Latihan Bikin MPASI Bubur Beras, Isu MPASI Dini & Revisi Buku KIA

Beras adalah makanan pokok kita sebagai orang Indonesia 🙂 Rasanya hambar dan cocok dikombinasikan dengan makanan apa saja karena tidak mengacaukan rasa.

Ini sederet gizi yang terkandung di dalam beras.

Karbohidrat yang sangat kaya akan glukosa atau zat gula. Dan glukosa merupakan sumber energi bagi anak-anak maupun ibu hamil untuk beraktivitas sekaligus sumber energi untuk sel-sel otak, sel saraf, dan sel darah merah.
Protein bermanfaat sebagai zat pembangun tubuh dan pengganti sel-sel yang rusak.
Vitamin berfungsi sebagai pembentuk enzim dan membantu memproduksi energi. Vitamin yang banyak terdapat dalam beras antara lain vitamin B1, B2, B3, dan B6.
Mineral sepeti zat besi, kalium, kalsium, fosfor, magnesium dan seng.
Serat yang dapat membantu mencegah terjadinya konstipasi pada anak. Serat ini bertindak sebagai busa lembut yang mendorong makanan untuk melewati usus dengan lebih cepat dan mudah. (Dikutip dari Majalah Ayahbunda 20/2013)

Aku nyoba bikin bubur beras nyontek cara bikin nasi tim di buku KIA. Kalo ada yang belum tau buku KIA itu apa itu buku yang diberikan oleh petugas kesehatan sejak ibu mulai hamil. Di dalamnya ada info tentang kehamilan, tabel kunjungan ANC (antenatal check), tabel kunjungan masa nifas, surat keterangan lahir bayi, tabel kunjungan cek kesehatan bayi, kartu KMS, jadwal imunisasi, tahap perkembangan bayi, cara merawat bayi, resep MPASI dll.

Resep MPASI yang ada di buku KIA itu nggak banyak karena cuma contoh aja jadi ada 4 resep:
•Untuk usia 6-9 bulan ada bubur susu dan pisang kerok lumat halus •Untuk usia 9-12 bulan ada nasi tim
•Resep kue dadar (nggak ada keterangan resep ini untuk umur berapa, harusnya untuk usia 1 tahun ke atas ya karena makanannya udah padat, pake telur dan ditambah gula 4 sdt munjung lagi!)

Sayangnya untuk resep bubur susu dan nasi tim, di resep itu dianjurkan menambahkan gula 2 sendok teh (untuk bubur susu) dan garam (untuk nasi tim). Sayang banget! Bayi sebaiknya tidak diperkenalkan gula dan garam dulu sebelum 1 tahun!

Maka dari itu aku perlu kirim e-mail ke Mbak Monika, expert dari The Urban Mama, karena Mbak Monik mau bantu untuk menyampaikan ke pihak yang berwenang agar buku KIA dari pemerintah ini direvisi. Soalnya ini kan buku yang disebarkan oleh pemerintah, menjadi acuan secara nasional oleh ibu-ibu di nusantara. Ibu-ibu di Indonesia ini aja masih ada yang ngasi makan anaknya di usia 2 bulan padahal di buku KIA halaman 35-36 udah ditulis tentang CARA MEMBERI MAKAN ANAK, yaitu A. UMUR 0-6 BULAN HANYA BERIKAN ASI; B. UMUR 6-8 BULAN:
• Terus berikan ASI
• Mulai berikan makanan pendamping ASI (MP-ASI)
• Berikan MP-ASI secara bertahap sesuai umur.
Jadi, MPASI DIMULAI SEJAK BAYI BERUSIA 6 BULAN. Nah, makanya info dari pemerintahnya ga boleh salah. Dan ibu-ibu yang masih memberi bayinya makan terlalu dini seperti di usia 2 bulan itu harus diupdate infonya, dengan info dari pemerintah melalui buku KIA atau dinas kesehatan melalui nakesnya tentang MPASI yang benar.

Waktu aku latihan bikin bubur beras putih/beras merah itu airnya kebanyakan hehehehehe, jadinya kayak sop nasi bukan bubur 😀 dan nasinya udah pecah-pecah wkwkwkwkwk…

Step-stepnya 2 sendok makan beras dicuci bersih, direbus dengan air 3 gelas belimbing dengan api sedang ke kecil kira-kira 20 menit atau 30 menit sambil diaduk-aduk sesekali. Lama ya, I wish I had a crock pot or slow cooker O:).
Lalu, bubur nasi diangkat, aku blender. Hasil blendernya aku saring pakai saringan kawat. Udah.

Teksturnya lumayan lembek ke encer, kalo aku sendok trus sendoknya dibalik buburnya jatuh, berarti teksturnya kurang kental ya? Tapi awal-awal MPASI memang diberi yang encer menyerupai ASI dulu kan?

Pelajaran: supaya kental airnya jangan kebanyakan. Ntar kalo mau diencerin tinggal tambah ASI daripadi udah kebanyakan air putih duluan.

Oh ya, ini link artikel oleh Mbak Monika, Bahaya MPASI Terlalu Dini & Menundanya: http://theurbanmama.com/articles/bahaya-pemberian-mpasi-dini-menundanya.html

Advertisements

Thank you for reading my post, hope you enjoy it. Please... don't type an active link in the comment, because it will be marked as a spam automatically. I'd love to visit your blog if you fill the "website" form :)

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s