welcoming october in struggle

Angkah Gede di awal bulan Oktober ini penuh acara! Hari Selasa tanggal 1 kemarin, tetangga kami, Pak Mario yang hobinya main gamelan bambu pagi, siang dan malam di rumahnya (harusnya dapet rekor MURI sebagai pemain rindik terlama selama hidupnya), memiliki acara ngaben ibunya, potong gigi dan nyambutin. Itu acara suka duka jadi satu dah di hari itu. Lalu tanggal 2 nggak ada acara apa-apa, sih selain papa ngayah lagi ke rumah Pak Mario buat bongkar peralatan terop.

Trus tanggal 3 hari Kamis pagi papa pergi ngayah bersih-bersih dan ngabas rumput di pure puseh karena mau odalan. Pulangnya, papa bilang tenggorokannya rasanya nggak enak gitu. Pas siangnya aku mau setrika, eh kok mati listriknya?! Mati lampu (istilah yang sebenernya salah kaprah)!!! Ya udah ga jadi setrika. Trus papa mulai bersin-bersin… sampai malam harinya tetep mati lampu! So, gelap gulita yang namanya di kampung tak terhindarkan lagi. Gile nih mati lampu lama amat sampai semalaman pun belum nyala nyala juga sampai kami mesti pake lilin dan lampu darurat. Untuk ganti popoknya Kalki pun pake cahaya senter dan lampu yang gak seberapa, jadi ga begitu keliatan kalo pupnya udah tersapu bersih dilapin atau belom hehehe. Untung Kalki nggak rewel malem-malem dengan kondisi gelap gulita. Aku buka satu jendela kamar supaya terang sedikit. Dan saat malem itu papa udah bilang nggak bisa nggantiin popok Kalki karena nggak enak badan, firasat nggak enak nih.

Besoknya Jumat, tanggal 4 masih mati lampu! Nggak bisa masak nasi pakai rice cooker, jadi pake kompor, back to basic. Papa udah terserang flu jadi udah nggak enak buat ngapa-ngapain deh, otomatis mama yang harus nyuci clodinya Kalki. Weleh-weleh, capek juga nyuci clodi yang udah menumpuk 2 hari nggak dicuci! Dari pagi setelah mandiin dan nyusui Kalki, mama langsung start nyuci sebelum sarapan. Pas ngerendem baru ditinggal sarapan dan sempat nganterin papa ke poskesdes untuk periksa. Ternyata papa tensinya 100 dan suhu badanya 37,2 derajat celcius. Setelah pulang, baru mama lanjut ngebilas cuciannya Kalki, trus jemur selesainya jam 13.30 WITA. Baru makan siang. Duh, selama nyuci, Kalki juga rewel minta bolak-balik disusui. Ternyata listrik baru nyala kembali saat pukul 11.00, lama bener ya?!!!

Hari-hari selanjutnya berjalan dengan kerepotan karena mama harus mengurus papa yang sakit dan ngurus juniornya papa… Memang sangat melelahkan sekali tanpa bantuan papa yang siaga 😦 Biasanya papa yang nyuci baju dan clodinya Kalki, mama yang setrika. Kalo mama capek, biasanya papa yang nggantiin popoknya Kalki, terutama kalo malem karena mama pasti udah ngantuk n tidur duluan zzz…zz…z…… Biasanya juga papa yang nyapu, ngepel dan pagi-pagi udah cuci piring (hehehehehehehehehehehehehe). Nah, saat papa sakit piring kotor menumpuk, lantai pun berdebuuuu…

Tapi tanggal 6 papa udah enakan meski masih bersin-bersin ditambah muncul batuk, dia maksain buat nyuci clodinya Kalki serta cuci piring sementara mama pergi ke rapat PKK di balai banjar cuman bentar doang. Trus tanggal 7 juga, papa udah nyapu, nyuci piring dan nyuci clodinya Kalki, Lah, mamanya ngapain ya?

Bahaya juga kalo papa sakit, takutnya Kalki jadi ketularan. Tapi papa selalu pakai masker, tidur pun udah di kamar sebelah, kalo mau pegang Kalki pakai hand sanitizer dulu dan sebisa mungkin ga berdekatan atau nggendong-nggendong Kalki. Mudah-mudahan aman, ya… Sempat khawatir juga karena hari ini Kalki bersin-bersin dan batuk-batuk tapi jarang sih. Hari ini Kalki vaksin, mudah-mudahan dia kuat dan sehat.

Trus besok odalan sanggah gede, besoknya lagi odalan di pure puseh. Kasian papa dari kemarin sempat klacak-klicik ke kebon, ke rumah tetangga, ke toko, nganterin babeh ke ampadan lah untuk memenuhi keperluan odalan. Padahal kan papa perlu banyak istirahat supaya cepet sembuh. Trus kudu nganterin Kalki ke poskesdes untuk vaksin. Yang kuat ya papa!

Ini aktivitas mamanya Kalki…

Washin my hair on Thursday 3rd

Washin my hair on Thursday 3rd

on Sunday 6th after attending PKK meeting

on Sunday 6th after attending PKK meeting

let Kalki sunbathe in the morning of Monday 8thlet Kalki sunbathe in the morning of Monday 8th
brunch time on Monday 8th

brunch time on Monday 8th

kurus ya aku? Pas ke poskesdes, Bu Kadek sempat bilang kalo aku tambah kurus. Ya iya gimana gak kurus wong aku nimbang berat udah 53kg! Trus Bu Kadek tanya bobot awalku dulu berapa, aku bilang 56kg. Wiiiih lari kemana ya 3kg ya? *lirik Kalki si tersangka utama*

Ini aktivitas si baby guscil..

morning bath on Wednesday 2nd

morning bath on Wednesday 2nd

playing with Mickey on Wednesday 2nd

playing with Mickey on Wednesday 2nd

takin a nap on Thursday 3rd

takin a nap on Thursday 3rd

after changin' nappy on Saturday 5th

after changin’ nappy on Saturday 5th

Mickey is whisperin sumthin on Sunday 6th

Mickey is whisperin sumthin on Sunday 6th

Disini juga sedang susah air bersih, Sumber air untuk rumah kami ada dua yaitu air payan atau dari semacam PDAM dan yang dari mata air Pangkung Sakti. Yang air PDAM ini kualitasnya lebih kotor dari air Pangkung Sakti. Bahkan kata papa kita bisa minum langsung air Pangkung Sakti tanpa dimasak dulu (kalo mau), yah seperti orang Amerrika minum tap water ya.. tapi air dari Pangkung Sakti lagi minim banget jadi kami prioritaskan buat air minum dan masak. Biasanya kalo lagi nyumber, air pangkung sakti bisa dipake buat ngisi bak mandi, bak penampungan air untuk cuci piring bahkan bisa lebih dari cukup. Mungkin karena cuaca lagi panas, makanya mata airnya sad kali ya… anehnya bulan Oktober kan harusnya musim hujan?!

Kami mandiin Kalki pakai air pangkung sakti, dan aku udah jadi was was aja karena persediaan airnya udah mulai berkurang. Agak takut kalo harus mandiin Kalki pakai air PDAM karena butek dan banyak pasir-pasirnya itu lho! Kotor! Uniknya warga di desa ini banyak yang ga masalah tuh sama air PDAM yang kualitasnya seperti itu, karena nggak banyak yang melakukan instalasi penyaluran air dari Pangkung Sakti ke rumah mereka. Jadi mereka sumber air utamanya ya air payan itu. Ya bagaimanapun, mudah-mudahan cepet nyumber lagi mata airnya. Soalnya, entah kebetulan bertepatan dengan mandi pakai air payan ini atau bukan, di tanganku udah muncul brintil gatel-gatel 😦 dan aku ga mau Kalki bakalan ngalamin gatel-gatel juga.

Advertisements

6 thoughts on “welcoming october in struggle

Thank you for reading my post, hope you enjoy it. Please... don't type an active link in the comment, because it will be marked as a spam automatically. I'd love to visit your blog if you fill the "website" form :)

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s