Latihan Bikin MPASI Puree Kacang Hijau

Menurut referensi yang pernah aku baca (mungkin majalah Ayahbunda, maaf lupa), kulit kacang hijau dikupas dulu supaya mudah dicerna oleh bayi. Aku sebelumnya ga tau cara ngupas kulitnya, papa dan Ratih bilang direndem aja dulu..

Kacang hijau kupas

Kacang hijau kupas

Mengupas kacang hijau: aku ambil segenggam kacang hijau, bersihkan kumpulan kacang hijau dari kotoran seperti batu, dan benda-benda asing lainnya. Lalu aku rendam kacang hijau dengan air. Airnya harus banyak sehingga kacang hijaunya tenggelam, kalo telalu sedikit, kacangnya bakal berkecambah. Rendam pagi, besok paginya baru bisa dikuliti (dilepas-lepas kulit ari kacang hijaunya) yang telaten.. karena nggak semua kulit kacang udah terlepas sendiri, kalo rendam kelamaan ntar bisa berkecambah juga. Selama perendaman, air rendaman harus diganti minimal 1 kali, pakai air matang juga lebih bagus agar tidak berbau rendamannya.

Step by step puree kacang hijau:

  • Kacang hijau kupas direbus sampai empuk
  • Saring kacang hijau matang dari air rebusan

    kacang hijau rebus disaring. sempat nyoba langsung numbuk kacangnya, eh lama banget dapet halusnya, jadi diblender dulu

    kacang hijau rebus disaring. sempat nyoba langsung numbuk kacangnya, eh lama banget dapet halusnya, jadi diblender dulu

  • Kacang hijau rebus yang masih basah itu diblender sampai halus
  • Hasil blender kacang hijau yang bertekstur boleh disaring lagi supaya lebih halus
  • Kalau kurang encer bisa ditambahkan ASI atau susu formula
    Sebelum disaring tekstur agak kasar, kalo pertama kali MPASI pake yang disaring biar lembut

    Sebelum disaring tekstur agak kasar, kalo pertama kali MPASI pake yang disaring biar lembut

    P.S Ngupas kacang hijau kudu sabar ya…

Advertisements