Prewashing Cloth Diaper

Ini rangkuman yang penting by me:

Berikut ini cara prewashing popok kain dengan tangan (handwashing), khususnya untuk pocket system:

Larutkan air secukupnya dengan deterjen dalam ember. Untuk satu set popok pocket (1 insert & 1 outer) biasanya digunakan ¼ sendok teh deterjen. Rendam outer dan insert selama kurang lebih satu jam.
Kucek ringan outer, khususnya di bagian inner. Kucek ringan insert. Bilas hingga tidak ada busa pada air bilasan. Bisa juga dibilas menggunakan mesin cuci namun sebaiknya gunakan laundry bag untuk outer agar karet elastic di bagian paha & punggung lebih awet.
Peras ringan semua outer dan insert (tanpa dipelintir). Anda bisa menggunakan tabung pengering (pada mesin cuci dua tabung/ top loading) untuk memeras insert dan outer yang masih berada dalam laundry bag.
Jemur sampai kering
Untuk prewash yang kedua dan ketiga kalinya, sebaiknya tidak menggunakan deterjen.

Untuk popok kain modern dengan sistem all in two (diaper cover):

-> Outer pada popok all in two biasa disebut cover. Pada cover tidak terdapat lapisan inner. Bahan penyerap ompol yang disebut insert pada pocket system disebut soaker pad. Pada dasarnya, cara prewash untuk popok all in two adalah sama seperti prewash pada pocket system, yang membedakan hanya pada cover. Cover boleh langsung dicuci dan dibilas dan diperas ringan. Bila menggunakan mesin cuci, sebaiknya masukkan cover dalam laundry bag.

Catatan:

Outer biasanya hanya memerlukan satu kali prewash, sedangkan insert umumnya memerlukan 2-3x prewash.
Prewash bahan organik memerlukan sekitar 5x prewash, bahkan bisa sampai 8-10x karena kandungan minyak alami-nya. Semakin banyak prewashing, semakin maksimal daya serapnya.
Prinsip utama penjemuran popok kain modern: Insert dan outer di bawah sinar matahari langsung. Inner pada outer harus menghadap ke atas. Jemur hingga kering dengan sempurna.

Milis Popok Kain

Seperti halnya pakaian baru, popok kain atau cloth diaper (clodi) perlu dicuci dulu sebelum digunakan. Apalagi pengguna popok kain adalah bayi yang masih sensitif kulitnya. Pencucian awal ini yang dikenal dengan istilah prewashing.

Bila kita melihat lagi pada blogpost Kamus Popok Kain: Perawatan, prewashing popok kain memiliki tujuan-tujuan yang secara umum adalah membersihkan lapisan yang ada pada bahan serta menambah daya serap popok itu sendiri.

Panduan utama kita untuk prewashing adalah: 1. Informasi dari produsen dan/atau seller; 2. Jenis bahan popok kain. Namun secara umum, prewashing dilakukan sebanyak 3 kali (cuci-kering) dengan sedikit deterjen. Deterjen yang digunakan sebaiknya yang sesuai untuk pencucian popok kain.

Bagaimana cara prewashing?

Persiapan:

  • Untuk popok kain modern, pastikan semua snap dan/atau hook & loop (velcro) dalam keadaan terbuka. Untuk hook & loop, rekatkan pada laundry tab masing-masing. Pastikan outer dalam keadaan kosong, tidak ada insert di dalamnya (kecuali yang memang sudah…

View original post 733 more words

Advertisements

Thank you for reading my post, hope you enjoy it. Please... don't type an active link in the comment, because it will be marked as a spam automatically. I'd love to visit your blog if you fill the "website" form :)

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s