Resep Gravy Ayam (saus daging ayam) untuk MPasi dan Balita

Nah resep Gravy Hati Ayam udah diposting sebelumnya untuk bayi 7 bulan+ ya… Kali ini masih sama nih Gravy atau saus daging tapi pakai daging ayamnya, ya! Bikin gravy bisa juga dengan red meat seperti daging sapi tapi perlu digiling atau cincang dulu sendiri biar empuk. Paling mudah pakai hati ayam, pokoknya asli gampang lumat dan sumber zat besi yang baik bagi anak! Meski begitu pakai daging ayam juga gampil kok moms 😉

image

Bahan
1. Daging ayam potong bisa dada 2 potong + paha bagian atas 2 potong karena bagian itu yang empuk diblansir dulu dengan celupkan ke air mendidih 5 menit lalu segera tiriskan.
2. Air 250ml
3. Bawang bombai cincang 2 sdm
4. Seledri 1 batang cuci bersih ambil daun dan batangnya cincang kasar
5. Daun bawang 1 batang iris tipis
6. 1 siung bawang putih cincang
7. Minyak kelapa 3 sdm
8. Larutan 1 sdm tepung maizena dengan air secukupnya
9. Wortel 1 batang cuci bersih lalu diparut
10. Kentang 3 buah cuci-kupas-potong dadu

11. Siapkan juga alat dan wadah penyimpanan yang bersih agar saat penyimpanan higienis dan tahan lama

Cara memasak
Pre-treat daging ayamnya yang sudah diblansir dengan difillet. Pisahkan dagingnya saja lalu tulangnya bisa dikeprek dan rebus dengan daun salam+bawang putih keprek+wortel kupas potong jadi 4+kentang kupas potong jadi 4. Kaldu bisa disimpan di lemari es untuk buat bubur besok.

Daging ayam yang sudah boneless alias tanpa tulang bisa dipotong dadu Ok!

1. Siapkan panci masukkan minyak kelapa lalu tumis bawang bombay dan bawang putih sampai harum
2. Masukkan air ke panci lalu daging ayam, kentang, parutan wortel, seledri dan daun bawang. Rebus hingga matang dan air berkurang dengan api kecil. Sabar ya mom… kira-kira matang 30 menit. Pakai hati ayam bisa 15-20 menit. Cek apakah kentang sudah cukup empuk untuk anak juga ya…
3. Masukkan larutan maizena aduk rata. Dan tetap masak dengan api kecil. Jika sudah cukup kental matikan api. Biarkan dingin.
4. Bisa untuk disajikan dengan bubur beras hangat sebagian porsi dan porsi sisanya… Kalau sudah dingin gravy bisa dihaluskan dengan blender atau good grinder untuk MPasi baby kita.

♥Untuk bayi buburnya dihaluskan dulu dengan diblender lalu disaring ke saringan kawat supaya halus. Atau tanpa disaring kalau sudah bisa makan serat ayamnya yang udah lumayan lumat diblender.
Untuk tekstur lebih kasar bisa digiling pakai baby food grinder sudah cukup.

♥Untuk anak balita seperti Kakak Kalki 2,5 tahun bisa tanpa diblender, langsung sajikan di atas nasi hangat buat sarapan… sedapnya….. kakak Kalki udah boleh pakai garam jadi tambahin garam beryodium dan sedikit merica boleh.

image

Resep Gravy Hati Ayam mudah dan sama aja. Cuma hati ayam kan ga pakai tulang. Dan ga perlu dipotong dadu atau cincang kan.. sama gampilnya dan sama sehatnya

Sekali lagi, saya sudah ngumpulin toples kaca kecil-kecil + tutupnya bekas selai dan mayonaise yang udah disterilin dengan direbus sehingga bisa dipakai untuk menyimpan gravy di lemari es atau di freezer. Hemat kan.. hihihi dari pada beli freezer pods atau baby cubes yang mahal ya syukur masih bisa upaya penghematan dan penggunaan ulang ramah lingkungan juga ini.

Selamat mencoba ya smart moms!

♥healthy baby n’ kids♥

Catatan kecil; Simpan puree buah mangga atau kabocha juga bisa pakai stoples kaca lho. Tapi isinya untuk satu porsi makan 1 hari ya. Kalau sudah dibuka tutup berkurang tahan lamanya.

*Referensi resep dari buku ‘MPASI Traveling Cihuy’ by Dian Prima dan Yudith Mangiri.

**Photo pribadi ya.. dari pengalaman masak “chicken in gravy” hari ini.
Yang ngos-ngosan baru selesai hihihi. Maaf kalau kurang rapi. Tapi saya sangat mengharagai jika minta izin atau cantumkan sumber foto jika perlu menggunakan foto pribadi saya untuk disebarkan. Terima kasih.

♡ Intan Rastini

Advertisements

One thought on “Resep Gravy Ayam (saus daging ayam) untuk MPasi dan Balita

  1. Pingback: Skema Menu MPASI Kavin 8 bulan+ dan 9+ | Intan Rastini

Thank you for reading my post, hope you enjoy it. Please... don't type an active link in the comment, because it will be marked as a spam automatically. I'd love to visit your blog if you fill the "website" form :)

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s