Cara Mengupas Kulit Kacang Hijau

Tidak ada patokan khusus sih, cara mengupas kacang hijau yang baik dan benar. Jadi ini berdasarkan pengalaman pribadiku, dibantu oleh papa dalam meremas-remas kacang hijau dengan tenaganya yang kuat, sehingga efeknya emang cepat membuat si kulit ari kacang hijau lepas, lah tapi kacang hijaunya jadi agak ancur benyek gitu hehehe.. tapi tetap bisa ditolerir untuk diolah selanjutnya kok (jadi bubur kacang hijau tanpa kulit) 😀

Untuk apa perlu mengupas kulit kacang hijau? Bisa untuk makanan bayi atau bahkan bikin tepung kacang hijau, untuk diambil kulitnya, untuk dimasak tanpa kulit dan apalagi ya…?

Yang perlu dipersiapkan:Tentu kacang hijau yang mau dikupas, air, 2 bowl, saringan (karena kulit kacang hijaunya aku kumpulin bukan dibuang) dan air yang mengucur.
IMG01220-20131129-1226
Caranya:

  1. Rendam kacang hijau di dalam air sampai seluruh biji kacang hijau terendam banyak air, kalau airnya terlalu sedikit ntar kacang hijaunya bisa berkecambah, wadah rendaman biarkan terbuka
  2. Rendam minimal 24 jam maksimal 48 jam, usahakan air rendamannya diganti setiap 6 jam dan pakai air matang untuk rendaman lebih bagus, tapi air mentah juga nggak masalah asal bersih sehingga rendaman tidak cepat berbau
  3. Setelah siap dikupas ditandai dengan adanya kulit kacang hijau yang mengapung, tinggal buang aja air rendaman pelan-pelan sehingga kulit kacang hijau yang mengapung ikut terbuang dengan air sedangkan kacang hijau yang udah bugil alias terkupas nggak ikutan terseret arus
  4. Ini cara cepatnya, isi kembali bowl dengan air (lebih enak langsung dilakukan di bawah air keran yang mengucur) lalu remas-remas kacang hijau sehingga kulit arinya pada terlepas, setelah itu buang airnya lagi (kalau mau diambil kulit kacang hijaunya bisa dibuang airnya di atas saringan sehingga kulit ari kacang hijau nyangkut di saringan)
  5. lakukan langkah 4 berulang sampai kulit kacang hijau hampir habis, saat tinggal sedikit, kulit kacang hijau kadang ada yang membandel masih nempel di kacang hijaunya tapi cuma pecah gitu bukan terlepas seluruhnya, nah itu silakan dilepas biasa (satu-per-satu) pakai jari ya 😀
aku lagi ngumpulin kulit kacang hijau, nih, makanya aku saring

aku lagi ngumpulin kulit kacang hijau, nih, makanya aku saring

perbandingan kacang hijau kupas dan kulitnya

perbandingan kacang hijau kupas dan kulitnya

Kalau udah selesai nitilin satu-satu kulit kacang hijau yang bandel, hasilnya seperti iniiiii....

Kalau udah selesai nitilin satu-satu kulit kacang hijau yang bandel, hasilnya seperti iniiiii….

Advertisements

12 thoughts on “Cara Mengupas Kulit Kacang Hijau

  1. @Riana: Wah berarti cara saya udah bener ya… Satu lagi nih kegunaannya mengupas kulit kacang hijau, buat toge rawon!

    @Irowati: Kalau di tempat saya nggak ada yang jual sih, mak.

    @Isnuansa: Hihihihihi saya awalnya juga nggak telaten sampai suami ikut turun tangan, lah abis udah setengah jalan sih ngerjainnya

  2. @hp yitno: makasih tipsnya dari ibunya ya mas 🙂 Kalo direndam air hangat saya pernah coba juga, kalo dikasi garam belum

    @Mbak Nella: bisa mbak, tapi aku nggak tau ya bisa buat rempeyek atau enggak hehehe. ini salah satu proyek pribadi sih… hehehe ntar kalo udah jadi maunya aku post… kalau belum jadi takutnya ntar gagal diselesaikan atau gimana, padahal udah ngasih bocoran 😀

Thank you for reading my post, hope you enjoy it. Please... don't type an active link in the comment, because it will be marked as a spam automatically. I'd love to visit your blog if you fill the "website" form :)

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s