Jukut Paku jak Oong

Hari ini masak paku dicampur jamur dan kentang yuk… Masaknya dicampur sambal goreng ati yang dikasi mama. Sambal jadi sih, produksi lokal. Tapi sambal ini ga seberapa pedas makanya bisa jadi sambal favoritku. Enak bisa untuk tempe goreng kering campur kacang tanah, kentang, ati, udang atau teri juga mungkin? Terakhir aku masak tempe goreng dipotong kecil-kecil ditambah kacang tanah goreng lalu ditumis dengan sambal itu hasilnya.. Memuaskan.!

Sebelumnya udah juga pernah masak sayur paku ditumis dengan sambel ini doang, rasanya enak juga. Makanya aku coba tambahin jamur dan kentang, ntar kita lihat aja kombinasi rasanya :p

Paku, yang dimaksud bukan paku bangunan… Melainkan sayur daun pakis! Itu yang ujungnya suka melingker-lingker dan daunnya kecil-kecil banyak sporanya. Di Bali emang udah biasa dijadikan sayur alias “jukut” (bahasa Balinya sayur). Kalo jamur bahasa balinya “Oong” atau “Hong” gitu ya.. Kalo kentang ya kentang hihihihi.
Oya, ‘jak’ itu artinya sama atau dengan. Untuk rasa, daun paku ini agak luget.. Mirip-mirip kangkung rasanya, tapi beda tekstur. Cobain ndiri deh, menurutku enak lho!

Ya udah… Mari kita masak dulu… *jadi ini ceritanya baru mau dimasak* abis tadi terinterupsi Kalki yang minta nenen sama sekalian dikelonin… Z..z..z..z..

Yah daripada pusing mikirin anak yang kadang susah makan kadang lahap makan… Kita masak makanan untuk pampering ourselves saja… Sometimes we need it. Soal Kalki, let’s follow his cues… And may his appetite come back to eat more! Amen.

Advertisements

Thank you for reading my post, hope you enjoy it. Please... don't type an active link in the comment, because it will be marked as a spam automatically. I'd love to visit your blog if you fill the "website" form :)

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s