Ramuan Radang Payudara atau Bengkak saat Menyusui

Bagi ibu menyusui merawat payudara agar proses menyusui berjalan lancar itu penting. Ada kalanya kelenjar air susu tersumbat sehingga bisa menyebabkan infeksi dan meradang. Nah, dulu waktu belum punya anak saya sempat mencatat resep ramuan ini dari program televisi Nature Life di Trans TV. Kalau tidak salah yang membawakan program tersebut adalah Tjok Gde ahli homeopathy.

image

Daun Mangkokan dan kubis yang bentuknya sama-sama seperti mangkok (cup)

Bahan
1. 4 lembar daun Mangkokan yang tua (kandungan zat senyawa aktif tinggi) → cuci bersih → remas
2. 1 ruas kunyit → cuci bersih → kupas → parut (kunyit bersifat analgesik, anti infeksi, bagus untuk menjaga kebersihan)
3. Minyak kelapa 3 sdt (untuk mengikat parutan kunyit dan daun Mangkokan)

Cara Membuat
Campurkan remasan daun Mangkokan dan parutan kunyit. Tambahkan 3 sdt minyak kelapa. Bersihkan payudara yang bengkak atau bisa setelah mandi, balurkan ramuan ke payudara dan biarkan hingga beberapa saat. Bersihkan kembali payudara setelah selesai atau saat akan menyusui.

Ini merupakan ramuan Eropa kuno untuk mengatasi radang payudara. Bisa juga ramuan ditaruh di dekat perapian sebelum digunakan supaya hangat.

Untuk payudara bengkak.. bisa menggunakan lembar kubis mentah, bersih dan kering yang diletakkan di lemari es. Lembaran kubis dingin bisa digunakan untuk mengompres payudara. Atau juga diletakkan di dalam bra.

Semoga lancar menyusui, mama!

♡ Intan Rastini

Advertisements

2 thoughts on “Ramuan Radang Payudara atau Bengkak saat Menyusui

    • Wah di rumah nenek saya dulu di Surabaya ada tetangga yang punya tanaman mangkokan dan daunnya itu ditumbuk kakak saya untuk bikin sabun yang bisa jadi mainan gelembung kalo ditiup 🙂

Thank you for reading my post, hope you enjoy it. Please... don't type an active link in the comment, because it will be marked as a spam automatically. I'd love to visit your blog if you fill the "website" form :)

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s