perubahan yang terjadi saat hamil

Hari ini usia guscil dalam kandungan sudah 38 minggu. Papa seperti biasa menggambarkan analogi guscil yang berdasarkan babycentre.co.uk. Beberapa temanku pernah menanyakan apa aja yang aku rasakan saat hamil… Nah karena udah mengandung selama 9 bulan kurang seminggu, aku akan menceritakan apa saja yang dialami dan rasakan saat hamil (:

Yang pertama, nggak enak badan waktu awal-awal, ini pas aku belum tau kalo hamil. Kepala rasanya berat, buat bergerak maupun tidur nggak nyaman banget. Tapi rasa pusingnya mendingan kalo tiduran dengan kepala dalam posisi lebih tinggi dari badan. Ini terjadi kira-kira dalam seminggu, setelah itu hilang sendiri.

Kedua, mual-mual dan muntah. Aku ga tahan sama bau nasi yang baru mateng, bau masakan baru mateng, dan bau bumbu mie instant. Kadang-kadang muntah setelah habis sarapan jadi harus makan lagi deh. Karena ga bisa nyium bau nasi yang mengepul, papa terus yang ngambilin nasi setiap aku mau makan, lalu dibiarin nasinya agak dingin baru dikasi lauk dan dimakan. Nafsu makan terhadap makanan tertentu menurun… Nah selanjutnya tentang ngidam, ini malah membuat nafsu makan terhadap makanan yang diinginkan.

Ketiga, ngidam. Jadi punya hasrat untuk makan ini dan itu. Banyak juga sih yang aku idamkan, yaitu: kroket, risoles, lumpia, sate kerang, sate udang, pempek, kerupuk upil, semangka… Ini ngidam atau rakus, ya? Untung dibantu oleh mamaku dalam mendatangkan panganan yang aku idamkan dari surabaya. Makasih mama.

Keempat, nyeri di bagian punggung. Waktu belum tau kalau hamil, aku sempat berkendara sepeda motor sendirian dari Tabanan ke Dalung pulang-pergi. Eh, setelah pulang, punggung kok rasanya letih banget, pegel gitu. Setelah itu nggak kerasa lagi. Nah menginjak ke trimester ketiga nyeri punggung datang lagi dan lebih hebat lagi rasanya, udah pergi berenang tetep aja nyeri. Mungkin berenangnya kurang rutin ya? Maklum berenang cuma baru sekali aja pas hamil hehehe. Papa sering bantu nggosokin punggung buat meredakan nyerinya. Nyeri terasa hebat terutama setelah banyak beraktivitas. Contohnya, kemarin pas abis nesting kamar sama papa, punggung berasa banget pegel sampe sekarang karena nesting itu capek!

Kelima, Nyeri di bagian paha dalam dan selangkangan. Ini karena guscil udah besar, berbobot dan udah mau cari jalan lahir, makanya selangkangan rasanya letih banget. Jadi setiap dari berbaring nggak bisa langsung bangun, melangkah nggak bisa leluasa, nggak bisa angkat 1 kaki dengan nyaman, pokoknya nggak bisa ongkang-ongkang kaki, maksudnya nggerakin kaki dengan bebas, ya karena pasti nyerinya jadi makin terasa apalagi kalo nggak perlahan-lahan bergeraknya.

Keenam, rambutku jadi tambah banyak yang tumbuh dan berkurang yang rontok. Yeaay! Kalo yang ini oke banget, kelihatan dari anak rambut yang ada di kening bertambah banyak aja.

Ketujuh, nggak banyak jerawatan. Ini juga enak. Mungkin perubahan hormon pada ibu hamil membuat jerawat kabur. Mama, bunik dan budhe bilang saat hamil aku jadi bersih dan tambah cantik. Yah semoga bisa dipertahankan sampai pascamelahirkan.

Kedelapan, payudara jadi tambah besar. Yang utama ya perut yang tambah besar, disusul pinggang dan pinggul lalu kata ratih dan juga papa, pantatku juga tambah besar. Berat badan pun otomatis naik ya. Sampai saat ini udah naik 10kg, nih. Padahal menurut BMI-ku kudu naik kurleb 11,5-16kg.

Kesembilan, pas trimester pertama dan kedua aku jarang mandi, karena jadi males. Tapi mama akhirnya marah kalo aku males, jarang mandi dan penampilan ga rapi, makanya trimester ketiga ini aku udah berupaya supaya tidak males dan rajin mandi.

Kesepuluh, muncul keputihan sejak trimester pertama. Awalnya keputihannya bening dan tidak muncul setiap saat. Menginjak akhir trimester ketiga keputihannya mulai sering muncul, kental dan berwarna kuning ke hijau muda. Kata bu bidan, itu keputihan masih normal, umumnya untuk melicinkan jalan lahir karena terjadi di penghujung trimester ketiga.

Kesebelas, jadi laper terus nih terutama akhir-akhir ini. Nafsu makan semakin meningkat, pengennya jajan terus selain makan makanan berat :p

Kedua belas, di paha muncul bercak-bercak hitam dan stretch mark. Lalu di perut, muncul garis kehamilan, strecth mark dan guratan-guratan halus. Stretch mark muncul karena kulit perutku sudah meregang secara maksimal kata dokter kandungan, dan hampir 80% ibu hamil mendapati muncul stretch mark di perutnya.

Ketiga belas, udelku jadi bodong, jadi muncul dan timbul. Kulit bagian dalamnya jadi keluar semua tersembul 😀 karena didorong guscil yang ada di dalam sih. Selain itu, area pusar jadi lebih sensitif. Jika tersentuh rasanya tidak nyaman sekali.

Keempat belas, kuku-kuku jari jadi cepat sekali panjangnya. Karena bagiku kuku panjang tidak higienis, jadi harus sering potong kuku. Sekalian membiasakan nanti kalau guscil udah lahir, supaya mamanya tidak memiliki kuku yang panjang sehingga lebih bersih saat merawat guscil.

Kelima belas, perut jadi gatel-gatel! Trimester ketiga mulai berasa gatelnya, ya karena kulit perut sedang meregang itu juga bikin gatel.

Keenam belas, keseimbangan berkurang. Ini udah pasti karena ada tambahan bobot di bagian depan. Aku pernah jatuh terpeleset, terantuk, dan juga yang cuma nyaris tergelincir.

Ketujuh belas, tentang bladder: makin besar usia kandungan tambah makin susah buat buang air besar alias sembelit. Begitu juga dengan daya tampung kandung kemih yang semakin menipis. Otomatis jadi makin sering pipis. Saran babycentre untuk condong ke depan saat pipis sangat membantu ya, untuk mengosongkan kandung kemih, jadi biar benar-benar ga ada air kencing yang tersisa.

Kedelapan belas, perut jadi cepat penuh sampai ke dada setelah diisi makan. Jadi sangat tidak nyaman kalo abis makan posisi badan rebahan. Ini yang dimaksud “heart burn” mungkin, karena dadaku juga terasa panas setelah diisi penuh. Apalagi aku ada riwayat maag, kan asam lambung gampang berlebih saat hamil.

Kesembilan belas, ada yang selalu menemani kemanapun aku pergi dan dia bergerak-gerak (: it’s very amazing. Papa aja sampai wondering gimana ya rasanya ada yang bergerak-gerak di perut karena ada kehidupan? Karena laki-laki kan nggak bakalan ngerasain itu. Bagiku, sangat menakjubkan, pa :-*

Trus apalagi ya…?

Oh ya, yang kedua puluh, jadi semangat buat bersih-bersih dan rapi-rapi sejak usia kandungan 36 minggu. Inilah yang dikatakan sebagai “nesting” untuk menciptakan rumah yang bersih dan rapi bagi bayi yang akan lahir.

Kedua puluh satu, sulit tidur! Posisi badan nggak banyak yang nyaman buat tidur. Ditambah nyeri dan rasa pegel-pegel di badan. Selain itu, sering kebelet pipis jadi membuat sering bangun untuk ke toilet.

Beruntungnya aku nggak ngalamin yang namanya bengkak-bengkak sehingga harus ganti ukuran sendal atau sepatu.

Ada lagi yang katanya bisa saja dialami ibu hamil seperti jadi lebih pintar, jadi lebih sensitif perasaannya atau bahkan melodramatis, jadi pelupa dan lainnya. Kalo untuk itu semua aku kurang pasti sih, ngalamin atau enggak.

Jadi lebih sensitif mungkin iya, jadi ini masuk ke poin nomor dua puluh dua, karena sempat beberapa kali ngerasain perasaan yang melow tanpa sebab. Trus ditambah jadi lebih cepat ngambek sama suami juga. Untuk sisanya, jadi lebih pintar, kata suami sih iya.. Karena aku bisa jawab pertanyaan acak kata yang dia ga bisa jawab :p. Kalo pelupa, enggak terlalu, karena nggak ada komplain tuh dari papa hihihi…

Itu semua pengalaman saat hamil pada diriku. Perlu diketahui bahwa pengalaman masa-masa kehamilan setiap ibu berbeda-beda, ya.

Advertisements

One thought on “perubahan yang terjadi saat hamil

Thank you for reading my post, hope you enjoy it. Please... don't type an active link in the comment, because it will be marked as a spam automatically. I'd love to visit your blog if you fill the "website" form :)

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s