Proses Persalinan Kalki (prapersalinan)

Jadi cerita persalinanku.. Siang-siang hari rabu, 29 Mei 2013 pas mau masak nasi goreng, aku pipis lalu perut terasa mules. Aku pikir sakit perut biasa… Pas duduk-duduk di kasur kok terasa ada yg ngalir dari vagina dan cukup konstan alirannya. Aku lihat celana dalamku ternyata ada noda pink dan lendir. Aku pikir ketubanku pecah bersama adanya show.

Itu pas sedang duduk-duduk ngobrol sama suami di kamar, karena mules aku bilang ke dia kasi liat cdku. Setelah liat ada cairan bening lendir dan pink, jadinya dia yang langsug masak nasi goreng supaya kami isi perut dulu sebelum berangkat ke klinik. Sementara aku rebahan di kasur dengan alas perlak, berusaha memberitau bu bidan tentang yg terjadi lewat sms. Kata bubid disuruh ke klinik. Tas-tas udh aku pack buat si kecil, ibu dan bapak yang tinggal dicangking aja. Nah setelah makan, suami cari mobil buat nganter kami.

Lalu setelah dapat transportasi, kami pergi ke klinik bidan yg biasa ANC aku di poskesdes. Klinik praktek swastanya adalah tempat tujuan bersalinku, ada di desa Bantas, Tabanan. Kira-kira ada 20km dari rumah dan saat itu sedang gerimis, untungnya tidak macet. Jam 3 sore WITA sampai di klinik, aku dicek ternyata udh bukaan 4 dan mulesnya udah ilang. Ternyata air ketubanku masih utuh. Karena ga terasa sakit banget, aku jalan-jalan kaki di klinik supaya cepet progress pembukaan selanjutnya.

Lama-lama terasa sakit di punggung bawah dan paha bagian dalam, tapi rasa sakitnya masih bearable rasanya. Aku jd ngantuk, maka aku tiduran. Sampai malem sih masih fine fine aja. Tambah pagi, lewat dari jam 12 dini hari aku jadi makin kesakitan di bagian punggung. Dan setiap kontraksi datang refleksku adalah mengejan seperti mendorong feses saat BAB, padahal belum boleh, karena bukaannya belum mencapai 10.

Antara jam 3-4 pagi (wita) rasanya aku ingin BAB, selain itu memang setiap hari aku teratur BAB pagi-pagi, sih! Jadi saat kontraksi datang aku bangun dari ranjang bersalin menuju ke kamar mandi, dan jongkok di atas WC. Jongkok layaknya akan BAB sedikit membantu meredakan nyeri hebat di punggung bawah saat kontraksi datang, tapi aku tidak bisa jongkok terus begitu karena cukup melelahkan posisinya. Dan ternyata aku tidak bisa BAB juga setelah beberapa lama jongkok dan juga mengejan. Akhirnya aku kembali ke ruang bersalin, duduk di atas ranjang, berusaha mengatur napas untuk rileks meski cukup sulit juga, fiiuh…!

Karena rasa sakitnya kontraksi semakin hebat, aku tidak tahan lagi! Sudah minta digosok oleh suami bagian punggung bawah, mencoba rebahan miring ke kanan (kalau dilihat asisten bidan/bidannya pasti disuruh ganti miring ke kiri) dan juga ke kiri, berbaring terlentang, mengganjal punggung dengan bantal, duduk di ranjang, nungging, merangkak, duduk di kursi, berdiri dan juga mencoba berjalan di dalam ruangan. Tetap saja rasa sakitnya luar biasa. Aku jadi nelpon mama dan minta ampun. Hehehe abis rasa sakitnya emang bikin bingung dan frustasiiii!

Suamiku bolak-balik memanggilkan asisten bidan supaya mengecek keadaanku. Cek detak jantung bayi, cek bukaan, mengingatkan untuk menarik napas dan dikeluarkan lewat mulut, membantu mengusap perut, juga seperti biasa, memberitahu untuk rebahan miring ke kiri. Pagi kira-kira pukul 5 WITA, Bu Kadek datang dan memeriksa bukaanku. Ternyata sudah hampir bukaan 10. Aku diberitahu untuk mengatur napas dan teknik mengejan yg efektif.

Suamiku suportif selama masa kontraksi dan tahap persalinan. Ia terus menemaniku di ruang bersalin sampai tiba saatnya anak kami lahir. Dari awal kami tiba di klinik ia menemaniku jalan-jalan kaki sampai ke jalan raya, membeli makanan untuk kami konsumsi selama di klinik, juga menggosok punggung saat terasa serangan kontraksi. Dia jadi doula yang hebat!

One thought on “Proses Persalinan Kalki (prapersalinan)

  1. Pingback: Barang Wajib Bawa Saat Bersalin | Intan Rastini

Thank you for reading my post, hope you enjoy it. Please... don't type an active link in the comment, because it will be marked as a spam automatically. I'd love to visit your blog if you fill the "website" form :)

