After Cooking: Jukut Paku jak Oong

This is after I finished the postponed cooking activity. Rasanya dapat dipertanggungjawabkan 😀

Jadi cara memasaknya, jamur putih itu atau oong direbus sampai empuk lalu tiriskan, sedangkan kentang dipotong-potong kecil lalu digoreng (tidak dikupas kulitnya, karena lebih baik begitu) sampai kecokelatan. Bumbu sambal goreng ati itu ditumis sampai harum, lalu masukkan sayur paku, jamur dan kentang gorengnya, aduk sampai matang pakunya jadi lunak. Udah… Jadilah hidangan untuk makan malam hari ini.

Untuk Kalki apa ya? Mama udah buatkan pure kacang hijau kupas dan tempe kukus, tapi dia ga mau makan. Gantinya mama juskan apel red washington ukuran kecil aja 2 biji dapet 120 ml jus apel yang keluar dari juicer atau juice extractor. Yang diminum 60ml aja, sisanya disimpan di kulkas buat besok. Karena apel mudah teroksidasi jadi mama teteskan jerus nipis sedikit sebelum disimpan.

Back to jukut paku… Rasa paku itu lebih crispy daripada kangkung. Enak dah pokoknya! Dimana cari daun paku? Ada di kebon, kebetulan itu tanaman liar ya seperti rumput. Dia tumbuh tanpa kita menanamnya atau bahkan tanpa kita inginkan (karena bikin kebun jadi “bed” atau rimbun dan ini membuat nutrisi di tanah atau pupuk yang kita sebar untuk kelapa, manggis, cokelat atau cengkeh juga dimakan oleh si tanaman paku) maklum sporadis, sih.

Kalo ada yang mau nyobain sayuran paku ini, boleh ambil di kebon suami, hehehe itung-itung bantuin bersihin kebun dari tanaman liar.

Nah, sekarang aku lagi cari yang namanya daun torbangun atau daun bangun-bangun. Itu katanya adalah sayur khas orang batak. Setelah diteliti daun torbangun bagus untuk meningkatkan kuantitas dan kualitas ASI. Ada yang tau nggak bisa mendapatkannya dimana di Bali?

Advertisements

Thank you for reading my post, hope you enjoy it. Please... don't type an active link in the comment, because it will be marked as a spam automatically. I'd love to visit your blog if you fill the "website" form :)

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s