Latihan Bikin MPASI Puree Alpukat

Kebetulan pohon alpukat di kebon sedang berbuah, nih! Jadi aku pakai 2 buah alpukat untuk latihan bikin MPASI. Bikin puree alpukat cukup sederhana, karena nggak perlu diblender, bisa langsung dipenyet-penyet dengan sendok makan di atas saringan kawat 🙂

langkah-langkahnya… yang paling penting harus cuci tangan dulu ya.. juga menggunakan peralatan yang bersih. Belah alpukat menjadi 2 dengan pisau, keluarkan bijinya. Kerok daging buah yang berwarna kuning 2-3 sendok makan, letakkan di atas saringan kawat yang bawahnya diberi tadah mug atau mangkok. Tinggal dibejek-bejek aja pakai sendok daging alpukat di atas saringan kawat, hasil alpukat halusnya dikerok dibawah saringan supaya jatuh ke wadahnya.

Saat latihan nggak aku campur apa-apa jadi pure alpukat. Saat aku cicipin ternyata pureenya lembut banget, creamy dan lumer di mulut padahal kelihatan teksturnya kental dan agak kasar. Kalo kurang encer pas pertama MPASI, ntar bisa ditambahkan ASIP. Hasil latihan puree alpukat ini akhirnya masuk ke perut mamanya Kalki dengan tambahan topping susu kental manis cokelat :-d

IMG01192-20131126-1052

kerok bagian kuningnya aja, yang hijau buat orang tuanya :)

kerok bagian kuningnya aja, yang hijau buat orang tuanya 🙂

karena teksturnya lembut, dipenyet dikit udah langsung bisa lolos melewati saringan

karena teksturnya lembut, dipenyet dikit udah langsung bisa lolos melewati saringan

what a mess! di blue bowl bagian bawah itu alpukat halus bagian kuningnya saja, sedangkan yang atas bagian kuning dan hijau

what a mess! di blue bowl bagian bawah itu alpukat halus bagian kuningnya saja, sedangkan yang atas bagian kuning dan hijau. Ternyata bagian yang hijau juga cukup lembek buat dilumatkan di atas saringan kawat

Oh ya, Kalki genap 6 bulan saat 30 November, tapi kayaknya aku mulai kasi MPASI pas 1 Desember aja. Counting down: 5 days left…

Advertisements

6 thoughts on “Latihan Bikin MPASI Puree Alpukat

  1. wah makanan kesukaan lisa tu, kalau di Jerman, mereka sering buat puree kentang plus telur, udah kayak perkedel juga rasanya, perkedel tanpa daun sop dan daging, mereka biasa makan puree kentang ini dengan steak daging, sbg penganti nasi atau spagetti mungkin.

  2. Iya alpukat emang yummy n’ creamy ya 😀
    Mashed potatoe ya maksudnya mbak? Eh kentang tumbuk beda kayaknya sama puree kentang hehehe.. Kalau hidangan mashed avocado kayaknya ada juga tuh guacamole, kayaknya orang Mexico yang punya :-d yum yum

Thank you for reading my post, hope you enjoy it. Please... don't type an active link in the comment, because it will be marked as a spam automatically. I'd love to visit your blog if you fill the "website" form :)

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s