Resep MPASI Bayam

cara mutakhir ngukus bayem

cara mutakhir ngukus bayem

Haloooo, maaf para bunda, postingku kurang lengkap ya? jadi aku lengkapin disini. Terima kasih feedbacknya 🙂 Always welcome…

Bahan:

  • Daun bayam secukupnya disesuaikan porsi makan si kecil
  • Tomat 1 buah
  • Air
  • Tepung beras/beras yang direbus hingga lembek (disesuaikan kemampuan dan usia makan bayi)
  • Minyak kelapa

Jadi begini, ini resep yang aku ciptakan buat Kalki, Bayam kaya nutrisi zat besi nonheme jadi harus dipadukan dengan tomat yang kaya vitamin C. Kalo pas aku latihan, tomat diganti jeruk juga sah-sah aja, itu kan selera ya, kalo bayinya mau maem, syukurlah. Kalo enggak, don’t give up! Masih banyak kombinasi lainnya, bun. Minyak kelapa itu aku suka tambahin karena Kalki suka. Lagipula tomat mengandung betakaroten wich means ada vitamin A. Vitamin A itu akan mudah diserap jika dibarengi dengan pelarutnya yaitu lemak! Sekian dan terima kasih.

Cara membuat:

  1. Siapkan kukusan, isi air sekiranya air itu nggak bakalan sad selama mengukus bayam. Biarkan air mendidih
  2. Masukkan bayam dan tomat yang sudah dicuci bersih ke wadah stainless steel (terutama besi agar zat besinya kaya bangetsss), lalu kukus
  3. Sekiranya udah lembek dan layu, angkat lalu siap diblender, kalo aku aku cacah dengan pisau di atas talenan. Kalo mau bikin pure puree bayam dengan jumlah banyak bakalan butuh penggiling, yah. Kecuali Anda emang suka “neteg” itu bahasa Bali “chop” “chop” 😀
  4. Kalo tomatnya setelah dikukus bakal nyonyot alias lembik dan itu mudah dikupas moms… silakan mash atau hancurkan dengan ditumbuk diatas saringan, supaya bijinya nggak ikutan
  5. Nah, sekarang masak tepung beras atau nasi tim atau nasi lembeknya. Kalo aku masih pakai tepung beras sampai saat ini jadi tepung beras ambil 2 sendok makan, dilarutkan ke air 2 gelas belimbing, aduk-aduk sampai matang min 10 menit, sampai kekentalan yang diinginkan. Bisa dimasak dengan panci yang langsung di atas api, atau dengan kukusan.
  6. Karena aku masaknya terpisah, menyajikannya pun terpisah dan bisa tahan sampai sore makanannya, cukup disimpan di dalam kukusan aja, karena aku punya bowl stainless dengan diameter dan kedalaman berbeda, bowl-bowl itu cukup ditumpuk aja di atas kukusan.

Selamat mencoba 🙂

Oh ya, resep ini untuk usia:
7m+ (bayamnya sedikit aja dan yang organik, ya… untung aku petik di halaman)
puree bayam 8m+ (karena tinggi kandungan nitratnya, pencernaan bayi sudah toleran di usia ini)

Advertisements

9 thoughts on “Resep MPASI Bayam

  1. Pingback: Skema Menu MPASI Kavin 1 Bulan Pertama | Intan Rastini

Thank you for reading my post, hope you enjoy it. Please... don't type an active link in the comment, because it will be marked as a spam automatically. I'd love to visit your blog if you fill the "website" form :)

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s