya saat usia 8 hingga 9 bulan lebih serta tidak lupa minum cukup air putih juga. 🙂

Jam makannya mengikuti kemauan dan kesiapan adik Kavin untuk makan selain itu juga makanannya pas udah siap dan suhunya diusahakan hangat.

Catatan… mama masak dibantu dengan dandang kukusan dan slow cooker. Saat sarapan biasa masak bubur tepung beras ditambah plain butter yang plain itu.. tidak ada garamnya.. dan ditambah buah seperti pisang, pepaya, labu kuning (kabocha) atau sayur dan umbi seperti kentang, ubi atau labu siam (manisa). Biasanya saat pagi itu sibuk sekali ya makanya masak sarapan yang mudah saja. Siang dan sore baru makan bubur karbohidrat lengkap lauk-pauk dan sayurnya 🙂

Biasanya pagi masak sarapan dengan dandang kukusan jadi tepung beras 1/2 sdm dan plain butter ditambah air panas aduk rata di mangkok stainless steel kecil lalu dimasak di dalam dandang kukusan. Dan setelah itu pagi jam 7 masak untuk siang dan sore dengan slow cooker bubur dari beras, air kaldu/air biasa, sayur seperti wortel, seledri dan lauk seperti tempe, udang, teri medan atau ayam.

Tambahan lain, untuk keju mama hanya pernah kasi sedikit saja ke adik Kavin dan kakak Kalki karena termasuk asin. Perasa asin alami untuk di bubur adik mama dapatkan dari teri medan basah yang gurih alami. Sedangkan udang segar yang dimasak dibubur slow cooker bisa menambah juga sedikit rasa manis lho.

Bumbu dapur bawang putih dan daun salam boleh ditambahkan ke bubur slow cooker untuk aroma. Tapi biasanya sih mama buat untuk di kaldu ayam atau ceker. Lalu saat buburnya pakai kaldu udah cukup aromanya nikmat.

Minggu, 13 Des Kavindra tepat 8 bulan!
8 pagi: tepung beras.merah+butter+mangga
10 pagi: pisang lampung utuh coba dikasi pegang sendiri. Cuma bentar karena pisang lama-lama jadi licin
4 sore: bangun tidur siang baru maem berat beras merah+k.ijo+butter+kaldu udang seledri+terong ungu+wortel+hati ayam kampung → hampir abis
Lanjut: pisang kerok (lupa pisang apa namanya.. pokoknya pisang besar berserat)

image

Senin, 14 Des
7.30 pagi: tepung beras.merah+butter+mangga
10 pagi: pisang lampung kerok
1.30 siang: beras+kaldu udang seledri+k.ijo+ubi ungu rebus+buncis+bawang putih+wortel parut
5 sore: idem + sedikit brokoli (papa baru beli di pasar Dauh Pala pas perpanjang SIM)

Selasa, 15 Des (hujan seharian)
7.30 pagi: tepung b.merah+butter+mangga/pisang (lupa!)
1 siang: beras+k.ijo+minyak kelapa+tempe+lobak+wortel+seledri
5 sore: idem

Rabu, 16 Des (papa nyamsat ke Tabanan)
7.30 pagi: tepung b.merah+butter+pisang
12 siang: beras+k.ijo+minyak kelapa+seledri+daun bawang+tempe+wortel+lobak
3 sore: pisang mas kerok → perut sampai endut buncit
7 malam: idem lunch + telur puyuh 2 buah

image

Kamis, 17 Des
7.30 pagi: tepung b.merah+butter+kentang rebus
12 siang: beras+k.ijo+minyak kelapa+jamur tiram+wortel+lobak+seledri+daun bawang+buncis+kentang rebus+telur puyuh utuh (bagian putih dan kuningnya)
5 sore: idem

image

Jumat, 18 Des
7.30 pagi: tepung b.merah+kentang+kabocha
2.30 siang: beras+k.ijo+minyak kelapa+jamur tiram+kentang+telur puyuh+kabocha+wortel+lobak+daun bawang
6 sore: idem

Sabtu, 19 Des
8 pagi: tepung b.merah+butter+mangga
Skip makan siang, jam 12.15 tidur
4 sore: beras+minyak kelapa+jamur tiram+kentang+wortel+sawi putih+udang utuh kupas (jadi lembut dimasak di slow cooker)
7 malam: idem

Minggu, 20 Des (di luar sedang musim angin kencang)
9 pagi: (abis bangun tidur karena adem hujan) tepung b.merah+butter+mangga
1 siang: beras merah&putih+minyak kelapa+jamur tiram+kentang+ubi+wortel+sawi putih+udang+sawi hijau

Senin, 21 Des (adik 36 minggu)
8 pagi: tepung b.merah+butter+mangga+kabocha+air bekas rebusan kabocha
2 siang: beras merah&putih+minyak kelapa+jamur tiram+seledri+ubi putih+sawi putih+wortel+daun katuk+udang+kabocha (rasanya manis)
7.30 malam: idem

Selasa, 22 Des (Hari Ibu)
8.30 pagi: tepung b.merah+butter+kabocha
1.30 siang: beras merah&putih+jamur tiram+minyak kelapa+ubi+kentang+teri medan basah+seledri+bayam
4 sore: puding mangga buatan mama
6 sore: idem lunch

image

Rabu, 23 Des (Kavin udah bisa minum pakai sedotan)
8 pagi: tepung b.merah+pisang+kabocha (keenceran)
1 siang: beras merah&putih+minyak kelapa+jamur tiram+kentang+ubi+daun katuk+ seledri+buncis+kuning telur ayam yg direbus terpisah (tidak alergi)
6 sore: idem

image

Kamis, 24 Des
6.30 pagi: keju cheddar potong
8 pagi: tepung beras merah+butter+pisang
1.30 siang: beras merah&putih+minyak kelapa+jamur+buncis+teri medan basah+tempe+wortel+lobak+seledri+sawi hijau
6 sore: idem

Jumat, 25 Des (surprise opa dan oma dataang!)
7 pagi: pisang kerok
12.30 siang: beras+butter+buncis+lobak+ wortel+teri medan basah+sawi hijau+tempe
4 sore: idem + kentang

Sabtu, 26 Des (jalan-jalan ke Denpasar dan Pantai Sanur)
6 pagi: bubur tepung beras merah+butter
7 pagi: pisang kerok (sedikit)
1.30 siang: beras merah&putih+butter+wortel+lobak+buncis+teri medan basah+kabocha
6 sore: idem lunch – minus kabocha

Minggu, 27 Des
7 pagi: pisang kerok
8 pagi: tepung b.merah+butter+kabocha
12.30 siang: beras merah&putih+butter+jamur tiram+wortel+lobak+buncis+teri medan basah+udang
7 malam: idem

Senin, 28 Des (adik 37 minggu)
8 pagi: tepung b.merah+butter+kabocha
1.30 siang: beras+k.ijo+jamur tiram+wortel+lobak+sawi putih+udang+bayam+buncis+seledri
6 sore: idem

Selasa, 29 Des (opa dan oma pulang ke Sby)
8 pagi: tepung b.merah+butter+kabocha
1 siang: beras+k.ijo+jagung manis+jamur tiram+wortel+ buncis+seledri+lobak+sawi putih+daging babi
5 sore: buah naga putih
7 malam: idem lunch

Rabu, 30 Des
8 pagi: tepung beras merah+plain butter+pisang
1 siang: beras+butter+k.ijo+jagung manis+buncis+seledri+jamur tiram+wortel+lobak+sawi putih+daging babi+tahu putih biasa dari Kumpi Sekartaji hehhe.
3 sore: buah naga
6 sore: idem lunch

Kamis, 31 Des ’15 ( last day of the year 2015)
8 pagi: tepung beras merah+plain butter+pisang+keju parut sedikit → cuma mau sedikit
12.30 siang: beras+butter+k.ijo+kabocha+jagung manis+seledri+tahu putih biasa+udang segar
3 sore: idem lunch → dicoba lagi krn sebelumnya keburu mgantuk. Mau maem sdikit
6 sore: idem lunch→ mau maem sedikit

Bye 2015 see ya!
Hello 2016 may bring us health, prosperity and happiness.

Jumat, 1 Januari ’16
8 pagi: kentang rebus+plain butter
11 pagi: buah naga (sedikit)
3 sore: beras+butter+k.ijo+seledri+wortel+jamur tiram+buncis+tahu
7 malam: idem lunch

Sabtu, 2 Jan
8 pagi: t.beras merah+butter+kabocha
11 pagi: buah naga saring
12 siang: beras+butter+kacang merah kupas+seledri+wortel+teri medan basah
6 sore: idem lunch

Minggu, 3 Jan
7.30 pagi: T. Beras merah+butter+kabocha kukus
12 siang: beras+butter+wortel+ seledri+bayam+teri medan basah
5 sore: idem lunch

image

Senin, 4 Jan (adik 38 minggu)
7 pagi: buah naga
9 pagi: t. beras merah+butter+kabocha
3 sore: beras+k.ijo+butter+sawi hijau+kubis+wortel+tomat+teri medan basah+tempe
6 sore: idem lunch

Selasa, 5 Jan
8.30 pagi: T. Beras merah+plain butter+kabocha potongan dadu(last stock from refri)
Siang: bubur beras+butter+manisa+sawi hijau+lobak+wortel+tomat+seledri+ayam+kaldu ceker ayam
Sore: biskuit gabin Roma Malkist maem pegang sendiri (heheheh ga punya biskuit bayi, Kavin lagi gigit-gigit apa aja nih! Untungnya tidak muncul alergi)
Malam udah tidur lebih awal jadi ga maem lagi deh

Rabu, 6 Jan
7.30 pagi: kentang rebus+manisa
1 siang: beras+butter+tempe+teri medan basah+wortel+lobak+seledri+manisa+k.ijo+kaldu ayam
4 sore: biskuit gabin
6 sore: idem lunch

Kamis, 7 Jan ♧☆”First Family Day Out to Sekartaji by Motorcycle and then Go Swimming!”☆♧ MPasi on The Go★ → pulang-pulang pegeeellzzz :’D
7 pagi: kentang rebus+manisa
12 siang: begitu sampai Sekartaji adik dan mama tiduran di kasur sambil maem roti isi cokelat, adik minta tapi tanpa cokelatnya.. cuma dikit aja.
1 siang: bubur beras+kaldu ayam+tempe+wortel+lobak+seledri+manisa
2 siang: biskuit Marie Regal → dikit aja
5 sore: idem lunch (setelah berenang) tapi sebelumnya icip lagi roti isi keju tapi tanpa kejunya sedikit
HORE dapet minyak kelapa dari Kumpi Sekartaji buatan Kumpi sendiri… makasih Kumpi!
Selama perjalanan adik tidur terus. Sedangkan kakak tidurnya pas perjalanan pulang ajah..

Jumat, 8 Jan
8-9 pagi: T. Beras merah+plain butter+ubi ungu kukus yang dikupas dulu →masuk sedikit-sedikit
11 pagi: dicoba lagi T.beras merah+plain butter+ubi ungu (sweet potatoe?)
Sempat nyobain biskuit bayi karena Nini belikan untuk kakak Kalki & Kavin
2-3 siang: abis bangun tidur siang…. bubur SC beras+k.ijo+minyak kelapa (baru dikasi Kumpi Sekartaji nih)+manisa (last stock)+ teri medan basah (last stock)+ kacang merah kupas+ wortel+seledri+ lobak+ telur puyuh
7 malam: idem lunch + telur puyuh
Sebelumnya sempat nyicip Marie Regal sedikit aja
-ikh hari ini mama lagi capek banget! Anjing diluar pada nggonggong terus tengah malem, ga bisa tidur berisik-
Malam Siwaratri mama bikin ‘Chicken in Gravy’ resep udah diposting duluan ya….

Sabtu, 9 Jan
8-9 pagi: pisang 1 buah→ kurang antusias
Ubi ungu+plain butter→ mau
12 siang: bubur SC beras merah+minyak kelapa+kentang+ seledri+gravy ayam buatan semalam sebelumnya+telur puyuh →mau maem cukup porsi Kavin langsung nyusu trus bobo siang
4-5 sore: idem lunch
6-7 malam: buah naga→ mau dikit

image

Minggu, 10 Jan
7 pagi: pisang→ kurang antusias
Tepung beras merah+plain butter+ ubi ungu kukus→ mau cukup porsi
2 siang: abis bangun bobok siang
Bubur SC beras merah dan putih+minyak kelapa+ kaldu ayam+ kacang merah kupas+ wortel+buncis+terong ungu+ gravy ayam
6-7 malam: idem lunch

image

SENIN, 11 JAN (POSYANDU pas Adik Kavin 39 minggu) update Kalvin saat posyandu udah diposting juga ya….
8 pagi: kacang hijau rebus dengan serai tanpa GulGar ( sekalian masak untuk balita di posyandu juga ) → suka ♥
9-10 pagi: Posyandu Kavin naik 200gram dari 8,8kg →9kg
11 pagi: main dengan kakak Kalki
12-2 siang: tidur siang dengan Kakak Kalki
2.30 siang: bubur SC beras+kaldu ayam+tahu putih+kacang hijau rebus dan kuahnya+ gravy ayam
7 malam: idem lunch tanpa kacang hijau lagi

Selasa, 12 Jan
8.30 pagi: kentang rebus+gravy ayam
1 siang: bubur SC beras+minyak kelapa+kaldu ayam+wortel+lobak+buncis+gravy ayam+terong ungu→ maemnya mama suapin adik duduk di lantai
4 sore: pisang raja dikerok → trus pup hihihi
5.30 sore: idem lunch
Plus selalu minum cukup air putih karena cuaca panas dan gerah banget

RABU, 13 JAN Adik Kavin 9 Bulan Horee! Selamat ya sayang :-*
8 pagi: tepung beras merah+pisang raja
Trus mandi→ bobok dan jam 11 bangun
12 siang: tepung beras merah+ gravy ayam+bubur SC beras merah dan putih+terong ungu+lobak+kacang merah kupas+kaldu ayam
1 siang →adik pup →bobok siang
4 sore: bangun tidur siang maem pisang raja dikerok
7 malam: idem lunch

Kamis, 14 Jan (Papa dan Kalki pergi ke Badung nganter Nini berobat)
~~ Schedule Baby Kavin at Home with Mama ~~
7 pagi: jemur pagi sama mama
8 pagi: maem bubur tepung beras merah+butter tanpa garam+pisang raja dikerok
9 pagi: gosok gusi dan gigi susu yang udah muncul hampir 6 gigi seri + waslap muka dan mandi lalu nyusu dan mulai bobok
10 pagi: bangun bentar karena suara ribut Kakak Kalki yang mau berangkat ke Badung
10.30 pagi: tidur lagi sambil menyusui
2 siang: maem siang bubur SC beras+ terong ungu+ gravy ayam
2.30 siang: lihat hujan sambil main dorong-dorongan kursi plastik anak-anak sehingga adik juga belajar jalan
3 siang: bobok
4 sore: bangun bobok siang bantuin mama ngacak-ngacak baju di lemari, euy!
4.45 sore: maem pisang 1 potong kecil
5 sore: mandi
6 sore: mama yang mandi sememtara adik dipangku oleh pekak
7 malam: makan idem dengan makan siang
Dan papa pun pulang…. adik bermain dengan kakak lagi sampai jam tidur malam 9 WITA.

Jumat, 15 Jan
8 pagi: tepung beras merah+gravy ayam+manisa
2 siang: bubur SC kentang+manisa+bayam+ kacang ijo kupas(last stock)+ kaldu ayam
5 sore: kacang hijau (bukan kupas) direbus dengan serai→ mau dikit
7 malam: bubur SC kentang+manisa+k.ijo kupas+bayam (idem lunch)

image

Sabtu, 16 Jan
8 pagi: gravy ayam → abis
9 pagi: keju cheddar 1 potong dadu
1 siang: bubur SC beras merah dan putih+ gravy ayam (last stock)+ air kaldu(last stock)+ tempe+  terong ungu+ manisa+ seledri+ kacang merah kupas
7 malam: idem lunch

Minggu, 17 Jan
8.30 pagi: bubur tepung beras merah+ plain butter+ manisa kukus
12.30 siang: bubur SC beras merah dan putih+ minyak kelapa+ air hangat+ kacang merah kupas+ manisa+ buncis+ terong ungu+ tempe+ ubi ungu
6 sore: idem lunch→ maem cuma dikit.. karena ngantuk tidur malamnya pun jadi lebih awal z…z…z…

image

image

Senin, 18 Jan (Adik Kavin 40 minggu cukur rambut sampai gundul)
8.30 pagi: tepung beras merah+plain butter+pisang kepok dikerok
12.45 siang: bubur slow cooker beras merah+ minyak kelapa+ air hangat+ kacang merah kupas+ tempe+ udang segar kupas 3+ wortel+ seledri
4 sore: bangun tidur siang dikasi pegang sendiri biskuit gabin malkist maem sama kakak
6.30 malam: idem lunch

image

Selasa, 19 Jan
8 pagi: awalnya ditawari pisang kepok disaring→ ga antusias malah nolak
Pisang kepok saring+ ubi ungu saring→ mau sampai abis
2.30 siang: abis bangun tidur siang
Maem bubur slow cooker beras+udang kupas segar 3 +jamur tiram (super food!)+ air hangat+ kentang yang direbus terpisah saat sarapan→ maemnya lahap 🙂
7 malam: idem lunch

image

100 days since first eating MPasi!
Rabu, 20 Jan
8 pagi: bubur tepung beras merah+ plain butter+ manisa kukus
10.30 pagi: buah naga dikerok
2.30 siang: bubur SC beras+ air hangat+ kacang ijo kupas (buka new stock)+ manisa+ buncis+ jamur tiram+ sawi putih+ udang kupas segar 4 ekor+ minyak kelapa setelah bubur matang
4 sore: nyobain pisang kepok goreng tapi ga bisa kunyah jadi yg udah ditelan dimuntahin pisangnya yg chunky
7 malam: idem lunch
image

Kamis, 21 Jan
8 pagi: bubur tepung beras merah (tepung beras merah last stock!)+ plain butter+ manisa kukus+ ubi ungu rebus terpisah→ mau maem sambil main di lantai
Siang dan sore:
bubur SC beras+ udang kupas segar 4 ekor+ manisa+ sawi putih+ jamur tiram+ tomat+ timun+minyak kelapa setelah bubur matang

Oh ya! Penting, nih…
Tahun baru 2016 juga saatnya buat mama cek-cek stok makanan dan obat beserta toiletries bayi kapan tanggal kedaluarsanya.. yang expired date-nya udah mepet tahun ini ya siap-siap habiskan atau stop konsumsi dan buang.

Stok kaldu ayam dan gravy ayam bertahan 1 minggu aja di kulkas.
Dan stok tepung beras merah Kavin udah habis nih… mungkin untuk sarapannya nanti ganti oatmeal? Atau dengan kentang rebus lumat ditambah sayur dan lauk lain?

Sampai jumpa di menu MPASI selanjutnya, ya…! kalau buku catatan mama masih muat hehehe… 😀

♡ Intan Rastini

Advertisements

2 thoughts on “Skema Menu MPASI Kavin 8 bulan+ dan 9+

  1. wow ini sih super komplit mak!thanks for sharing yaa..dan izin nyontek juga buat anak bayik dirumah..

    oia mau nanya, masak di SC na berarti pagi2 gitu ya?aku juga modal SC ama kukusan doang nih hehe..

    btw, salam kenal..tau blog nya dari KEB 😀

    • Salam kenal juga mak. Makasih ya 🙂

      Iya mak… bangun tidur langsung masak buat sarapan dan bubur SC. Paling telat jam 8 masak bubur SCnya… jam 12 siang udah matang.

      Silakan buat contekan 😀

Thank you for reading my post, hope you enjoy it. Please... don't type an active link in the comment, because it will be marked as a spam automatically. I'd love to visit your blog if you fill the "website" form :)

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s