Kegiatan Posyandu Kenanga 11 September ’15

Di Angkah Gede diadakan rutin Posyandu setiap bulan tanggal 11. Anak saya udah dua dengan jarak hampir dua tahun jadi sekarang ke Posyandu bawa dua bocah, bayi dan balita, tentu dengan diantar suami kesana kayak jalan-jalan keluarga supaya ada yang handle kakaknya yang udah gede. Kayaknya yang bawa dua bocah sekaligus ke Posyandu seperti saya di Angkah Gede nggak ada, deh hehehe… Anak-anak peserta Posyandu adalah bayi dan anak yang masih di bawah 5 tahun. Total yang ikut Posyandu disini kira-kira 8 anak.

Posyandu disini bernama “Kenanga” dan diadakan di balai banjar Angkah Gede. Setiap orang tua yang datang perlu membawa buku KIA (kesehatan ibu dan anak) yang diberikan sejak sang ibu hamil untuk memplot grafik kenaikan berat badan anaknya. Kegiatan rutin Posyandu disini adalah menimbang dan mencatat berat badan anak, pemberian minuman kacang hijau, tabungan balita, arisan, pemberian obat cacing untuk anak 1 tahun dan pengukuran tinggi/panjang badan serta lingkar kepala bayi bersamaan saat pemberian kapsul vitamin A khusus bulan Februari dan Agustus. Kadang ada pemberian garam beryodium secara gratis serta penyuluhan kesehatan oleh bidan. Contohnya penyuluhan tentang pemberian makanan bergizi untuk anak, pemberantasan jentik nyamuk untuk mencegah demam berdarah, saran untuk berhenti merokok pada orang tua anak yang merokok dan menjaga kebersihan rumah.

Ibu-ibu petugas Posyandu adalah warga setempat beserta ibu ketua PKK yang bertugas melaksanakan kegiatan rutin dibantu oleh tenaga medis yaitu bu bidan dari Pustu (puskesmas pembantu). Ibu-ibu peserta adalah yang memiliki anak bayi maupun balita. Yang membuatkan minuman kacang hijau untuk anak-anak dan petugas Posyadu adalah ibu-ibu peserta secara bergiliran. Nah, kali ini saya nih, yang dapet giliran untuk buatin kacang hijau pas Posyandu bulan depan. Yang dapat giliran biasanya diberi kacang hijau mentah 1/2 kg dan gula pasir. Tapi akhir-akhir ini cukup diberi uang saja 20ribu untuk membeli bahannya.

Ini dia salah dua anggota Posyandu Kenanga, Angkah Gede…

image

Kategori bayi
I Made Kavindra Ambara
★ Usia: 4 bulan 29 hari
★ BB: 8,1 kg (naik 400gram dari bulan lalu)
★ PB: 66 cm
★ LK: 44 cm
★ Imunisasi: HB0; BCG; HB dan DPT  saat ini sudah tergabung dalam Pentavalen 1, 2, 3 dan Polio 1, 2, 3, 4.

image

Kategori balita
I Gede Kalki Ambara
★ Usia: 2 tahun 3 bulan 12 hari
★ BB: 13,6 kg (tetap dari bulan lalu)
★ TB: 90 cm
★ LK: 50 cm
★ Vitamin A kapsul biru 1x (8 bulan), kapsul merah 3x (14 bulan, 20 bulan dan 26 bulan)
★ Obat cacing 1x saat usia 1 tahun
★ Imunisasi dasar lengkap sudah terpenuhi. Meliputi: HB0; BCG; HB/DPT 1,2,3; Polio 1, 2, 3, 4; Campak (9 bulan); Pentavalen booster (1,5 tahun); Campak booster (2 tahun)

Untuk imunisasi dilakukan di Pustu Angkah setiap bulan tanggal 8 dan juga di Puskesmas Selemadeg Barat atau Bajera tiap hari Rabu. Tapi dari rumah lebih dekat ke Pustu jadi anak-anak saya imunisasi disana semua.

Ini dia lagu “Aku Anak Sehat” untuk menutup liputan tentang kegiatan Posyandu Angkah Gede kali ini…

Aku anak sehat, tubuhku kuat..
Karena ibuku rajin dan cermat
Semasa aku bayi selalu diberi ASI,
makanan bergizi dan imunisasi..

Berat badanku ditimbang selalu..
Posyandu menunggu setiap waktu..
Bila aku diare ibu slalu waspada!
Pertolongan Oralit slalu siap sedia…

Rajin ke Posyandu, ya ibu-ibu!

Terima kasih Bu Bidan Kadek Juliani atas fotonya.

♡ Intan Rastini

Advertisements

Thank you for reading my post, hope you enjoy it. Please... don't type an active link in the comment, because it will be marked as a spam automatically. I'd love to visit your blog if you fill the "website" form :)

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s