Ote-ote

Baru kerasa enaknya makan ote-ote saat aku tinggal di Bali nggak bisa nemu ote-ote dengan mudah! Ote-ote yang enak ya ote-ote Surabaya yang pake udang di atasnya :-d. Lucunya, pas akhirnya ada warung di deket rumah yang jual ote-ote, orang sini bingung saat aku bilang mau beli “ote-ote”. Ternyata disini namanya “lumpia”…. waduh kalo di Surabaya lumpia itu nama makanan lain lagi *tepok jidat* lumpia itu kan spring roll wkwkwkwkwkw… Ya sudahlah aku jadi ngikutin istilah orang sini kalo mau beli ote-ote. Nah kalo di jakarta sendiri namanya “bakwan”. Pokoknya makanan model gini namanya bakwan. Dadar jagung aja di Jakarta juga ada yang bilang “bakwan jagung”.

Bahan-bahan:

bahan-bahannya

bahan-bahannya

kalau mau pakai bawang supaya lebih spicy, bawangnya bisa diparut atau ditumbuk atau dicincang

kalau mau pakai bawang supaya lebih spicy, bawangnya bisa diparut atau ditumbuk atau dicincang

  1. tepung terigu
  2. minyak goreng
  3. wortel
  4. kecambah
  5. air
  6. garam
  7. merica
  8. bawang merah dan putih (jika suka)

Caraku membuat:

  1. cuci bersih wortel, kecambah dan telur. tiriskan.
  2. kupas wortel dengan peeler, lalu aku parut dengan parutan yang tupperware yang tidak tajam agar hasilnya tidak terlalu halus.
  3. kupas bawang merah dan putih, cuci bersih bagian dalamnya, haluskan
  4. tuangkan air ke baskom secukupnya, taburkan tepung sedikit demi sedikit sambil diaduk agar tidak ada yang menggumpal. Kekentalan bisa sesuai selera, sih. Aku sendiri nggak ada patokan khusus, lalu tambahkan telur dan aduk sampai rata.
  5. Masukkan kecambah, parutan wortel, bawang yang dihaluskan, garam dan merica ke adonan tepung aduk lagi.

    adonan ote-ote

    adonan ote-ote

  6. panaskan minyak goreng di wajan, setelah panas, tuang 1-2 sendok makan adonan ote-ote ke dalam minyak panas, ulangi sampai daya tampung wajan, pakai api sedang ke kecil agar bagian dalam ote-ote matang.
  7. Setelah berubah warna jadi kecokelatan, angkat dan tiriskan minyaknya.
  8. Ote-ote siap disajikan selagi hangat 🙂

Ini hasilnya…

hujan-hujan enak juga makan yang anget

hujan-hujan enak juga makan yang anget

Bagian dalamnya…

yum... enak juga buatanku :D Nggak kalah enak sama buatan orang jualan

yum… enak juga buatanku 😀 Nggak kalah enak sama buatan orang jualan

 

Advertisements

4 thoughts on “Ote-ote

  1. saya pikir tadi ote-ote itu kue ondel-ondel yang di buat dari tepung pulut, rupanya lumpia atau bakwan ya, kalau di aceh ini di sebut kue bakwan, kalau malaysia sebut kue cucur udang, lain tempat lain pula namanya, hehehehe

  2. Oalaaaa ternyata Ote-0te itu bakwan jagung ya kalau sebutan Jakarta nya hihii… memang enak dan nikmat dimakan panas-panas, minumnya teh hangat hhmm…aku juga suka bikin sendiri. Bahan murah meriah, tinggal tambahin udang kalau mau sedikit mewah hahaha..mantap mbak.

Thank you for reading my post, hope you enjoy it. Please... don't type an active link in the comment, because it will be marked as a spam automatically. I'd love to visit your blog if you fill the "website" form :)

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s