Latihan Bikin MPASI Puree Kacang Hijau

Menurut referensi yang pernah aku baca (mungkin majalah Ayahbunda, maaf lupa), kulit kacang hijau dikupas dulu supaya mudah dicerna oleh bayi. Aku sebelumnya ga tau cara ngupas kulitnya, papa dan Ratih bilang direndem aja dulu..

Kacang hijau kupas

Kacang hijau kupas

Mengupas kacang hijau: aku ambil segenggam kacang hijau, bersihkan kumpulan kacang hijau dari kotoran seperti batu, dan benda-benda asing lainnya. Lalu aku rendam kacang hijau dengan air. Airnya harus banyak sehingga kacang hijaunya tenggelam, kalo telalu sedikit, kacangnya bakal berkecambah. Rendam pagi, besok paginya baru bisa dikuliti (dilepas-lepas kulit ari kacang hijaunya) yang telaten.. karena nggak semua kulit kacang udah terlepas sendiri, kalo rendam kelamaan ntar bisa berkecambah juga. Selama perendaman, air rendaman harus diganti minimal 1 kali, pakai air matang juga lebih bagus agar tidak berbau rendamannya.

Step by step puree kacang hijau:

  • Kacang hijau kupas direbus sampai empuk
  • Saring kacang hijau matang dari air rebusan

    kacang hijau rebus disaring. sempat nyoba langsung numbuk kacangnya, eh lama banget dapet halusnya, jadi diblender dulu

    kacang hijau rebus disaring. sempat nyoba langsung numbuk kacangnya, eh lama banget dapet halusnya, jadi diblender dulu

  • Kacang hijau rebus yang masih basah itu diblender sampai halus
  • Hasil blender kacang hijau yang bertekstur boleh disaring lagi supaya lebih halus
  • Kalau kurang encer bisa ditambahkan ASI atau susu formula
    Sebelum disaring tekstur agak kasar, kalo pertama kali MPASI pake yang disaring biar lembut

    Sebelum disaring tekstur agak kasar, kalo pertama kali MPASI pake yang disaring biar lembut

    P.S Ngupas kacang hijau kudu sabar ya…

Advertisements

9 thoughts on “Latihan Bikin MPASI Puree Kacang Hijau

  1. Pingback: Cara Mengupas Kulit Kacang Hijau | Intan Rastini

Thank you for reading my post, hope you enjoy it. Please... don't type an active link in the comment, because it will be marked as a spam automatically. I'd love to visit your blog if you fill the "website" form :)

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s